Mau membuat sendiri rak meja tv kayu di rumah? Bila jawaban Anda iya, pastikan dulu untuk memilih bahan kayu yang berkualitas. Jangan lupa untuk melakukan proses pengawetan kayu sehingga rak tv lebih terjaga keawetannya.

TV Anda belum ditempatkan di rak meja khusus? TV memang bisa diletakkan di meja biasa. Tapi tentu saja akan lebih menarik dan lebih “fungsional” apabila alat elektronik tersebut diletakkan di furniture yang semestinya. Ya, kita sedang bicara mengenai furniture bernama rak TV.

Bagi banyak orang membuat rak TV kayu sendiri sepertinya hal yang sangat mustahil untuk dilakukan. Tapi, berbekal keterampilan pengolahan kayu standar dan tutorial yang benar, Anda bisa lho berinovasi membuat rak ini.

Eits, jangan salah. Setelah rak TV berhasil dibuat, bukan hanya TV yang bisa diletakkan di mebel tersebut. Selain televisi, Anda juga menggunakaan rak tersebut untuk meletakkan barang di dekat TV dan membuat TV terlihat rapi. Misalnya saja remot TV, kepingan film, sampai hiasan vas bunga yang cantik.

Meski kelihatannya sepele, namun hal-hal seperti disebut di atas bisa membuat aktivitas menonton televisi jadi lebih asyik. Ya, karena TV sebagai alat elektronik dibutuhkan semua orang untuk bersenang-senang setelah seharian beraktivitas. Menonton televisi juga bisa menjadi medium bersama bagi keluarga. Makanya, tak ada salahnya memiliki rak televisi yang bagus. Salah satunya dengan membuat rak tersebut dengan desain yang sedang populer seperti desain minimalis.

Seperti Apa sih Rak TV Kayu dengan Desain Minimalis itu?

Desain minimalis fokus pada kesan yang sederhana dan efisien. Kadang desain ini juga terkesan “pelit” tapi tentu saja dengan makna yang positif. Bahkan jargon minimalisme adalah The Less is More. Alis, makin dikit dan makin efisien elemen pada suatu produk yang didesain dengan desain ini, maka keindahannya justru makin terlihat.

Rak televisi dengan desain minimalis biasanya memiliki ciri beberapa atau kesemua sebagai berikut.

  1. Memiliki warna yang cenderung kalem, tidak mencolok dan juga tidak saling kontras satu sama lain. Bahkan ada yang menerapkan warna monokromatik seperti putih dan hitam, dengan sedikit sentuhan warna alami kayu saja.
  2. Tidak ada elemen yang tidak fungsional. Semua bagian rak pasti memiliki fungsi sendiri-sendiri.
  3. Elemen yang sifatnya dekoratif tidak didesain dengan pola yang rumit seperti pola batik.

Dengan terapan desain minimalis ini, Anda bisa menghasilkan rak TV yang dihasilkan tidak membosankan seperti yang dijual di pasaran. Sebab pada umumnya rak TV yang dijual di pasaran memiliki desain yang sangat biasa dan cenderung monoton.

Rak TV Kayu Minimalis Bentuk Kotak

Di zaman ini contoh rak TV minimalis yang populer dan umumnya mudah diterapkan adalah model kotak modern minimalis. Untuk pembuatannya, Anda bisa menggunakan bahan kayu atau kaca. Kedua bahan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Masing-masing bahan baku memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti model rak TV gaya minimalis dengan desain kotak menggunakan bahan baku kayu.

Dari segi bahan baku tentu kayu memiliki kelebihan dibanding menggunakan kaca. Kayu memiliki kelebihan dari segi kekuatan dan nilai estetikanya dibanding kaca. Kayu tidak mudah pecah atau retak seperti kaca. Maka dari itu kayu merupakan bahan baku yang paling banyak digunakan. Harganya juga variatif mulai dari paling murah hingga paling mahal. Jenis-jenis kayu juga bermacam-macam mulai dari kayu solid, kayu plywood, MDF hingga blockboard.

alterntif text

Tak mengherankan bila saat ini rak TV yang paling banyak dicari yang menggunakan media kayu untuk memperlihatkan nuansa alami dari kayu. Dengan finishing natural transparan maka suasana minimalis modern akan terasa pada rak TV Anda. Kesan yang natural akan lebih membuat suasana menjadi nyaman, tenang dan terlihat adem.

Bagaimana dengan kaca? Ada lho rak televisi yang 100% dari bahan kaca. Namun pada umumnya, kaca digunakan bersama dengan kayu sebagai kombinasi. Paduan kaca dan kayu inilah yang paling populer. Sebab rak televisi akan memperlihatkan sisi natural dari kayu sekaligus sisi elegan dan mewah dari kaca.

Jadi tunggu apalagi? Jika di pasaran Anda tidak bisa menemukan rak TV sesuai keinginan, Anda toh bisa membuatnya sendiri di rumah. Tentunya, alternatif ini juga bisa menghemat biaya dan juga sesuai selera Anda. Dengan membuat sendiri rak meja TV di rumah, Anda bisa mendesain sesuai keinginan Anda. Misalnya dengan membuat kombinasi rak buku atau tempat menaruh hiasan. Rak TV dari kayu dengan finishing natural transparan ini membuat Anda semakin betah berlama-lama di depan televisi.

Tips Memilih dan Mengawetkan Kayu Untuk Mencegah Serangan Serangga pada Rak TV Kayu

Untuk pembuatan rak TV, Anda sebaiknya memilih bahan kayu berkualitas sebagai bahan baku rak TV Anda. Pilihlah  kayu yang solid agar lebih kuat dan tahan lama. Adapun, untuk finishing, Anda bisa menggunakan pernis supaya produk terlihat natural atau cat solid supaya hasilnya menawan. Cat natural transparan seri BioVarnish juga merupakan pilihan menarik. Apalagi BioVarnish juga memiliki keunggulan-keunggulan seperti sifatnya yang awet, tahan lama dan menggunakan bahan dasar air atau water based yang akan membuat kayu menjadi lebih awet dan juga aman bagi kesehatan untuk jangka panjang.

Nah, untuk memperpanjang usia pakai rak televisi, jangan lupa melakukan pengawetan. Ingat, kayu merupakan bahan yang berasal dari alam yang secara khas memiliki kelemahan terhadap serangan serangga seperti rayap.

Pra finishing atau sebelum dimulai finishing alangkah baiknya jika kayu diberi bahan pengawet anti serangga untuk menghindari kayu diserang oleh hama tersebut.

obat anti serangga untuk rak meja tv berbahan kayu
BioCide Insecticide efektif digunakan sebagai anti serangga pada kayu

Gunakanlah produk bahan pengawet yang benar-benar bagus. Perhatikan kriterianya mulai dari kriteria  bahan yang aman dan ramah lingkungan. Dalam artian memiliki kandungan yang tidak membahayakan dan tidak menggunakan larutan solvent ataupun minyak. Pasalnya, jika menggunaan pelarut solvent atau minyak, maka bahan pengawet akan membahayakan bagi kesehatan maupun lingkungan. Ada banyak macam bahan pengawet yang terdapat di pasaran, tapi yang terbaik adalah Biocide Insecticide.

Biocide Insecticide merupakanbahan pengawet anti serangga dan rayap khusus kayu dan jenis serat alam yang memiliki bahan aktif Cypermethrine 100 EC. Cypermehtrine 100 EC merupakan bahan  kimia pestisida yang di desain aman dan ramah lingkungan untuk membasmi rayap dan serangga.

Cara kerja obat ini adalah dengan sistem kontak lambung. Penggunaan obat anti serangga ini cukup mudah bisa menggunakan metode rendam, kuas hingga metode vakum. Obat ini cukup aman digunakan karena menggunakan air sebagai pelarutnya sehingga tidak menimbulkan reaksi berlebihan seperti obat pembasmi serangga lainnya yang menggunakan solvent atau minyak sebagai pelarutnya.

Berikut ini beberapa poin keunggulan BioCide sebagai pencegah rayap untuk rak TV kayu:

  1. Spektrum organisme target yang sangat luas
  2. Cara kerja yang efisien dan juga sangat efektif dengan sistem kontak lambung
  3. Sangat mudah digunakan dengan berbagai metode mulai dari vakum tekan sampai metode pencelupan
  4. Harga yang lebih terjangkau sehingga Anda tak perlu pusing memikirkan biayanya. Pasca dipakai untuk mengawetkan rak TV kayu, BioCide juga bisa digunakan untuk mengatasi hama di rumah
  5. Konsentrasi tinggi sehingga produk jadi lebih hemat dipakai.
  6. Penggunaan air sebagai pelarut untuk BioCide yang memberikan 2 keuntungan sekaligus. Pertama, penggunaan jadi lebih aman bagi pekerja, dan kedua, penggunaan jadi lebih hemat karena tak perlu membeli larutan solvent.
  7. Bahan aktif cypermethrin yang lebih aman bagi lingkungan karena lebih degradable atau lebih mudah diuraikan.

Untuk mengawetkan rak meja TV kayu Anda, alangkah baiknya jika obat ini diaplikasikan sebelum proses finishing dilakukan dengan menggunakan metode celup atau kuas sehingga penggunaannya lebih mudah dan efektif. Jika meja TV kayu sudah difinishing, maka Anda bisa mengamplas terlebih dahulu agar pori-pori kayu terbuka dan lapisan cat finishing hilang. Sehingga bahan pengawet ini bisa meresap ke dalam pori-pori dan bekerja sesuai fungsinya.

Pada saat pengaplikasian jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan dengan memakai masker, sarung tangan, atau alat keamanan lainnya untuk menghindari hal-hal diluar kendali. Karena harganya cukup murah dan aplikasinya cukup mudah, maka Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan produk Biocide Insecticide. Kemasan Biocide Insecticide ini 130gr dan bisa digunakan berkali-kali karena menggunakan campuran air dan cukup efektif membasmi serangga dan rayap.

Perawatan Rak Meja TV Berbahan Kayu

cegah teter di rak meja tv menggunakan BioCide InsectiCide
BioCide Insecticide untuk mencegah serangan serangga pada furniture kayu

Jika Anda memilih menggunakan kayu solid sebagai rak TV Anda, maka Anda perlu melakukan perawatan sederhana untuk membuat rak kayu Anda tetap terjaga dari segala kotoran, debu atau noda lainnya yang akan merusak struktur ataupun keindahan kayu. Rak meja TV kayu memberikan kesan hangat, klasik, mewah, dan elegan dari sebuah rumah.

Meja TV sebagai furniture rumah memerlukan perhatian untuk perawatan agar warna finishing tidak menjadi kusam atau pudar dan berjamur. Bahan untuk merawat rak meja TV kayu diantaranya adalah wax polish, misalnya saja Anda bisa enggunakan merk Biopolish. Peralatan yang digunakan untuk merawat rak meja TV kayu antara lain lap kain, kuas, dan penyedot debu. Setelah rak meja dibersihkan dari kotoran dan debu, poles menggunakan Biopolish Linseed Oil tipis merata. Ratakan menggunakan kain katun lembut yang bersih.

Cara sederhana menjaga rak kayu agar tidak mudah rusak adalah dengan menempatkan meja rak TV pada tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Perawatan rak meja TV memang tidak boleh asal-asalan, tetapi dengan perawatan yang tepat bisa membuat rak TV masih terlihat seperti baru dan awet. Rincinya, berikut ini saran perawatan dari kami.

  • Pertama, lakukanlah pembersihan pada meja TV tersebut secara berkala. Pembersihan bisa dilakukan secara harian, mingguan, sampai bulanan. Pembersihan harian cukup dilakukan menggunakan kemoceng sedangkan pembersihan mingguan dan bulanan perlu menggunakan lap bersih dan pengusapan lebih merata.
  • Penggunaan Biopolish. Semir kayu Biopolish juga bisa digunakan untuk merawat rak TV dari bahan kayu. Biopolish akan menghaluskan serat kayu yang kering, mengembalikan warna alami kayu, sampai melindungi rak dari serangan jamur.
  • Aplikasi refinishing atau pengecatan ulang. Tidak ada lapisan finishing yang bisa tahan selamanya. Selama periode tertentu, lapisan finsihing pasti akan mengalami kerusakan. Padahal, terkelupasnya lapisan finising bisa menyebabkan berbagai kerugian tambahan. Kayu juga jadi terekspos secara langsung dengan paparan luar seperti kelembaban dan serangan rayap.

Lakukanlah poin-poin perawatan ini dengan benar dan kontinyu. Dengan demikian, produk rak televisi Anda pasti akan bisa digunakan selama bertahun-tahun setelahnya.

Begini Cara Memesan BioCide Insecticide

Tertarik menggunakan BioCide untuk mengawetkan meja rak TV kayu? Begini cara memesan BioCide Insecticide secara online.

  1. Kontak dulu Customer Service kami. Nomor kontak telah tersedia di website ini. Anda bisa menghubungi kami via WA, via email, ataupun via telepon.
  2. Kirim data pemesanan, berupa nama Anda sebagai pemesan, alamat kirim, kurir pengiriman, sampai jumlah produk yang dipesan. Lakukan diskusi dengan CS kami. Anda juga bisa bertanya-tanya terlebih dahulu. Jangan sungkan untuk menghubungi CS kami.
  3. Bila diskusi dengan CS sudah fix, Anda bisa melakukan pembayaran. Nominal pembayaran dan nomor rekening tujuan pembayaran akan disebutkan oleh Customer Service kami.
  4. Pasca melakukan pembayaran, kirim foto buktinya kepada kami. Silahkan tunggu CS kami memroses bukti tersebut dan mengirimkan pesanan Anda.
  5. Tunggu nomor resi pengiriman. Kemudian, Anda hanya harus menunggu saja sampai produk sampai di alamat yang sudah Anda tuliskan.

Di atas adalah prosedur pemesanan secara online di antiserangga.com. Tentunya, cara ini bukan merupakan satu-satunya cara memesan BioCide Insecticide. Selain pemesanan secara online, Anda juga bisa melakukan secara langsung atau via marketplace. Kalau Anda ingin membeli di toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak, buka saja langsung di toko daring yang Anda jadikan langganan. Sedangkan untuk pemesanan secara langsung, Anda bisa mengunjungi Bio Service Point. Bio Service Point beralamat di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta dengan rincian alamat sebagai berikut.

  1. Pusat Bio Service Point di Yogyakarta, di Jalan Sidikan Nomor 94 Yogyakarta. Kontak, silahkan hubungi telp dan Fax : +62274388301.
  2. Bio Service Point cabang di Jepara, di Jalan Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Kontak: telp silahkan hubungi +62.291.598992
  3. Bio Service Point cabang di Cirebon, di Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Kontak telp silahkan hubungi +62 231 320759.

Mudah bukan cara memesan BioCide Insecticide? Selain mudah, membeli BioCide Insecticide juga sangat transparan dan jelas prosedurnya. Pasca pembelian Anda juga bisa mendapatkan layanan free consultation lho. Anda bebas menanyakan cara pakai produk ini dan tips-tips penting terkait lainnya dari CS dan bila perlu juga teknisi kami.

Kiranya, itu yang bisa kami bagikan mengenai cara pengawetan rak meja TV dari kayu. Produk seperti rak TV merupakan produk yang memiliki banyak fungsi. Rak bukan hanya bisa menambah estetika ruangan namun juga punya manfaat fungsional untuk meletakkan alat elektronik seperti TV dan benda-benda sejenisnya. Untuk membuat rak TV lebih berkualitas, gunakanlah bahan yang juga berkualitas. Nah, khusus supaya rak televisi Anda awet, terapkan treatment pengawetan dengan BioCide Insecticide. Dengan obat ini, rak TV dari kayu akan tahan dari serangan rayap, kumbang bubuk, tawon pengebor kayu, sampai semut sekalipun (rak tidak akan dilubang semut untuk bersarang).

Semoga bermanfaat ya, nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com. Kami akan terus update berbagai informasi terkait dunia pengawetan dan solusi atas serangga hama di antiserangga.com. Kami juga akan membagikan tips membuat berbagai jenis mebel dan kerajinan supaya menjadi lebih awet.

Download Best WordPress Themes Free Download
Premium WordPress Themes Download
Free Download WordPress Themes
Premium WordPress Themes Download
udemy course download free
download samsung firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
lynda course free download
DIY : Membuat Sendiri Rak Meja TV Dari Kayu
alterntif text

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!