Cara Merawat Furniture Kayu Agar Tidak Mudah Keropos

Mengetahui cara merawat furniture kayu agar tidak mudah keropos adalah suatu hal yang harus dipahami. Terutama bagi Anda yang menyukai dan selalu ingin merawat mebel agar kondisinya tetap prima dan dapat lebih optimal digunakan.

Banyak faktor yang mampu menjadi penyebab keroposnya kayu, terlebih saat sudah digunakan sebagai mebel. Perhatikan dan lakukan beberapa cara perawatan yang tepat untuk menjaga kualitas furniture kesayangan Anda.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Beberapa Cara Merawat Furniture Kayu

Furniture Jati Belanda

Pengeroposan pada furniture kayu dapat dicegah jika dilakukan perawatan yang tepat. Cara perawatan yang dilakukan harus tepat agar memberikan hasil terbaik. Yaitu kondisi kayu yang tetap prima sehingga mebel tetap dapat digunakan dengan baik pada jangka waktu pemakaian lebih lama.

Tidak ada warna lapisan cat yang memudar, bagian yang retak ataupun mudah kotornya furniture. Perawatan yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut di antaranya yaitu:

1.      Usahakan Furniture Tidak Terkena Panas Secara Langsung

Mebel kayu pada dasarnya mengandung kelembaban di dalamnya, yang akan berbahaya jika terkena panas secara langsung. Karena adanya interaksi dengan panas secara langsung dapat menyebabkan mebel kayu mengalami keretakan hingga membuatnya rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Jadi, sebaiknya hindari mebel dari berbagai sumber panas yang bisa merusaknya. Termasuk dari teriknya sinar matahari secara langsung tanpa ada penghalang sama sekali. Bukan hanya keretakan pada material kayu, namun warna alami kayu juga dapat memudar dengan sendirinya secara bertahap.

promo produk biocide surface film preservative

Hal tersebut dapat terjadi jika ada sentuhan langsung antara mebel dengan sinar matahari. Begitu pula jika Anda menempatkan mebel di dekat sumber panas lainnya, seperti perapian misalnya.

2.      Jauhkan dari Air dan Sumber Kelembaban Lainnya

Seperti halnya dengan sumber panas, furniture kayu juga akan rawan mengalami kerusakan jika bersentuhan langsung dengan air. Air merupakan penyebab kelembaban yang sering menimbulkan berbagai permasalahan pada mebel.

Sebisa mungkin, jauhkan mebel dari interaksi langsung dengan air termasuk saat Anda ingin membersihkannya. Anda tetap dapat menggunakan air namun jangan menyiramkannya langsung. Gunakan bantuan kain lap, spons maupun media lainnya.

Anda juga dapat menambahkan sabun ke dalam air tersebut agar hasil pembersihan yang dilakukan lebih maksimal. Yang pasti, gunakan media lain berupa kain, spons, ataupun sikat saat ingin membersihkan mebel.

Jangan sampai kayu bersentuhan langsung dengan air tanpa ada perantara. Terlebih, jika terjadi dalam jangka waktu lebih lama.

3.      Gunakan Tatakan saat Makan ataupun Minum

tatakan kayu

Meletakkan gelas maupun piring secara langsung pada meja makan kayu seringkali meninggalkan jejak. Entah berupa noda basah ataupun hawa panas yang langsung terkena permukaan meja makan. Hal-hal seperti ini juga dapat menimbulkan masalah jika terus-terusan dilakukan.

Bukan hanya tampilan meja makan yang menjadi semakin tidak menarik karena di permukaannya ada banyak noda. Tetapi juga mengancam kualitas kayu yang digunakan pada meja tersebut. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kelembaban maupun sentuhan dengan panas secara langsung dapat menimbulkan masalah pada furniture kayu.

4.      Bersihkan Secara Rutin

Tidak sedikit pemilik furniture kayu yang hanya rajin menggunakannya tapi malas untuk membersihkannya. Padahal, dengan penggunaan yang rutin namun tidak rutin dibersihkan tentu akan menyebabkan mebel menjadi lebih mudah kotor dan berdebu.

Seperti contohnya meja makan yang setiap hari digunakan namun jarang diberishkan. Sebaiknya, bersihkan secara rutin. Anda bisa menggunakan kain lap kering dan bersih untuk membersihkannya agar tidak terjadi kerusakan terlalu dini.

Setelah selesai dibersihkan, sebaiknya lapisi pula meja dengan taplak meja agar membuat tampilannya semakin menarik. Dan tentunya kebersihannya juga dapat lebih terjaga.

5.      Cara Merawat Furniture Kayu dengan Cat Kayu

mengecat bangku taman

Yang tak kalah penting tentu saja Anda harus menggunakan cat kayu untuk melindungi furniture. Cara merawat furniture kayu yang satu ini kerap dianggap tidak dapat memberikan pengaruh nyata dan hanya untuk kepentingan estetika saja.

Padahal, dengan dilapisinya mebel menggunakan cat kayu berkualitas maka akan lebih optimal pula perawatan yang diberikan. Perlindungan pada kayu akan lebih maksimal, terlebih jika Anda benar-benar menggunakan produk dengan kualitas terbaik yang aman dan juga ramah lingkungan.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan produk-produk dari Bio Industries Omnipresen. Di antaranya cat Biovarnish Series untuk kebutuhan pengecatan kayu dengan tampilan natural. Ada pula produk Orchid Enamel Paint yang lebih fleksibel untuk digunakan pada kayu maupun besi dengan tampilan solid.

6.      Merawat Furniture Kayu dengan Pengawet Kayu

Setelah dilapisi dengan cat kayu, Anda juga tetap perlu melakukan perawatan rutin dengan menggunakan produk pengawet kayu. Penggunaannya dapat digunakan untuk menjaga kondisi kayu agar tidak mudah keropos akibat serangan hama.

Anda dapat menggunakannya dengan cara dikuas maupun disemprotkan pada permukaan mebel. Produk yang direkomendasikan adalah Biocide Insecticide. Insektisida berkualitas ini mampu diandalkan sebagai bahan anti serangga yang juga dapat membuat kondisi kayu lebih awet.

Resiko pengeroposan kayu akibat adanya serangan rayap maupun hama lainnya dapat dicegah dengan penggunaan produk ini.

7.      Simpan di Tempat yang Kering dan Bersih

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu memastikan tempat penyimpanan maupun penggunaan mebel merupakan lokasi yang bersih dan kering. Jauhkan dari kelembaban, termasuk dari lantai maupun dinding.

Anda dapat menggunakan karpet atau sejenisnya untuk menjadi penghalang sehingga mebel kayu tidak bersentuhan langsung dengan lantai. Dengan cara tersebut, kelembaban yang berpotensi menempel pada furniture kayu juga dapat diminimalisir.

Itulah beberapa cara merawat furniture kayu agar tidak mudah keropos. Anda dapat melakukan cara-cara tersebut secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan kondisi furniture kesayangan Anda di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat!

promo produk white agent wa-250

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *