Kayu Ulin Asli Kalimantan yang Punya Kualitas Unggulan

Salah satu pilihan kayu yang banyak disukai adalah jenis kayu ulin asli Kalimantan. Dikenal sebagai pohon besi karena kekuatan dan kualitasnya, tak heran jika ulin kerap menjadi andalan. Kebutuhan penggunaan kayu ini sebagai bahan baku untuk kebutuhan konstruksi masih sangat tinggi.

Mengenal Karakter Kayu Ulin yang Jadi Primadona

kayu ulin kalimantan

Ulin merupakan kayu yang sering diandalkan untuk penggunaan di area outdoor maupun kebutuhan heavy duty. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat kayu ini merupakan jenis kayu dengan kekuatan di atas rata-rata.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Secara fisik, pohon ulin sendiri dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30,35 meter dengan diameter mencapai 120 cm. Ditambah lagi dengan bentuk batangnya yang tegak lurus ke atas. Sudah bisa dibayangkan betapa besar dan kokohnya tanaman ini.

Kekuatan dari kayu ini bahkan mampu digunakan untuk menjadi penopang bangunan maupun bantalan rel kereta api. Sehingga tak salah jika julukan pohon penghasil kayu besi disematkan untuk sebutan jenis kayu dari tanaman yang satu ini.

Penggunaan kayu ini sebagai bahan baku kebutuhan konstruksi sudah tidak diragukan lagi. Ditambah lagi dengan kemampuannya untuk tetap prima meski digunakan dalam daerah dengan kondisi cuaca yang ekstrim. Tidak akan terjadi penyusutan maupun pengembangan kayu yang membuatnya mudah retak.

Kekuatan kayu ini bukan hanya dari segi kemampuannya untuk menopang beban. Namun juga kuat terhadap pengaruh organisme pengganggu yang dapat merusak kayu seperti rayap. Karena mengandung bahan alami yang dapat menjadi bahan anti rayap, kayu ulin cukup tahan terhadap serangan rayap.

promo produk biocide surface film preservative

Punya Banyak Keunggulan

lantai kayu ulin

Kayu ulin asli Kalimantan ini merupakan kayu dengan daya tahan yang kuat. Ketahanannya dapat dibuktikan dengan tidak terpengaruhnya kayu ini dari kelembaban, perubahan suhu, maupun air laut.

Kayu besi ini juga memiliki berbagai hal yang dapat menjadi keunggulannya, di antaranya:

1.     Memiliki tekstur keras dan kasar

Ulin adalah jenis kayu yang memiliki tekstur sangat kasar dan keras. Itulah yang membuat kayu ini sering menjadi andalan sebagai material untuk kebutuhan konstruksi termasuk sebagai pondasi rumah.

2.     Kayu dengan daya tahan yang bagus

Masalah yang sering menjadi penyebab kerusakan kayu biasanya tak jauh dari adanya serangan hama. Kayu menjadi mudah lapuk karena digerogoti rayap sebagai musuh utama kayu. Namun jika Anda menggunakan ulin, semua ancaman tersebut tidak akan terjadi.

Ulin memiliki senyawa alami yang mampu melindunginya dari serangan rayap. Kayu khas Kalimantan ini juga memiliki ketahanan cukup baik terhadap pengaruh perubahan suhu maupun berbagai faktor lingkungan lainnya.

Sehingga ancaman perubahan bentuk juga tidak akan terjadi saat menggunakan kayu ini meski digunakan pada berbagai kondisi.

3.     Kayu ulin asli Kalimantan punya nilai jual tinggi

Dengan kualitasnya yang unggulan, tak heran jika ulin merupakan jenis kayu dengan harga yang terbilang tinggi pula. Tapi hal ini tidak membuat permintaan pasar terhadap kayu ini menjadi menurun, karena yang terjadi justru sebaliknya.

Tetap banyak yang berminat ingin menggunakan ulin sebagai material konstruksi bangunan. Karena kualitas kayu ini terutama daya tahannya sudah tidak diragukan lagi.

4.     Tanaman dengan berbagai manfaat kesehatan

Meski dikenal karena kayunya sangat baik digunakan untuk material konstruksi, sebenarnya ulin memiliki manfaat di bidang lain. Yang tak kalah berpengaruh adalah di bidang Kesehatan. Berbagai bagian dari tanaman ini memiliki manfaatnya masing-masing.

Seperti pada bagian daunnya yang banyak memiliki kandungan zat fitokimia. Kandungan tersebut merupakan zat yang biasanya banyak ditemukan pada berbagai buah dan sayur. Sehingga jika dikonsumsi dapat memberikan nutrient yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Biji dari pohon ulin juga dapat digunakan untuk pengobatan. Jika sudah dihaluskan, biji ulin dapat digunakan untuk menjadi obat bengkak hingga dapat digunakan pula untuk menjadi penghitam rambut.

Buah dari tanaman ini juga tidak ketinggalan manfaatnya. Karena dapat diolah untuk menjadi minyak ulin yang memiliki beragam khasiat. Terutama untuk perawatan rambut sebagai bahan anti ketombe, untuk mencegah kerontokan dan dapat membantu menyuburkan rambut.

Kayu ulin juga dapat diekstrak dan dimanfaatkan untuk menjadi obat sakit gigi karena mampu menghambat pertumbuhan bakteri stafilokokus yang menyebabkan masalah gigi. Ekstrak kayu ini juga  dipercaya mengandung berbagai senyawa antibakteri, di antaranya tanin, flavonoid, alkaloid, dan saponin yang dapat melawan bakteri stafilokokus.

Kayu Ulin Asli Kalimantan Diambang Kepunahan

penebangan pohon ulin

Dibalik segala keunggulannya, Anda harus siap untuk merogoh kocek cukup dalam jika ingin membeli kayu ini. Karena semakin maraknya minat untuk penggunaan kayu ulin untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Namun akibat dari hal tersebut adalah terjadinya situasi saat ini berupa ancaman kepunahan sang kayu besi.

Pohon ulin ini sebenarnya cukup mudah ditemukan di Indonesia, terutama di wilayah Kalimantan. Namun saat ini populasinya semakin sedikit dan terbatas. Dengan ketersediaan yang semakin menipis namun permintaan di pasaran masih terus meningkat.

Hal ini tidak lain terjadi karena ketidak seimbangan antara ketersediaan kayu ulin di alam dengan permintaan di pasaran. Pertumbuhan kayu ulin di hutan terjadi dengan waktu yang cukup lama, bahkan mampu membutuhkan waktu hingga puluhan tahun.

Proses perkecambahan yang terjadi juga cukup sulit karena biji ulin memiliki cangkang yang keras. Sehingga sulit dilakukan percepatan proses tumbuhnya.

Banyaknya aktivitas penebangan secara illegal juga menyebabkan semakin terancamnya kayu ini mengalami kepunahan. Namun kenyataan itulah yang terjadi saat ini. Dibutuhkan kesadaran Bersama untuk mencegah benar-benar terjadinya kepunahan pada tanaman ini.

Karena jika mampu dibudidayakan dengan benar, kayu ini akan memberikan kualitas yang lebih baik saat digunakan. Bahkan ketahanan dari penggunaan kayu ini dapat bertahan hingga ratusan tahun.

promo produk white agent wa-250

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *