DIY : Membuat Sendiri Rak Meja TV Dari Kayu

0
1017
rak meja tv minimalis
rak meja tv minimalis

Membuat sendiri rak meja tv kayu di rumah, pastikan memilih bahan kayu yang berkualitas. Jangan lupa untuk melakukan proses pengawetan kayu sehingga rak tv lebih terjaga keawetannya.

TV Anda belum ditempatkan di rak meja khusus untuk TV? Jika iya, maka Anda bisa berinovasi menggunakaan rak TV untuk memudahkan meletakkan barang di dekat TV dan membuat TV terlihat rapi. Karena TV sebagai alat elektronik yang dibutuhkan semua orang, maka Anda perlu membuatnya semenarik mungkin. Desain minimalis bisa Anda terapkan untuk pembuatan rak TV Anda.

Kini Anda bisa membuat sendiri rak TV agar model yang dihasilkan tidak membosankan seperti yang dijual dipasaran. Pada umumnya rak TV ditempatkan di kamar, di ruang tamu, atau di ruang keluarga. TV adalah sebagai sarana kita melepas penat disaat kita disibukkan dengan rutinitas kerja yang memusingkan dan melelahkan. Selain acara televisi yang menghibur, tempat untuk menaruh televisi atau rak juga menjadi poin penting untuk kita. Karena dengan rak yang unik dan menarik, suasana hati kita akan menjadi sedikit lebih tenang dan merasa nyaman.

Di jaman ini contoh rak TV minimalis model kotak modern biasanya menggunakan bahan dasar kayu ataupun kaca. Bahan kayu atau kaca dapat Anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Masing-masing bahan baku memiliki kelebihan masing-masing. Seperti model rak TV gaya minimalis dengan desain kotak menggunakan bahan baku kayu.

Dari segi bahan baku tentu kayu memiliki kelebihan dibanding menggunakan kaca. Kayu memiliki kelebihan dari segi kekuatan dan nilai estetikanya dibanding kaca. Kayu tidak mudah pecah atau retak seperti kaca kebanyakan. Maka dari itu kayu merupakan bahan baku yang paling banyak digunakan. Harganya juga variatif mulai dari paling murah hingga paling mahal. Jenis-jenis kayu juga bermacam-macam mulai dari kayu solid, kayu plywood, MDF hingga blockboard.

Namun untuk saat ini rak TV yang paling banyak dicari yang menggunakan media kayu untuk memperlihatkan nuansa alami dari kayu. Dengan finishing natural transparan maka suasana minimalis modern akan terasa pada rak TV Anda. Kesan yang natural akan lebih membuat suasana menjadi nyaman, tenang dan terlihat adem.

Jika di pasaran Anda tidak bisa menemukan rak TV sesuai keinginan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Tentunya juga bisa menghemat biaya dan juga sesuai selera Anda. Dengan membuat sendiri rak meja TV di rumah, Anda bisa mendesain sesuai keinginan Anda. Misalnya dengan membuat kombinasi rak buku atau tempat menaruh hiasan. Rak TV dari kayu dengan finishing natural transparan ini membuat Anda semakin betah berlama-lama di depan televisi.

Tips Memilih dan Mengawetkan Kayu Untuk Mencegah Serangan Serangga

Untuk pembuatan rak TV, Anda sebaiknya memilih bahan kayu berkualitas sebagai bahan baku rak TV Anda. Untuk pemilihan kayu sebaiknya memilih kayu yang solid agar lebih kuat dan tahan lama. Untuk finishing menggunakan pernis juga menentukan nilai estetika dari hasil akhir rak kayu Anda. Cat natural transparan sebaiknya pilihlah yang awet, tahan lama dan menggunakan bahan dasar air atau water based yang akan membuat kayu menjadi lebih awet dan juga aman bagi kesehatan untuk jangka panjang.

Karena kayu merupakan bahan yang berasal dari alam, maka kayu memiliki kelemahan terhadap daya tahan terhadap serangan serangga ataupun rayap. Maka Anda bisa jeli ketika membeli atau membuat meja TV dari kayu. Sebelum dimulai finishing alangkah baiknya jika kayu diberi bahan pengawet anti serangga untuk menghindari kayu diserang oleh hama tersebut.

obat anti serangga untuk rak meja tv berbahan kayu
BioCide Insecticide efektif digunakan sebagai anti serangga pada kayu

Menggunakan bahan pengawet sebaiknya memilih bahan yang aman dan ramah lingkungan. Dalam artian memiliki kandungan yang tidak membahayakan dan tidak menggunakan larutan solvent ataupun minyak. Karena jika menggunaan pelarut solvent atau minyak, maka bahan pengawet akan cukup membahayakan bagi kesehatan maupun lingkungan. Ada banyak macam bahan pengawet yang cukup aman digunakan untuk segala jenis kayu ataupun serat alam seperti Biocide Insecticide.

Biocide Insecticide merupakanbahan pengawet anti serangga dan rayap khusus kayu dan jenis serat alam yang memiliki bahan aktif Cypermethrine 100 EC. Cypermehtrine 100 EC merupakan bahan  kimia pestisida yang di desain aman dan ramah lingkungan untuk membasmi rayap dan serangga.

Cara kerja obat ini adalah dengan sistem kontak lambung. Penggunaan obat anti serangga ini cukup mudah bisa menggunakan metode rendam, kuas hingga metode vakum. Obat ini cukup aman digunakan karena menggunakan air sebagai pelarutnya sehingga tidak menimbulkan reaksi berlebihan seperti obat pembasmi serangga lainnya yang menggunakan solvent atau minyak sebagai pelarutnya.

Untuk mengawetkan rak meja TV Anda, alangkah baiknya jika obat ini diaplikasikan sebelum proses finishing dilakukan dengan menggunakan metode celup atau kuas sehingga penggunaannya lebih mudah dan efektif. Jika meja TV kayu sudah difinishing, maka Anda bisa mengamplas terlebih dahulu agar pori-pori kayu terbuka dan lapisan cat finishing hilang. Sehingga bahan pengawet ini bisa meresap ke dalam pori-pori dan bekerja sesuai fungsinya.

Pada saat pengaplikasian jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan dengan memakai masker, sarung tangan, atau alat keamanan lainnya untuk menghindari hal-hal diluar kendali. Karena harganya cukup murah dan aplikasinya cukup mudah, maka Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan produk Biocide Insecticide. Kemasan Biocide Insecticide ini 130gr dan bisa digunakan berkali-kali karena menggunakan campuran air dan cukup efektif membasmi serangga dan rayap.

Perawatan Rak Meja TV Berbahan Kayu

cegah teter di rak meja tv menggunakan BioCide InsectiCide
BioCide Insecticide untuk mencegah serangan serangga pada furniture kayu

Jika Anda memilih menggunakan kayu solid sebagai rak TV Anda, maka Anda perlu melakukan perawatan sederhana untuk membuat rak kayu Anda tetap terjaga dari segala kotoran, debu atau noda lainnya yang akan merusak struktur ataupun keindahan kayu. Rak meja TV kayu memberikan kesan hangat, klasik, mewah, dan elegan dari sebuah rumah.

Meja TV sebagai furniture rumah memerlukan perhatian untuk perawatan agar warna finishing tidak menjadi kusam atau pudar dan berjamur. Bahan untuk merawat rak meja TV kayu diantaranya adalah wax polish, misalnya saja Anda bisa enggunakan merk Biopolish. Peralatan yang digunakan untuk merawat rak meja TV kayu antara lain lap kain, kuas, dan penyedot debu. Setelah rak meja dibersihkan dari kotoran dan debu, poles menggunakan Biopolish Linseed Oil tipis merata. Ratakan menggunakan kain katun lembut yang bersih.

Cara sederhana menjaga rak kayu agar tidak mudah rusak adalah dengan menempatkan meja rak TV pada tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Perawatan rak meja TV memang tidak boleh asal-asalan, tetapi dengan perawatan yang tepat bisa membuat rak TV masih terlihat seperti baru dan awet.

Leave a Reply