Hal yang Harus Anda Tahu Bila Ingin Memasang Lantai Kayu

Ada satu hal yang harus Anda tahu sebelum memasang lantai kayu. “Hal” ini akan berpengaruh pada ketahanan lantai dan keindahannya untuk jangka waktu panjang. Apakah “hal” tersebut?

lantai-kayu-bagusTak bisa dipungkiri, pesona lantai kayu memang sungguh menawan hati. Kealamiannya terpancar dari ruangan yang menggunakan lantai ini. Bahkan beberapa penelitian menemukan penggunaan komponen kayu dalam rumah bisa meningkatkan kesan reflektif yang baik untuk kesehatan.

Namun demikian, ada satu kekurangan lantai kayu yang tidak akan Anda alami bila menggunakan lantai lainnya. Kekurangan tersebut terletak pada sifat bahan lantai yang merupakan material organik. Sifat material ini membuat lantai kayu sangat rentan diserang hama. Sebut saja rayap, kumbang atau kutu teter, pinhole, jamur, hingga bakteri pembusuk.

Pada material lantai lainnya, problem tersebut bisa saja kita temukan. Tapi intensitasnya tidak akan setinggi pada lantai kayu. Sebuah upaya tentu harus dilakukan. Sebab bagaimanapun juga penggunaan lantai kayu menawarkan kualitas yang menarik dibanding jenis lantai lainnya.

Sebelum Memasang Lantai Kayu, Awetkan Dulu dengan BioCide!
Salah satu contoh solusi yang bisa kita terapkan adalah mengawetkan material lantai kayu. Caranya tidak sulit, karena bisa dilakukan dengan mudah. Yang kita perlukan hanya air atau solvent dan obat pengawet kayu BioCide.

Apa itu BioCide?

BioCide adalah obat pengawet kayu yang terdiri dari BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide. BioCide Insecticide akan melindungi kayu dari serangga, sedang BioCide Wood Fungicide akan melindungi kayu dari jamur stain dan bakteri pembusuk.

Treatment pengawetan dengan BioCide sangat mudah dilakukan. Caranya, larutkan BioCide ke dalam air atau solvent dan gunakan larutan itu untuk merendam kayu, mengkuaskannya, atau menyemprotkannya. Silahkan pilih salah satu metode tersebut, dan ketahanan lantai kayu Anda akan lebih meningkat.

biocide
Obat pengawet kayu BioCide

Bagi pembaca yang masih awam, hal-hal seperti ini harus selalu Anda tanyakan pada penjual atau jasa pemasangan (instalasi) lantai kayu. Sebab, kayu yang tidak diawetkan memang akan sangat mudah terserang hama dan pada akhirnya akan merugikan Anda sendiri.

Berapa Biayanya?

Biaya persiapan sebelum memasang lantai kayu ini sama sekali tidak mahal. Harga BioCide pengawetan lantai pun hanya Rp. 80.000,- (untuk BioCide Wood Fungicide) dan Rp. 100.000,- (untuk BioCide Insecticide). Jadi budget pemasangan lantai kayu Anda tak akan membengkak.

Sangat menarik bukan? Dengan treatment yang sering disepelekan ini, nyatanya usia kayu memang bisa bertahan lama. FAO pernah melakukan penelitian bahwa kayu yang diawetkan bisa bertahan kurang lebih 8 kali lebih lama dari usia pakai normalnya. Tetapi tentu saja proses pengawetan tersebut harus dilakukan menggunakan obat-obat pengawet kayu yang berkualitas.

Leave a Comment