Uniknya Furniture Akar, Mebel Andalan Tema Nature

Trend desain dengan tema natural semakin disukai akhir-akhir ini. Bahkan beberapa tahun belakangan, konsep furniture yang berkembang terus melibatkan tema-tema alami dan lawas. Ada beberapa aspek yang bisa diupayakan untuk mendukung tema tersebut. Selain tipe finishingnya, banyak pengrajin yang memanfaatkan bahan-bahan yang terbentuk secara alami di alam. Misalnya akar. Ya, berbagai produk furniture akar memang menjadi salah satu primadona untuk mewujudkan kesan nature di rumah kita.

Yang unik dari jenis furniture ini adalah bentuknya yang begitu variatif. Antara satu produk dengan yang lain dipastikan berbeda meski perancangnya sama. Namun justru inilah salah satu daya tarik dan kekhasan dari mebel akar.

Produk yang Dihasilkan

Lantas apa saja produk yang bisa dihasilkan dari akar-akaran? Jawabannya beragam. Hampir semua mebel pada dasarnya bisa didukung dengan akar. Akan tetapi, jelas tidak semuanya bisa benar-benar menggunakan material tersebut.

Untuk mebel tertentu seperti kursi dan meja, bisa saja semua bahannya terbuat dari akar. Namun untuk mebel yang lebih besar seperti buffet dan tempat tidur, akar biasanya dikombinasikan dengan bahan lain seperti kayu dan bambu.

Akar Harus Berkualitas

Dalam proses produksinya sendiri, penggunaan akar tidak bisa diambil secara sembarangan. Jangan salah. Sebagaimana kayu, tidak semua akar dapat dimanfaatkan dalam industri mebel hingga konstruksi.

Aspek pertama yang harus diperhatikan dalam pemilihan akar adalah ukurannya. Karena dalam proses pengolahan ada berbagai tahapan seperti pemotongan dan pengamplasan, jelas diperlukan ukuran akar yang cukup besar.

alterntif text

Kualitas akar pun harus diperhatikan. Pilih akar yang kokoh dan memiliki ketahanan yang baik terhadap faktor-faktor yang bisa merusaknya. Bila perlu (dan kami sangat menyarankan), aplikasikan treatment pengawetan pada akar dengan BioCide. Sebab sebagaimana kayu, akar juga mengandung banyak selulosa yang dapat mengundang hama-hama untuk memakannya.

obat-pengawet-kayu-tahun-2017
Obat pengawet BioCide

Dieskpor ke Jepang dan Korea

Dengan berbagai pertimbangan pemilihan di atas dan pemastian kualitas lainnya dengan baik, maka furniture akar yang dihasilkan pun akan lebih berpeluang memiliki kualitas yang baik. Mengeruk untung dengan bisnis ini tentu akan lebih mudah bila produk yang dihasilkan berkualitas unggulan. Pasar ekspor juga pastinya bukan mimpi lagi. Apalagi, sudah sejak lama Indonesia memasok mebel dari akar ke berbagai negara di dunia. Korea dan Jepang adalah dua negara yang banyak mengimpor furniture akar dari Indonesia.

Uniknya Furniture Akar, Mebel Andalan Tema Nature

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply