Mengenal Kayu Sengon Laut atau Jeungjing

Kayu sengon laut merupakan salah satu kayu komoditas yang banyak diperdagangkan di Indonesia. Yuk, cari tahu seperti apa kayu ini dan bagaimana cara meningkatkan kualitasnya!

Pohon Sengon Laut

Selain sengon, di Indonesia juga dikenal pohon sengon laut lho. Pohon ini tergolong dalam famili fabaceae dan sebagaimana sengon, memberikan tambahan opsi kayu alternatif yang harganya lebih terjangkau.

Pohon ini bisa tumbuh sampai 40 meter dengan kecepatan yang mengagumkan. Beberapa bahkan mengklaim bahwa pohon ini memiliki kecepatan tumbuh sangat cepat.

Dilihat dari asalnya, spesies tanaman ini berasal dari daerah Papua sampai kepulauan Solomon. Pada masa penjajahan, tanaman ini mulai diperkenalkan di Jawa dan menyebar banyak terutama di Jawa Barat. Masyarakat sekitar menggunakan pohon ini untuk berbagai kebutuhan. Kayu sengon laut atau jeunjing adalah salah satu komoditas berharga yang bisa dimanfaatkan dari kayu ini.

Klasifkasi Ilmiah Sengon Laut atau Jeungjing

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Subfamili: Mimosoideae
Genus: Paraserianthes
Spesies: Paraserianthes falcataria

Karakter Kayu Sengon Laut

Sebagaimana yang disebut di atas, sengon laut menawarkan kayu yang bisa dijadikan komoditas di industri woodworking. Hal ini pun didukung dengan karakter kayu yang memang mengakomodir hal tersebut. Berikut ini poin-poin penting yang perlu diketahui terkait sifat kayu jeungjing.

  1. Tampilan: Kayu teras berwarna mirip dibanding kayu gubal. Kedua bagian memiliki warna terang, yakni coklat muda dan bahkan hampir putih.
  2. Permukaan kayu mengkilap, ketika diraba licin atau hampir licin.
  3. Tekstur kayu agak kasar.
  4. Memiliki bau khas seperti petai (yang bisa dipahami mengingat tanaman ini tergolong polong-polongan)
  5. Bobot kayu ringan, berat jenis hanya 0,33
  6. Bukan kayu yang kuat. Termasuk dalam kelas kuat IV dan V.
  7. Bukan kayu awet, masuk dalam kayu kelas awet IV dan V.
  8. Umumnya mudah dikeringkan
  9. Mudah dikerjakan

Di pasaran kayu ini menjadi alternatif kayu yang harganya murah. Banyak pengrajin mebel yang memakai jeunjing untuk memangkas budget produksi sehingga bisa menghasilkan produk yang harganya lebih terjangkau.

alterntif text

Guna atau Manfaat Kayu Jeujing

Kayu ini telah lama dimanfaatkan manusia. Kita bisa menemukannya sebagai material untuk:

  1. Pembuatan berbagai jenis furniture atau mebel
  2. Pembuatan aneka produk kerajinan terutama di tempat asal kayu tersebut
  3. Pembuatan berbagai perabot dan juga pegangan
  4. Pembuatan home decor
  5. Elemen bangunan. Penggunaan jeunjing sebagai kayu bangunan banyak ditemukan di Jawa Barat
  6. Digunakan sebagai veneer
  7. Dijadikan bubur kertas atau pulp
  8. Di Maluku secara tradisional kayu ini dipakai untuk membuat perisai
  9. Digunakan untuk membuat korek api

Sengon laut atau jeungjing menawarkan kelebihan sekaligus kekurangan di industri woodworking. Seyogyanya, pelaku usaha bisa memaksimalkan kelebihan kayu ini sambil mengatasi kekurangannya. Misalnya saja dari segi ketahanan kayu yang kurang.

Meningkatkan Masa Pakai Sengon Laut dengan BioCide

Ketidakawetan kayu sengon laut memang patut disayangkan. Tapi ketahuilah, bahwa kekurangan tersebut sangat mudah diatasi di era modern seperti sekarang ini. Berbagai tahapan woodworking mampu meningkatkan kualitas ketahanan kayu sengon laut. Yang utama tentu aplikasi pengawetan atau wood preservation treatment.

Proses pengawetan bertujuan supaya usia atau masa guna kayu meningkat. Peningkatan masa pakai ini dilakukan dengan melindungi kayu dari hama sebab hamalah yang memang biasa menyebabkan usia pakai kayu menjadi pendek. Lihat saja hama seperti jamur dan serangga yang dapat menyebabkan kerusakan pada kayu. Bandingkan kayu dan bahan sintetis seperti plastik dan logam yang usianya lebih panjang karena tidak dimakan hama!

Pengawetan kayu bisa meningkatkan masa pakai kayu berkali lipat dari usia kayu normalnya. Namun, syarat pengawetan yang baik harus dipenuhi. Salah satunya tentu dengan memilih obat pengawet yang tepat. Ya, dalam proses pengawetan memang digunakan obat khusus yang diresapkan ke dalam kayu. Obat bersifat toksik pada hama sehingga hama kayu tak akan mampu merusak kayu.

Di pasaran, terdapat beragam jenis bahan pengawet. Namun produk pengawet kayu sengon laut yang terbaik adalah Biocide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah satu dari 3 seri produk BioCide antihama. BioCide Insecticide bisa mengubah kayu yang tidak tahan rayap dan teter (bubukan) menjadi kayu yang tahan rayap dan teter. Penggunaan insektisida ini akan mampu menyulap ketahanan sengon laut serupa ketahanan kayu kelas 1 seperti jati dan kayu ulin.

Keunggulan BioCide Insecticide

  1. Memberikan perlindungan yang menyeluruh, sebab daya racun BioCide Insecticide berlaku pada kebanyakan hama serangga mulai dari rayap, teter (kumbang bubuk), sampai kutu.
  2. Tahan lama dalam substrat kayu, jadi perlindungan yang diberikan lebih lama.
  3. Tidak mudah larut, sehingga tidak mencemari zat lain sembari tetap melindungi kayu.
  4. Mudah dan fleksibel digunakan. Produk ini bisa digunakan dalam berbagai metode pengawetan.
  5. Cypermethrin sebagai zat aktif yang dipakai masuk dalam zat insecticide yang diperbolehkan di lembaga kredibel seperti ECHA.
  6. Kemasan hemat, penggunaan juga hemat.
  7. Harga yang lebih ekonomis dan terjangkau, bisa digunakan oleh pelaku usaha woodworking skala besar maupun skala kecil.

Berapa Harga BioCide Insecticide?

Sebagaimana disebut di atas, salah satu kelebihan utama BioCide Insecticide terletak pada harganya. Selain hemat dan juga diformulasikan dalam konsentrasi tinggi, produk ini pun bisa Anda beli dengan harga terjangkau. Terdapat kemasan ekonomis yang dapat Anda beli dengan harga Rp. 115.000,-. Harga sewaktu-waktu bisa berubah ya. Silahkan kontak CS kami untuk informasi harga yang lebih update.

Ayo Beli BioCide Insecticide!

BIOCIDE INSECTICIDE

Sangat banyak bukan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh BioCide Insecticide? Makanya, ayo segera belanja produk ini. Kami juga siap bekerja sama dengan Anda selaku pelaku usaha untuk keuntungan bersama yang besar lho. Produk kami bisa didapatkan di Bio Service Point. Di Bio Service Point yang menyediakan berbagai bahan pengolahan kayu tersebut, Anda bisa membeli langsung dan berkonsultasi pada Customer Servic dan teknisi kami yang berpengalaman.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli dengan cara online, opsi untuk melakukannya pun ada. Anda bisa belanja produk kami di toko daring seperti Shopee, Bukalapak, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian langsung di antiserangga.com. Prosedur pembelian di sini sangat cepat dan transparan. CS kami juga akan senantiasa memandu Anda dengan profesional dan menyenangkan. Yuk, segera beli BioCide Insecticide.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Sekali lagi, kayu sengon laut merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan. Kayu ini pun sudah lama masuk dalam daftar kayu komersil di Indonesia. Namun dalam pemanfaatannya kayu ini memang perlu upgrading atau peningkatan kualitas dari segi ketahanan. Sebagaimana mayoritas kayu di Indonesia, sengon laut tidak memiliki proteksi yang baik terhadap serangan hama. Oleh karenanya, jangan lupa untuk selalu menggunakan BioCide Insecticide.

Mengenal Kayu Sengon Laut atau Jeungjing

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply