mencegah rayap tanah

Ketahui Jenis Rayap yang Sebabkan Kerusakan pada Rumah Anda

Sebagian besar pemilik rumah menganggap semua rayap adalah hama yang menyebabkan kerusakan pada rumah. Semua jenis rayap dianggap sama karena mereka termasuk hama pengganggu yang suka mengunyah rumah.

Namun, tidak semua pemilik rumah (bahkan mungkin Anda), yang benar-benar mengetahui jenis rayap mana yang paling merugikan. Bahkan seringkali menjadi penyebab utama kerusakan pada rumah. Ketahui jenis rayap yang kerap sebabkan kerusakan pada rumah Anda di artikel ini.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Rayap, Serangga yang Sering Sebabkan Kerusakan Rumah

mencegah rayap tanah
koloni rayap

Baca Juga : obat anti rayap untuk pondasi tanah

Rayap merupakan bagian penting dari ekosistem alami yang kehadirannya juga turut membantu pola kehidupan di dunia ini. Mereka adalah alat pembuangan sampah alam, mendaur ulang kayu mati sehingga tanaman dan pohon baru bisa tumbuh.

Sayangnya, rayap tidak cukup pintar membedakan antara tunggul pohon mati dan rumah Anda. Inilah fakta penting lainnya: tidak semua rayap sama!

promo produk biocide surface film preservative

Sebenarnya ada dua tipe utama dari spesies rayap yang dapat menggangu rumah Anda. Yaitu rayap bawah tanah dan rayap kayu kering. Rayap ini bervariasi, termasuk bervariasi pula dalam jumlah kerusakan yang diakibatkannya.

Sebagaian besar pemilik rumah tentunya kesulitan untuk membedakannya. Bahkan mungkin Anda juga salah satu yang kesulitan untuk membedakannya.

Rayap Kayu Kering (drywood termite)

Rayap kering hanya tinggal di sebagian besar wilayah di Indonesia, namun sayangnya kota besar seperti Jakarta adalah salah satunya. Serangga ini biasanya hidup di koloni yang lebih kecil secara langsung di dalam kayu yang mereka makan.

Meskipun tidak ada yang menginginkan rayap di rumah mereka, jika Anda harus memiliki tamu rayap yang tidak diinginkan, rayap kayu kering lebih baik daripada rayap tanah hanya berdasarkan ukuran koloni saja. Itu karena koloni drywood tumbuh perlahan dan tetap relatif kecil.

Alasannya kasta mereka tumbuh lebih lambat. karena rayap tanah ratunya memiliki telur sebanyak tak terhitung. Sekarang jangan salahkan hanya karena di sana koloni lebih kecil mereka masih akan melakukan sejumlah besar kerusakan pada rumah Anda jika tidak diurus pada waktu yang tepat.

Bila menyangkut rayap tidak masalah spesiesnya, Anda tidak ingin membiarkannya tidak diobati karena dijamin akan merusak rumah Anda.

Koloni Drywood dapat tumbuh hingga 10.000 (sepuluh ribu) anggota, dan biasanya menyebar melalui proses yang disebut "swarming." Selama seorang "kawanan," calon ratu dan pasangan mereka terbang jauh untuk memulai koloni mereka sendiri.

Jika koloni asli sudah ada di dalam rumah Anda, wannabes raja baru ini mungkin menemukan sudut baru untuk meletakkan akar agar koloni baru dapat hidup lagi. Selama bertahun-tahun, ini bisa terjadi berulang-ulang sampai beberapa koloni tumbuh dan memakan sebagian besar kayu di dalam rumah Anda. Bahaya!

Rayap tanah (subterranean termite)

Rayap bawah tanah biasanya merupakan tamu rumah yang jauh lebih buruk daripada rayap kayu kering. Meskipun mereka tinggal di tanah di bawah rumah kita, mereka menciptakan tabung lumpur sebagai cara menyelinap masuk ke rumah Anda.

Tabung lumpur ini melindungi rayap dari predator dan memungkinkan mereka melakukan perjalanan melalui rumah Anda. Berbeda dengan rayap kayu kering, rayap bawah tanah harus memiliki kelembaban agar bisa bertahan.

Rayap di bawah tanah dapat menyebabkan kerusakan dalam jumlah besar, karena koloni mereka tumbuh dengan cepat dan tumbuh dengan proporsi yang besar.

Ingat bagaimana koloni rayap kering biasanya maksimal pada 10.000 anggota? Sebuah koloni rayap bawah tanah yang sehat dapat tumbuh menjadi 1.000.000 (satu juta) anggota.

Langit-langit bawah tanah meletakkan banyak telur dalam waktu singkat, sehingga membuat kasta di sana tumbuh dengan cepat. Begitu koloni telah tumbuh terlalu besar untuk dapur mereka, mereka akan berkerumun dan bercabang dan membuat koloni baru lainnya.

Jadi Anda bisa memiliki beberapa kasta rayap di bawah tanah di bawah rumah Anda. Rayap bawah tanah dapat menyebabkan kerusakan besar berdasarkan jumlah pekerja mereka yang terus-menerus mengunyah rumah Anda.

Seiring koloni tumbuh, mereka memperluas wilayah mereka, mengunyah jalan penghancuran melalui rumah Anda. Diperkirakan bahwa rayap di bawah tanah dapat menyebabkan kerusakan lebih banyak pada rumah Indonesia daripada badai dan kebakaran!

Mengapa Anda Membutuhkan Pengawet Kayu Anti Rayap?

kayu terserang rayap
Rayap Kayu

Rayap kayu kering dan infestasi rayap bawah tanah dapat menyebabkan kerusakan serius. Itu sebabnya Anda harus pintar untuk mendapatkan obat rayap rayap yang berkualitas sehingga Anda bisa menghentikan rayap sebelum benar-benar bisa mengunyah rumah Anda.

Jika Anda tidak mencegah rayap pada waktunya, maka pastikan Anda menggunakan perusahaan obat rayap yang produknya ampuh. Sebaiknya, gunakan pula produk yang aman dan ramah lingkungan sehingga dapat diandalkan seperti BioCide Insecticide.

Untuk menyingkirkan rayap, Anda bisa mengaplikasikan obat rayap BioCide Insecticide. Produk ini dapat Anda andalkan untuk memperbaiki atau mengganti kerusakan akibat serangan rayap.

Penggunaan produk pengawet kayu anti rayap tentu saja dibutuhkan demi menjaga kondisi rumah Anda. Tanpa Anda sadari, serangan rayap dapat meluas dan menyebabkan keruskan fatal. Bahkan bukan tidak mungkin jika sampai menyebabkan hunian kesayangan Anda roboh.

Pengawet kayu bisa Anda aplikasikan untuk membantu mencegah serangan hama maupun menanganinya. Biocide Insecticide sendiri dapat Anda gunakan bukan hanya untuk mencegah dan mengatasi serangan rayap. Tetapi juga jenis serangga lainnya seperti kumbang bubuk, teter, dan lain sebagainya.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk untuk Mengatasi Serangan Rayap yang Sebabkan Kerusakan pada Rumah?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa melaui e-mail di [email protected].

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

promo produk white agent wa-250