Memperbaiki Furniture Rusak Akibat Banjir: Jangan Langsung Dicat!

Simak langkah konkret dan solutif mengatasi furniture rusak akibat banjir ini langsung dari tim Antiserangga.com!

Tahun baru bagi sebagian rakyat Indonesia bermakna suka cita. Keluarga-keluarga berkumpul saat libur Natal dan Tahun Baru untuk menikmati kebersamaan yang sulit ditemukan di hari-hari biasa. Sayangnya, momen bahagia ini tidak bisa dinikmati semua orang. Beberapa daerah Indonesia dari Sumatera sampai Sulawesi terkena dampak serius akibat banjir yang terjadi menjelang dan saat perayaan tahun baru.

Satu dari sekian area yang terkena imbas paling buruk akibat banjir adalah wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Selanjutnya beberapa wilayah seperti Lebak pun menyusul. Ratusan hingga ribuan rumah tenggelam, mobil hanyut terbawa arus, dan warga pun terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Untungnya, perlahan namun pasti, rakyat mulai mampu mengatasi masalah ini. Beberapa rumah sudah kering dari banjir dan pembersihan pun mulai dilakukan di sana-sini.

Furniture Rusak Akibat Banjir jadi Pemandangan Umum

Imbas serius akibat banjir salah satunya bisa dilihat dari banyaknya produk furniture yang mengalami kerusakan. Furniture yang memiliki bobot dan ukuran relatif besar memang tak mudah diselamatkan di tempat yang aman. Hampir semua mebel rumah tangga dibiarkan pemiliknya terendam banjir. Ini mencakup ranjang (tempat tidur), tempat TV, buffet, meja, kursi, dan masih banyak lagi.

Pada banyak kasus, mebel tidak benar-benar rusak dan masih bisa digunakan. Namun perbaikan jelas wajib dilakukan. Apalagi bila mebel tersebut memanfaatkan kayu olahan seperti MDF dan tripleks yang sangat rentan rusak akibat banjir.

Apa saja ya kira-kira yang mesti dilakukan untuk membenahi mebel-mebel rusak ini? Mengecat ulang mebel saja jelas tidak cukup. Agar perbaikan yang dilakukan bisa mengantisipasi kerusakan di masa depan akibat serangan jamur dan serangga, silahkan simak tips kami di bawah ini.

Tips Mengatasi Furniture Rusak Akibat Banjir

Keringkan dulu

Banjir menyebabkan furniture menjadi lembab. Padahal, sebagaimana disebut di atas, banyak furniture yang hanya memanfaatkan kayu olahan yang sangat rentan terhadap kelembaban dan rembesan air. Oleh sebab itu, saran kami yang utama adalah segera mengeringkan mebel Anda yang terendam apabila waktunya memungkinkan. Pengeringan akan mencegah kerusakan lanjutan akibat furniture lembab seperti rusaknya bagian mebel karena busuk sampai terserangnya mebel oleh hama serangga dan jamur.

Memperbaiki Furniture Rusak Akibat Banjir

Anda tidak perlu cepat-cepat mengecat kok. Yang pasti, Anda memang perlu sesegera mungkin untuk melakukan pengeringan terhadap furniture tersebut. Taruh saja furniture di area terbuka setelah sebelumnya dilap dan dibersihkan dengan air bersih.

Bersihkan dari Jamur dan Kotoran lainnya

Setelah mebel dikeringkan, lakukanlah pembersihan lanjutan pada furniture tersebut. Pembersihan ini dilakukan dalam rangka persiapan sebelum pengecatan. Jadi, furniture tidak sekadar dilap dengan air saja seperti pembersihan pra pengeringan.

Sebagai persiapan finishing, pembersihan harus dilakukan dengan lebih baik. Bila perlu gunakan amplas untuk mengikis lapisan cat lama yang rusak, kotoran yang menempel, sampai jamur ataupun lumut yang terlanjur tumbuh di permukaan mebel. Bila perlu gunakan cairan pembersihan khusus supaya mebel benar-benar bebas kotoran. Setelah mebel bersih dan dikeringkan lagi, barulah kita bisa mengecat dengan hasil yang baik.

Gunakan dulu Preservative BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE untuk Memperbaiki Furniture Rusak Akibat Banjir

Jangan langsung mengecat furniture! Ingat, furniture yang terendam banjir sudah terkontaminasi dengan faktor yang bisa merusaknya. Bila langsung dicat, bisa jadi di masa depan ditemukan serangan serangga. Misalnya, serangan rayap dan kumbang bubuk yang selama banjir bersarang ke dalam substrat kayu. Saran kami, aplikasikan dulu insektisida khusus furniture, BioCide Insecticide. Cara memperbaiki furniture rusak akibat banjir ini juga akan membuat usia pakai mebel Anda meningkat sampai berpuluh tahun kemudian. Mebel akan bebas:

  1. Masalah bubukan akibat wood boring beetle atau kumbang pengebor kayu
  2. Serangan rayap
  3. Serangan berbagai hama serangga lainnya

Cara aplikasi BioCide Insecticide juga sangat mudah. Setelah lapisan cat lama dibersihkan, Anda hanya perlu menguaskannya saja ke permukaan mebel terkait,

Aplikasikan Cat Berkualitas untuk Memperbaiki Furniture Rusak Akibat Banjir

Aplikasikan cat yang berkualitas setelah mebel diawetkan. Bila memungkinkan, belilah cat yang memiliki ketahanan yang baik supaya bila terjadi banjir lagi, kayu mebel bisa terlindung dari air. Agar pengecatan juga maksimal, sebaiknya juga terapkan primer, warna, dan coating. Coating adalah cat bening yang berguna untuk melindungi lapisan di bawahnya. Coating yang bagus memiliki sifat tahan air, tahan solvent, sampai tahan gores. Coating yang bagus sebagai cara memperbaiki furniture rusak adalah coating water based dari Bio Industries.

Gunakan Campuran BioCide Antijamur pada Cat Anda!

Ingin memastikan bahwa lapisan cat benar-benar tahan hama? Selain menerapkan BioCide Insecticide yang notabene adalah insektisida, Anda juga bisa mengaplikasikan antijamur lho. Ada varian BioCide yakni BioCide SFP yang bisa dicampur ke dalam lapisan cat. BioCide SFP akan membuat cat menjadi ekstra tahan jamur sehingga furniture betul-betul terproteksi dengan baik.

Pesan BioCide Insecticide Begini Caranya

Tanpa produk pengawet yang baik, furniture yang rusak akibat banjir bisa diserang hama baik dari kelompok rayap ataupun jamur. Dan karena itulah, kami tidak sekadar memberikan saran untuk mengecat ulang furniture saja. Kita juga perlu memberikan proteksi ekstra pada furniture yang terendam banjir dalam waktu signifikan. Jadi jangan tunggu waktu lama, segera pesan BioCide Insecticide untuk memberikan ekstra proteksi pada furniture Anda.

BioCide bisa Anda beli di Bio Service Point. Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Selain itu Anda juga bisa melakukan pembelian secara online. Pembelian secara online dapat dilakukan dengan menghubungi Customer Service kami di antiserangga.com. Atau, Anda juga bisa membeli di marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia. Pembelian secara online akan dipandu dengan CS kami yang ramah dan profesional. Prosesnya juga cepat dan transparan.

Bagaimana, mudah bukan membeli BioCide Insecticide? Pada akhirnya, banjir memang merupakan bencana yang sangat merugikan. Kerusakan akibat banjir bisa merugikan masyarakat mulai dari angka ratusan juta sampai milyaran rupiah. Apalagi bila terjadi di area ibukota seperti DKI Jakarta. Banjir menyebabkan berbagai kerusakan termasuk perabot kita yang terbuat dari kayu. Padahal banyak perabot zaman sekarang yang hanya terbuat dari kayu olahan seperti tripleks dan juga MDF yang sangat rentan diserang hama. Perbaikan tentu sangat perlu dilakukan oleh para korban. Sebab bila tidak diperbaiki, mebel yang semula hanya lembab bisa betul-betul rusak dimakan jamur dan rayap. Tips di atas akan sangat membantu Anda memperbaiki furniture rusak akibat banjir.

Nah, kiranya itulah beberapa tips yang bisa tim antiserangga.com bagikan untuk memperbaiki furniture rusak akibat banjir. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda ya.

Leave a Comment