Kayu Rosewood : Menarik, Wangi, tapi Tak Tahan Kumbang Bubuk

Kayu rosewood adalah salah satu jenis kayu yang dijual dengan harga mahal di dunia. Penyebabnya? Ada beberapa faktor.

Ada sangat banyak jenis kayu komersil di dunia. Acap kali, kayu-kayu tersebut dikelompokkan menurut karakteristik khusus. Misalnya, pengelompokkan kayu berdasarkan densitasnya yang membagi kayu menjadi hardwood dan softwood. Selain itu, ada pula pengelompokkan kayu keras menjadi iron wood, dan kayu hitam dalam kelompok ebony.

Rosewood pun adalah pengelompokkan kayu menurut ciri fisiknya. Yang dimaksud kayu ini adalah kayu dari genus Dalbergia yang wangi (atau berbau khas) dengan warna coklat hingga kemerahan yang terhiasi dengan garis-garis gelap.

Ada beberapa jenis rosewood, antara lain:

  1. Dalbergia nigra atau Brazilian rosewood. Kayu inilah varian rosewood yang paling populer di Amerika.
  2. Dalbergia latifolia. Tipe ini tersebar di berbagai negara di Asia dan merupakan tanaman asli India dan Pakistan. Di Indonesia, D. latifolia diberi nama sonokeling.
  3. D. maritima. Spesies ini adalah yang paling mahal dibanding kayu rosewood kebanyakan. D. maritima memiliki warna merah yang menawan. Spesies ini berasal dari Madagaskar.

Karakteristik dan Ciri Khas Kayu Rosewood

  1. Tampilan mengkilap dengan serat yang kasar.
  2. Bau kayu yang wangi dan khas. Sayangnya, bau ini bisa memudar ketika kayu diolah dengan bahan yang salah.
  3. Terdapat perbedaan atau kontras antara gubal dengan teras. Gubal berwarna torang dari kekuningan sampai coklat muda. Sedangkan terasnya berwarna coklat tua hingga kemerahan.
  4. Secara umum, merupakan kayu yang mudah dikerjakan, baik menggunakan alat ataupun secara manual.
  5. Kayu teras sulit diwarnai.
  6. Kepadatan kayu 593kg/m3
  7. Ketahanan yang baik terhadap rayap
  8. Ketahanan yang buruk terhadap kumbang bubuk
kayu rosewood

Pendayagunaan Kayu Rosewood

Rosewood, dengan persebarannya di berbagai belahan dunia, telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Kayu ini, pun sudah sering diterapkan untuk membuat:

  1. Berbagai jenis furniture, mulai dari meja, kabinet, sampai meja rias
  2. Hiasan dinding
  3. Alat musik seperti piano dan juga gitar
  4. Berbagai jenis kerajinan
  5. Rangka bangunan terutaam untuk memberikan kesan mewah
  6. Elemen bangunan seperti lantai, pintu, dan juga dinding
  7. Pegangan untuk berbagai jenis perabot, termasuk perabot rumah tangga

Tahan Rayap Tapi Tak Tahan Kumbang Bubuk

Salah satu kelebihan utama rosewood di luar tampilan dan wanginya yang menarik, terletak pada sifatnya yang tahan termite alias rayap. Artinya, kayu ini bisa digunakan pada kondisi kontak dengan tanah. Kita pun tak perlu khawatir menghabiskan banyak uang saat membeli produk rosewood karena ketahanannya pada rayap bisa diandalkan.

Hanya saja, perlu diingat bahwa ketahanan pada rayap bukan satu-satunya faktor penentu masa pakai kayu. Rosewood pun meski tahan terhadap serangan rayap tapi ternyata tidak tahan terhadap wood marine borer atau kumbang bubuk laut (biasa ditemukan di kapal-kapal).

Padahal, ketahanan pada wood marine borer sangat krusial. Makanya perlu dilakukan antisipasi dengan menerapkan treatment pengawetan untuk kayu ini.

68.207a, b

Mengawetkan Kayu Rosewood untuk Meningkatkan Keawetannya

Ketahanan rosewood pada rayap memang patut diacungi jempol sebagaimana disebut di atas. Namun ketahanannya pada marine wood borer begitu memprihatinkan. Makanya, kayu ini tetap perlu diawetkan. Apalagi ketika Anda ingin mengekspor produk rosewood. Apa jadinya produk tersebut bila tidak diawetkan ketika dikirim lewat kargo kapal?

Pengawetan adalah usaha meningkatkan masa pakai kayu dengan menginjeksikan atau meresapkan zat pengawet tertentu. Karena rosewood tidak tahan kumbang pengebor, maka kita bisa mengawetkannya dengan insektisida anti kumbang bubuk. Dan untuk keperluan ini, BioCide Insecticide bisa Anda andalkan.

alterntif text

BioCide adalah insektisida berbasis cypermethrin 100 EC water based. Unggul dalam hal retensi, penetrasi, dan juga efek sampingnya, insektisida ini juga akan melindungi kayu pada hampir semua insekta destruktif lho.

Metode-metode Pengawetan dengan BioCide Insecticide

Ada berbagai metode yang bisa diterapkan saat melakukan pengawetan kayu rosewood menggunakan BioCide Insecticide. Salah satu yang paling mudah adalah penguasan. Misalnya, Anda baru saja membeli potongan rosewood. Sebelum mengolahnya, Anda ingin mengawetkannya. Dan Anda juga sudah membeli BioCide Insecticide. Lantas, bagaimana cara mengawetkan kayu tersebut dengan BioCide?

BIOCIDE INSECTICIDE

Pertama, larutkan BioCide ke dalam wadah khusus dengan air. Rasionya bisa And abaca pada kemasan produk (rasio bisa berbeda tiap kemasan). Setelah itu, pastikan larutan tercampur dengan merata. Nah, Anda pun tinggal menguaskan saja larutan tersebut pada kayu rosewood sebelum difinish.

Cara yang sangat mudah, bukan? Selain cara ini, ada juga beberapa cara lain, baik yang lebih sulit atau yang lebih sederhana. Misalnya metode perendaman, vakum tekan, hingga spraying.

Tapi ingat, apapun cara yang Anda terapkan, Anda wajib menggunakan alat-alat pelindung diri standar seperti saat menggunakan pengawet kayu pada umumnya.

Efek pada Estetika Rosewood

Tahukah Anda bahwa BioCide Insecticide bukan satu-satunya pengawet antiserangga di pasaran? Namun, kami berani menjamin bahwa insektisida kami lebih baik karena efeknya pada estetika kayu rosewood yang sangat baik.

Ambil contoh pengawet solvent based. Pengawet solvent based adalah pengawet yang memanfaatkan pelarut solvent seperti thiner dan spiritus. Pengawet bukan hanya tidak aman digunakan, tapi baunya juga sangat menyengat. Solvent based preservatives pun akan membuat permukaan kayu menjadi sulit dicat.

Harus diakui, bahwa dalam beberapa hal, pengawet berbasis solvent pun bisa bekerja dengan baik. Akan tetapi, efek sampinya pada kayu dari segi estetika dan wangi begitu mengkhawatirkan. Makanya, kami lebih menyarankan penggunaan preservative water based, khususnya BioCide Insecticide.

Kontak dan Pemesanan BioCide Insecticide

Siapa yang tak tertarik dengan insektisida BioCide Insecticide? Makanya segera dapatkan insektisida ini. Pembelian bisa dilakukan secara daring dengan menghubungi Customer Service kami. Atau, Anda juga bisa membeli secara langsung lho di Bio Service Point. Terlalu jauh dari Bio Service Point? Anda bisa menghubungi CS kami untuk informasi agen yang lokasinya paling dekat dengan tempat Anda. Atau, Anda juga bisa membeli via berbagai marketplace yang populer di Indonesia.

Apa Kesimpulannya?

  1. Selama ini kayu sering digolongkan menurut karakteristik khasnya. Ada kayu ebony yang digolongkan menurut warnanya, sampai kayu softwood dan hardwood menurut densitas kayunya. Selain itu, ada pula rosewood yang dibedakan menurut tampilan dan wanginya yang khas.
  2. Kayu rosewood dengan berbagai keunggulannya seringkali masuk jajaran kayu yang harganya mahal di dunia.
  3. Rosewood banyak digunakan untuk membuat alat musik, furniture, permainan seperti catur, hiasan, hingga pintu rumah.
  4. Dari segi keawetan, kayu ini sebetulnya sudah baik. Ketahanannya pada rayap patut diacungi jempol. Namun demikian kayu ini tidak tahan terhadap serangan hama wood marine beetle.
  5. Untuk meningkatkan keawetan rosewood, gunakan selalu pengawet antiserangga BioCide Insecticide.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.

Kayu Rosewood : Menarik, Wangi, tapi Tak Tahan Kumbang Bubuk
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!