Bambu Betung Makin Berkualitas dengan BioCide

Bambu betung punya segudang manfaat! Baca selengkapnya mengenai bambu tersebut di bawah ini. Ssst, kami juga akan bagikan tips mencegah totor pada bambu ini.

Tahukah Anda mengenai bambu betung? Orang jawa biasa menyebut bambu ini sebagai pring petung sedangkan pada masyarakat Gayo, bambu ini biasa disebut sebagai oloh otong. Ya, tiap daerah memang memiliki nama tersendiri untuk bambu ini yang menunjukkan persebarannya relatif luas.

Terkenalnya bambu petung sendiri bukan tanpa alasan. Bila dibandingkan dengan variasi bambu lainnya di seluruh dunia, bambu ini memiliki ukuran yang besar. Bagaimana tidak? Ukuran tengah atau diameternya saja bisa mencapai 20 cm! Maka dari itulah, orang-orang Eropa, utamanya Inggris biasa menyebut bambu ini sebagai giant bamboo.

Potensi Besar Bambu Betung

Karena memiliki ukuran yang besar dengan ketebalan batang yang juga tinggi, pring petung menjadi salah satu spesies bambu yang paling sering dimanfaatkan manusia. Sampai saat ini, bambu ini biasa digunakan untuk:

  1. Digunakan untuk konstruksi bangunan, baik bangunan rumah, gazebo, sampai untuk kandang-kandang ternak.
  2. Digunakan untuk membuat berbagai instrumen musik
  3. Digunakan untuk membuat mebel atau furniture, misalnya untuk membuat almari, kursi, bangku, meja, sampai untuk membuat ranjang.
  4. Digunakan untuk membuat lantai, pagar, dan elemen bangunan lainnya
  5. Digunakan untuk membuat berbagai jenis kerajinan misalnya lampu hias

Potensi bambu betung ini, sayangnya belum dimanfaatkan secara optimal. Industri furniture, konstruksi, sampai kerajinan kita masih banyak fokus pada kayu. Itupun, kayu yang digunakan cenderung monoton dan terlalu mengidolakan jati sehingga menyebabkan supply di pasar tidak imbang.

Kami di Bio Industries tentunya mendukung pemanfaatan lebih lanjut bambu betung. Tapi ingat, sekuat apapun bambu ini, jangan lupa untuk menerapkan treatment pengawetan supaya terhindar dari masalah bambu keropos sampai bambu bubukan.

Masalah Totor atau Bubuk Bambu

Bambu jenis apapun pasti memiliki kekurangan-kekurangan tersendiri. Salah satu kekurangan yang umum ditemui pada bambu adalah ketidaktahanannya terhadap hama. Ya, sebagai material organik, bambu sering menjadi target bagi organisme lain seperti jamur, rayap, hingga bakteri pembusuk. Masalah-masalah ini bukan hanya kerap ditemui oleh industri pengolahan bambu, namun juga masyarakat awam yang memiliki produk berbasis material ini.

alterntif text

Di antara berbagai masalah hama yang menyerang sendiri, kemunculan teter biasanya meninggalkan kesan “tersendiri.” Teter? Anda mungkin mengenal istilah teter dengan istilah yang lain. Di beberapa daerah, teter disebut sebagai totor. Adapun, nama dalma Bahasan Indonesianya adalah kumbang pengebor dan kumbang serbuk. Yang jelas, ciri dari bambu yang terserang teter adalah munculnya serbuk dari lubang kecil pada permukaan bambu. Anda mungkin pernah mendapati sendiri kasus seperti ini.

Secara umum, serangan teter bisa diabaikan untuk penggunaan pribadi. Biasanya, serangan ini akan berhenti setelah beberapa lama. Tapi jangan salah, ada kalanya serangan serangga totor ini bisa menyebabkan kerugian jutaan sampai milyaran rupiah!

Bayangkan begini, Anda memiliki usaha furniture bambu. Anda mendapat pesanan 100 unit bangku bambu dari sebuah restoran terkenal. Tatkala sudah siap mengirim produk terkait, ternyata ditemukan adanya lubang dan totor pada bangku-bangku tersebut! Pihak restoran pun melakukan komplain pada Anda. Jelas Anda mengalami kerugian, bukan? Bangku-bangku itu pun terpaksa dijual dengan harga murah pada pihak lain. Itupun Anda harus menyelesaikan masalah kumbang totor yang sulit sekali diatasi.

Wajib Lakukan Antisipasi

Kemunculan masalah kumbang bubuk bambu ini sudah pasti membutuhkan suatu antisipasi tersendiri. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, misalnya:

  1. Memastikan supply bambunya memang berkualitas. Hindari membeli bambu betung dari supplier yang tidak bertanggung jawab.
  2. Pastikan untuk menjaga kondisi bambu dalam keadaan baik dan terkontrol dari kemungkinan serangan hama. Misalnya, dengan meletakkan di gudang yang tidak lembab selama pengolahan belum dilakukan.
  3. Memastikan keseluruhan proses pengolahan bambu tidak meningkatkan resiko serangan totor.
  4. Penerapan treatment pengawetan pada bambu. Treatment pengawetan akan sangat efektif mencegah hama totor.
  5. Menjaga kondisi produk bambu yang sudah jadi. Ini termasuk memastikan proses pengirimannya juga terkontrol.

Perlakuan Pengawetan untuk Bambu Betung

Di atas, disinggung mengenai diperlukannya treatment pengawetan pada bambu betung. Sebetulnya, seperti apa ya treatment pengawetan itu? Beberapa dari Anda mungkin mempertanyakan hal tersebut.

Perlakuan pengawetan, sebagaimana namanya dimaksudkan agar usia bambu menjadi lebih hama. Caranya dilakukan dengan membuat bambu tahan terhadap hama, yang dalam hal ini tentu saja adalah hama kumbang totor yang membuat bambu bubukan.

BioCide Insecticide Cegah Bambu Betung Bubukan

BIOCIDE INSECTICIDE

Kami punya produk berkhasiat yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kualitas berbagai jenis bambu termasuk varian betung! Produk yang kami sediakan adalah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC.

Selain bisa digunakan untuk mencegah bambu bubukan dan kekeroposan bambu akibat serangan serangga, BioCide Insecticide juga bisa digunakan untuk mencegah beragam jenis hama serangga yang lain lho. Misalnya saja, untuk mencegah rayap, semut, sampai tawon yang bersarang dalam bambu! Sangat menarik, bukan?

Ayo Segera Pesan Obat Pengawet Bambu Betung, BioCide Insecticide

Yuk, segera pesan BioCide Insecticide sekarang juga. Proses pemesanan bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama secara konvensional dan kedua secara daring. Pemesanan secara konvensional bisa dilakukan dengan mengunjungi kami di Bio Service Point, yakni di:

  1. Bio Service Point pusat di Yogyakarta, di Jl. Sidikan No 94 Yogyakarta, DIY. Kontak: telp/Fax : +62274388301.
  2. Bio Service Point cabang di Jepara, di Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Kontak: telp: +62.291.598992
  3. Bio Service Point cabang di Cirebon, di Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Kontak: telp: +62 231 320759.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemesanan daring via WA, telepon, atau email di Email: [email protected] Ingin membeli di toko online? Tentu saja bisa. Sebab kami telah menyediakan BioCide Insecticide di berbagai marketplace populer di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak lagi. Silahkan saja cari produk kami di toko daring langganan Anda.

Nah, itulah yang bisa kami sampaikan mengenai bambu betung. Pada akhirnya, jenis bambu ini memang menjadi salah satu bambu yang punya manfaat tersendiri. Betung bisa dipakai untuk membuat furniture, membuat kerajinan tangan, material lantai, pagar, sampai untuk membuat gazebo.

Tapi ingat, supaya bambu ini memiliki kualitas yang lebih baik, terapkan treatment pengawetan menggunakan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide akan membuat bambu betung terhindar dari masalah bubukan, rayap, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Sekali lagi jangan lupa untuk memesan segera BioCide Insecticide supaya produk bambu betung Anda lebih awet.

Bambu Betung Makin Berkualitas dengan BioCide

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply