Mengawetkan Lantai Kayu Outdoor

Dengan harganya yang tak bisa dibilang murah, tentu sangat disayangkan bukan bila lantai kayu outdoor rusak?

Kekhawatiran seperti pertanyaan di atas begitu kuat di pikiran konsumen. Agar usaha berjalan lancar, jelas produsen lantai harus mampu mengatasi kekhawatiran tersebut. Tentu saja caranya dengan menghadirkan lantai yang tahan lama. Untuk itulah perlu dilakukan berbagai macam usaha yang salah satunya dapat dilakukan dengan mengawetkan lantai kayu outdoor tersebut.

decking kayu rusak
Kerusakan decking akibat rayap.

Proses pengawetan dilakukan menggunakan obat pengawet yang bisa dibedakan menjadi insektisida dan fungisida. Tujuannya agar lantai kayu tahan terhadap hama-hama seperti jamur, rayap, kutu bubuk, dan sebagainya. Hal ini sangat penting karena kayu merupakan bahan yang memang sangat disukai hama-hama tersebut. Apalagi penempatannya di luar ruangan yang menyebabkan peningkatan potensi serangan hama. Tanpa diberi perlindungan, kerusakan yang parah akan segera terjadi tak begitu lama setelah lantai di pasang.

Apa Istimewanya Pengawetan Lantai?

Sebagaimana disebut di atas, treatment pengawetan pada kayu dilakukan dengan meresapkan obat antihama ke dalam material tersebut. Di sini dapat kita lihat terdapat perbedaan jelas antara proteksi yang diberikan dibanding proteksi yang diberikan metode lainnya seperti perawatan secara berkala. Dalam treatment pengawetan, kita membuat kayu tidak disukai bahkan beracun bagi hama. Bisa dibilang, treatment pengawetan merupakan metode paling efektif dalam menyediakan kayu-kayu yang antihama.

Cara Mengawetkan Lantai Kayu Outdoor

Treatment pengawetan dilakukan sejak sebelum kayu diolah menjadi lantai kayu. Caranya bisa dilakukan dalam banyak varian, dua di antaranya adalah:

  1. Merendam kayu dalam larutan obat pengawet seperti BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide
  2. Mengolesi kayu dengan larutan obat pengawet seperti BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide

Manakah cara paling efektif? Keefektifan proses pengawetan secara umum dapat ditentukan dari kedalaman peresapan obat pengawet dan kemerataannya pada substrat kayu.Tentu saja kualitas obat pengawet juga memberikan pengaruh besar. Sebab bahan inilah yang secara langsung akan membuat kayu menjadi tak disukai hama. Namun harus diperhatikan juga bagaimana dampak obat pengawet tersebut pada kesehatan keluarga.

Hindarilah obat yang tingkat toksisitasnya tinggi pada manusia. Gunakan obat yang relatif aman seperti BioCide. Menggunakan zat aktif yang tak begitu reaktif di kulit manusia, BioCide adalah bahan pengawet kayu yang cocok untuk kehidupan keluarga yang sehat.

alterntif text
lantai decking bagus
Lantai decking bagus dengan BioCide!
Mengawetkan Lantai Kayu Outdoor

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply