Waspadai Serangan Rayap pada Garden Furniture

Indonesia sebagai negara tropis adalah negara yang kaya dengan keragaman flora serta faunanya. Kondisi ini bisa berdampak positif maupun negatif pada apa yang kita lakukan. Pada dunia furniture, keragaman kayu di Indonesia adalah berkah tersendiri. Berbagai industri mebel seperti garden furniture bisa berkembang pesat. Namun di sisi lain, keragaman kayu tersebut juga disertai keragaman hama penyerangnya. Salah satunya adalah rayap.

Serangan rayap pada garden furniture dan mebel outdoor lainnya demikian mengkhawatirkan sehingga harus dicegah sejak dini.
Bagaimana cara mencegah hama tersebut? Silahkan ikuti dua tips untuk masyarakat pengguna mebel tersebut maupun produsennya.

Tips Cegah Rayap untuk Pengguna Garden Furniture

  1. Pilih garden furniture yang berkualitas.
  2. Buang sampah dan benda-benda organik yang mengandung selulosa tinggi di sekitar mebel taman.
  3. Tempatkan garden furniture di atas lantai dek atau di atas alas batu-batu agar tak langsung berhubungan dengan tanah.
  4. Tutupi garden furniture dengan plastik atau penutup khususnya saat hujan. Cara ini dapat mencegah kayu furniture lembab, sebuah kondisi yang disukai rayap.
  5. Bila Anda ingin melakukan finishing ulang, saran kami gunakanlah cat water based yang tahan lama dan khusus untuk outdoor seperti cat Orchid BioColours.
  6. Bersihkan garden furniture secara berkala.

Tips Mencegah Rayap pada Garden Furniture untuk Produsen

  1. Gunakan kayu yang memiliki ketahanan baik pada serangga seperti jati. Pastikan pula kayu yang Anda beli adalah kayu dalam kondisi baik dan tidak diserang hama seperti totor. Lihatlah kondisi kayu seperti adanya lubang-lubang kecil yang menandakan kayu terserang kumbang bubuk.
  2. Awetkan kayu dengan obat antirayap BioCide Insecticide. Caranya rendam kayu dalam larutan obat tersebut atau olesi kayu dengan larutan obat tersebut.
  3. Gunakan cat outdoor yang tahan lama.
  4. Simpan garden furniture yang sudah jadi di lokasi yang kering dan bersih.

Dari paparan di atas, sebenarnya tidak sulit mencegah kasus hadirnya rayap pada garden furniture. Biayanya pun sama sekali tidak mahal. Sekarang, tergantung bagaimana kita menyikapinya setelah mengetahui tips di atas.

Ayo bebaskan mebel taman dari serangan rayap!

Leave a Comment