Mengenal Kayu Gaharu Asli Indonesia yang Bernilai Jual Tinggi

Jumlah hasil hutan di Indonesia melimpah dan subur seiring dengan terbentang luas lahan hutannya. Salah satu hasil hutan yang punya harga jual tinggi adalah kayu gaharu asli Indonesia. Di antara banyaknya hasil hutan Indonesia, gaharu memiliki nilai jual yang tinggi dan banyak digemari.

Mengenal Kayu Gaharu

Kayu Gaharu log

Anda pasti sudah sering mendengar mengenai kayu gaharu. Namun sudahkah Anda mengetahui seperti apa karakter maupun ciri fisik dari kayu ini? Mengingat harga jualnya yang tinggi dan peminat yang banyak. Tidak sedikit pula pihak-pihak yang berusaha menipu dengan menjual kayu gaharu palsu.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, perlu tahu seperti apa karakter kayu gaharu yang asli.

Gaharu merupakan tanaman asli Indonesia yang banyak tumbuh di hutan Asia Tenggara. Tanaman ini termasuk dalam family thymelaeceae dengan nama latin aqualaria malaccensis. Pada umumnya, pohon gaharu dapat mencapai tinggi hingga 40 meter dengan diameter maksimal 60 cm.

Yang menjadi keunikan serta alasan kenapa harga kayu gaharu mahal adalah karena adanya getah wangi. Getah wangi tersebut membuat kayu gaharu memiliki aroma khas hingga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan parfum.

Namun, aroma wangi dari kayu gaharu hanya dapat muncul jika telah terjadi infeksi jamur yang prosesnya juga terjadi secara alami. Selain parfum, kayu ini juga dapat diandalkan untuk digunakan pada industri wewangian lainnya sebagai sumber aroma.

Kayu Gaharu Asli Indonesia yang Berkualitas

Alasan dari tingginya harga jual gaharu dikarenakan kualitasnya yang selalu bisa diandalkan. Berikut adalah beberapa alasan yang membuktikan gaharu merupakan kayu yang berkualitas:

1.  Punya bobot yang berat dan keras

Kayu gaharu memiliki bobot yang berat. Semakin berat kandungan getahnya, maka semakin berat pula batang pohonnya. Gaharu juga memiliki tekstur yang keras. Dengan kualitas ini, tentu menjadi nilai tambah yang membuat gaharu semakin diminati.

2.   Memiliki aroma wangi

Aroma gaharu menjadi daya tarik utama yang membuatnya terus diburu. Berasal dari getah yang telah diinfeksi secara alami oleh jamur, gaharu memiliki ciri khas berupa aroma yang wangi.

Wangi khas kayu ini banyak digunakan untuk memproduksi wewangian. Parfum adalah salah satu hasil produk utamanya. Selain itu, sering pula digunakan untuk aroma terapi.

3.  Antiserangga

Aroma khas gaharu yang disukai manusia tidak disukai oleh hewan. Hal tersebut dapat membantu menjaga kualitas kayu gaharu agar terbebas dari serangan serangga.

Rayap maupun serangga lainnya yang kerap menjadi hama perusak kayu tidak akan betah mencium aroma kayu termahal di dunia ini. Oleh karena itu, gaharu juga menjadi kayu yang antiserangga.

4.  Tahan cuaca

Gaharu merupakan salah satu jenis kayu keras yang memiliki ketahanan cukup baik terhadap perubahan cuaca. Tidak semua kayu memiliki kemampuan ini, bahkan beberapa di antaranya cenderung mudah retak dan rusak karena pengaruh cuaca.

Teriknya sinar matahari dan kelembaban karena hujan irak akan membuat kayu asli Indonesia terpengaruh. Hal ini pula yang menjadi penyebab mahalnya harga kayu gaharu. Keawetan dari kayu gaharu ini membuatnya dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Manfaat Kayu Gaharu

selain ditemukan di hutan, kayu gaharu ternyata bisa dibudidayakan
Budidaya pohon gaharu

Dari banyaknya keunggulan yang dimiliki, tak heran jika kayu ini dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang. Berikut adalah beberapa manfaat dari kayu gaharu.

1.  Bahan baku wewangian

Getah yang dimiliki gaharu menjadi penyebab aroma wangi yang dimilikinya. Getah tersebut banyak dimanfaatkan untuk bahan baku wewangian seperti parfum dan aroma terapi.

2.  Bermanfaat untuk kesehatan

Gaharu juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Daunnya dapat direbus untuk dijadikan minuman herbal yaitu teh gaharu. Teh dari daun gaharu memiliki khasiat untuk mengatasi beberapa penyakit berikut ini.

  • Ginjal
  • Kanker prostat
  • Asma
  • Diabetes, dan berbagai penyakit lainnya

Khasiat tersebut didapat dari adanya hirudin yang banyak terkandung di dalam kayu gaharu. Zat tersebut dapat membantu memperlancar aliran darah khususnya pada area alat vital manusia.

Kayu gaharu juga dapat diolah menjadi kopi yang memiliki banyak manfaat, misalnya membantu meningkatkan stamina, mengatasi gangguan tidur, dan membantu meningkatkan kecerdasan.

Bahan baku furniture mewah

furniture kayu gaharu yang eksotis karena warna hitamnya yang keren
Furniture kursi dari kayu gaharu

Furniture yang mengandalkan gaharu sebagai materialnya tentu saja akan menjadi furniture yang mewah dan berkelas. Mengingat harga kayu gaharu saja sudah sangat tinggi, tentunya mebel yang dihasilkan akan bernilai jual lebih tinggi lagi.

Dengan segala kualitas yang dimiliki, furniture gaharu bahkan dapat memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan furniture dari bahan kayu jati. Karena secara kualitas, kayu gaharu lebih unggul daripada kayu jati.

Meskipun memiliki keunggulan lebih bahkan dari furniture jati, furniture berbahan dasar kayu gaharu memang sulit ditemukan. Mengingat ketersediaan gaharu dengan kualitas terbaik memang sangat terbatas dan dibanderol dengan harga tinggi.

Leave a Comment