Lantai Kayu Mengeluarkan Bubuk (Bubukan), Bagaimana Mengatasinya?

Panik dan stress bukan hal yang aneh saat Anda mendapati lantai kayu mengeluarkan bubuk (bubukan). Perasaan itu wajar dan justru lebih baik daripada sikap menyepelekan. Sebab meski awalnya terkesan hanya masalah ringan, nyatanya kerusakan ini bukan persoalan sepele.

lantai-kayu-mengeluarkan-bubukBubuk yang kita lihat hanyalah indikasi kecil dari apa yang sebenarnya terjadi di dalam substrat kayu. Seringkali yang terjadi jauh lebih “mengerikan” dan mengkhawatirkan. Bila dibedah, jangan kaget melihat ada banyak sekali serangga pada bahan bangunan tersebut. Jangan juga kaget melihat adanya terowongan-terowongan kecil yang jumlahnya amat banyak.

Serangga yang bisa menyebabkan masalah ini beragam. Dugaan bisa kita tujuan pada rayap hingga kutu bubuk atau powderpost beetle (pinhole). Namun yang jelas, serangga tersebut sedang menggerogoti bagian dalam lantai kayu kita sehingga menyebabkannya keropos.

Bagaimana Mengatasi Lantai Kayu yang Mengeluarkan Bubuk (Bubukan)?

Cara untuk mengatasi masalah ini dilakukan dengan pembasmian pada serangga yang menyerang. Gunakanlah obat antiserangga kayu atau insektisida seperti BioCide Insecticide. Ingat! Jangan sembarangan menggunakan insektisida. Gunakan insektisida yang khusus untuk kayu saja. Sebab tidak semua insektisida bisa bekerja dengan baik untuk membasmi serangga-serangga perusak kayu.

Sebaiknya Dicegah Saja Sejak Awal

Meskipun masalah ini bisa diatasi dengan beberapa kiat di atas, namun cara-cara pencegahan tetap  memberikan alternatif yang jauh lebih baik dan kami rekomendasikan. Selain itu, aplikasi pencegahan ini pun tak sulit dilakukan.

alterntif text
    • Aplikasi obat pengawet pada kayu atau obat bubuk kayu untuk mencegah serangga. Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide. Resapkan obat itu ke dalam kayu sehingga kayu benar-benar terlindungi dari hama seperti rayap hingga kutu bubuk. Jangan segan menanyakan masalah ini pada pihak jasa pemasangan lantai kayu ya.

 

    • Aplikasi cat yang tidak mudah rusak. Sehingga serangga akan kesulitan menembus kayu.

 

    • Membersihkan dan merawat lantai kayu secara berkala.

 

  • Tidak membuang benda-benda di sekitar lantai yang memicu kedatangan rayap dan serangga lain.
  •  
biocide
Obat pengawet kayu BioCide

Hanya dengan beberapa kiat mencegah lantai kayu mengeluarkan bubuk di atas, Anda tak perlu repot dan stress melakukan penanganan yang jauh lebih memusingkan.

Lantai Kayu Mengeluarkan Bubuk (Bubukan), Bagaimana Mengatasinya?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply