Waspada Bahaya Pengawetan Kayu Benzena

pengawetan kayu benzena

Yang dimaksud dengan treatment pengawetan kayu benzena, sebagaimana namanya, ialah proses atau usaha untuk membuat kayu awet dengan bahan aktif benzena. Benzena diandalkan karena senyawa ini memang memiliki cara kerja efektif membasmi hama pada beberapa kasus. Yang disayangkan, proses pengawetan kayu dengan bahan ini cenderung lebih membahayakan dibanding treatment menggunakan produk lain.

Efek Bahaya Pengawetan Kayu Benzena: Sick Building Syndrome?

Penggunaan bahan pengawet kayu mengandung benzena selain dapat berakibat buruk pada berbagai jenis hama, juga memiliki resiko besar pada manusia. Sifat ini merupakan kelemahan utama berbagai produk pengawet mengandung benzena terlepas dari fungsinya yang bagus pada beberapa kasus.

benzena

Bandingkan saja dengan bahan pengawet yang memiliki bahan relatif aman pada manusia seperti permethrin dan turunannya. Obat pengawet dengan zat aktif cypermethrin, yakni Insecticide 100 EC memiliki cara kerja efektif mencegah hama tapi sifat beracunnya tersebut berkurang drastis pada manusia. Sebab, cypermethrin tidak begitu reaktif di kulit manusia. Meski demikian, penggunaan alat-alat pelindung tetap saja sangat disarankan.

Menurut cancer.org, benzena pada berbagai produk terbukti dapat meningkatkan resiko serangan kanker untuk paparan jangka panjang, terutama kanker darah putih atau leukimia. Sedangkan efek jangka pendeknya antara lain iritasi mata dan kulit, pusing, hingga sesak nafas.

Sifat benzena yang mudah menguap di suhu ruangan juga membuat efek bahan pengawetan kayu benzena makin mengkhawatirkan. Saat diaplikasikan, para pekerja harus ekstra hati-hati agar tidak terkena dampak membahayakan senyawa ini.

alterntif text

Pada kayu yang akan digunakan sebagai konstruksi bangunan atau mebel dan telah diawetkan dengan obat mengandung benzena, kita juga harus mewaspadai gejala sick building syndrome. Sick Building Syndrome adalah istilah yang merujuk pada penurunan kualitas kesehatan akibat polusi udara dalam ruangan.

Di antara penyebab polusi udara dalam bangunan tersebut adalah penggunaan obat pengawetan kayu benzene pada mebel atau kayu konstruksi yang digunakan. Hal ini jelas akan menurunkan kualitas waktu yang dihabiskan di dalam rumah. Fungsi bangunan sebagai tempat berlindung raib begitu saja akibat salah memilih obat pengawet kayu.

Waspada Bahaya Pengawetan Kayu Benzena

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply