Cegah Munculnya Rayap Dengan Pembasmi Yang Ramah Lingkungan

0
1231
Cegah Munculnya Rayap Dengan Pembasmi Yang Ramah Lingkungan

Ruangan yang lembab menjadi pemicu hadirnya rayap di sekitar rumah Anda, terutama ketika musim hujan yang mana mereka akan bermunculan di beberapa sudut. Mungkin ini menarik bagi anak-anak karena bisa bermain di sekitar sarang rayap dan laron (rayap terbang). Namun cukup membahayakan bagi hunian rumah karena bisa menyerang berbagai material disekitarnya. Bahkan rayap tanah menjadi salah satu momok rayap yang cukup mengerikan karena bisa menjangkau objek makanan hingga 200 meter.

Cegah Munculnya Rayap Dengan Pembasmi Yang Ramah Lingkungan

Untuk mengatasi rayap tidak lah mudah sehingga Anda perlu bersabar. Cara yang cukup efektif untuk mengatasi rayap adalah dengan menghancurkan sarangnya. Namun, diantara kita cukup kesulitan untuk menemukan sarang rayap karena ada kalanya jaraknya yang jauh. Anda bisa mengatasi rayap dengan memutuskan jalur namun ini cukup untuk mengurangi rayap setelah jalur itu terputus saja sedangkan untuk jalur sebelumnya, kemungkinan rayap bisa menciptakan jalur baru. Nah, daripada bingung mengatasi caranya alangkah baiknya untuk menyemprotkan pembasmi laron dan serangga pada bagian-bagian yang terserang rayap.

Cara Mencegah Munculnya Rayap Pada Hunian

Hunian rumah yang tidak terawat sangat rawan terserang rayap karena keadaan ruang yang lembab. Maka dari itu, untuk mencegah munculnya rayap pada suatu hunian maka harus memiliki sirkulasi udara serta pencahayaan yang cukup. Kedua faktor ini menjadi cara yang cukup efektif untuk mengurangi udara lembab dalam ruangan.

Keadaan ruang yang lembab memang memicu berbagai dampak seperti munculnya jamur dan serangga. Dan serangga yang sering muncul di tempat yang lembab adala rayap bahkan tidak hanya menyerang kayu saja melainkan benda-benda yang terbuat dari serat alam seperti buku, perabotan dan masih banyak lagi. Keberadaan rayap ini awalnya tidak diketahui keberadaannya, namun akan mudah diketahui ketika mendengar suara berisik dalam benda tersebut. Atau, Anda akan menemukan jejak atau jalur rayap pada permukaan kayu atau dinding. Pada umumnya, jenis rayap ini adalah rayap tanah yang bisa muncul dari balik lantai atau tembok.

Rayap tanah merupakan jenis rayap yang paling ganas diantara jenis rayap lainnya karena menggerogoti semua benda yang dilaluinya. Bahkan rayap ini bisa menjangkau objek makanan dengan jarak hingga 200 meter, sehingga kita akan cukup kesulitan untuk mendapatkan sarang dari rayap tersebut. Padahal, cara yang peling efektif untuk membasmi rayap adalah dengan memusnahkan sarangnya tersebut.

Cegah Munculnya Rayap Dengan Pembasmi Yang Ramah Lingkungan

Rayap sangat menyukai tempat yang lembab karena pada umumnya rayap menyukai tempat yang lembab dan gelap. Selain itu, rayap juga sangat menyukai kayu atau serat alam karena kandungan selulosa yang ada dalam serat alam tersebut terutama kayu yang notabene memiliki selulosa yang tinggi. Selulosa ini merupakan kandungan dalam kayu yang berutujuan sebagai penopang agar bisa berdiri tegak dan yang bisa mencerna kandungan selulosa dengan baik hanyalah rayap maka dari itu rayap sangat menyukai selulosa dalam kayu.

Keberadaan rayap memang sangat mengganggu, wajar saja banyak orang ingin segera memusnahkannya. Namun, tidak sedikit orang yang berhasil mengatasi munculnya rayap tersebut dan membuat benda atau barang sekitar rusak dengan mudahnya. Orang terdahulu, memanfaatkan minyak tanah untuk mencegah munculnya rayap. Namun, hal ini hanya bertahan untuk beberapa waktu saja dan seiring waktu akan mudah terserang rayap apabila tidak diaplikasikan kembali minyak tanah.

Sedangkan saat ini untuk mencegah munculnya rayap cukuplah mudah, Anda cukup mengaplikasikan obat pembasmi serangga. Untuk pencegahan, obat tersebut sangat efektif untuk mencegah munculnya rayap ataupun serangga perusak lainnya. Namun, obat untuk membasmi rayap tersebut juga bisa digunakan ketika benda di sekitar Anda sudah terserang rayap.

Obat Pembasmi Serangga Yang Efektif Mencegah Munculnya Rayap

Sejak dahulu hingga sekarang, masalah yang sama dan sulit untuk diatasi dalam masalah furniture yang terbuat dari serat alam dan kayu adalah rayap. Masalah ini memang masalah klasik namun sangat pentng untuk diperhatikan. Tidak semua jenis obat anti rayap mampu membasmi rayap dengan mudah terlebih jenis rayap tanah yang notabene jenis rayap yang sulit diketahui keberadaannya.

Orang pada umumnya akan menghilangkan rayap hanya dengan membakar bagian yang terserang rayap atau memutus jalur rayap tersebut. Ternyata cara ini justru tidak efektif karena tidak memutus jalur sebelumnya, alhasil rayap masih bisa menyerang dengan membuat jalur baru yang tidak kita ketahui. Apabila rayap sudah menjalar kemana-mana, kemungkinan untuk membasmi jenis rayap ini sangat kecil. Kecuali jika Anda mengetahui sarang dari rayap tersebut karena dengan memusnahkan sarang maka Anda akan memusnahkan semua rantai jalur rayap tersebut.

Nah, tidak semua jenis obat pembasmi serangga baik digunakan bahkan diantaranya mengandung bahan kimia berbahaya sehingga bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan kerusakan lingkungan. Gejala ringan apabila terkontaminasi obat anti rayap adalah iritasi kulit seperti gatal atau melepuh. Dampak ini tentu cukup mengganggu terlebih jika bisa menyebabkan gangguan pernafasan karena bau yang menyengat pada obat tersebut. Maka dari itu, sangat penting untuk memilah dan memilih jenis obat anti rayap yang aman dan ramah lingkungan. Sebab, tidak semua jenis obat mengandung bahan yang sesuai dengan standar keamanan.

Untuk jenis obat anti rayap yang aman dan ramah lingkungan, maka Anda bisa mengaplikasikan BioCide Insecticide. Jenis obat ini adalah obat anti rayap yang terbuat dari cypermethrine 100Ep yang sangat efektif membasmi serangga yang sering menyerang kayu maupun serat alam lainnya. Bahkan tidak hanya digunakan untuk membasmi serangga perusak kayu melainkan juga serangga yang sering muncul di sekitar rumah seperti kecoak, nyamuk, lalat dan lain sebagainya. Obat anti rayap ini tergolong ramah lingkungan karena Anda bisa mencampurnya dengan air namun juga tidak menutup kemungkinan dengan pencampur solvent. Namun,akan lebih baik jika dicampurkan dengan air karena pH-nya yang stabil dan  tidak menyebabkan kerusakan lingkungan.

Meskipun obat anti rayap ini termasuk obat yang ramah lingkungan, sebaiknya untuk membuang sisa obat di tempat bebas seperti sungai atau tempat perairan lain. Sebab, obat ini tetap beracun bagi racun maupun ikan sehingga apabila dibuang diperairan bebas akan menyebabkan ikan di sekitar air tersebut mati. Karena obat ini mengandung bahan kimia maka tetap saja Anda memperhatikan dari segi keamanan. Alangkah baiknya untuk tetap memakai perlengkapan keamanan seperti masker, sarung tangan, kacamata, pakaian dan celana panjang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit yang sensitif.

BioCide Insecticide ini bisa diaplikasikan dengan beragam cara seperti dioles, injeksi, semprot, vakum tekan maupun rendam. Cara rendam maupun vakum tekan pada umumnya banyak digunakan oleh industri kayu sebagai langkah pencegahan munculnya serangga. Anda bisa mencampurkan air dengan konsentrasi 0,1% hingga 0,2% kemudian rendam kayu tersebut. Cara ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama namun hasilnya bisa lebih maksimal. Sedangkan cara vakum tekan, hasil lebih cepat namun Anda harus lebih teliti selama pengaplikasian obat anti rayap tersebut.

SHARE

Leave a Reply