Mengenal Rayap Subterranean Lebih Dekat

0
995
jenis-rayap-subteran

Nama Latin

Ada beberapa spesies rayap subterranean. Tiga di antaranya adalah Reticulitermes spp., Coptotermes spp. and Heterotermes spp.rayap-subterran

Ciri Khas

Penampakan

Secara umum, rayap bisa dibedakan menjadi beberapa kelompok. Tiga di antaranya adalah rayap kayu lembab, rayak kayu kering, dan barulah rayap subterranean. Bagaimana cara membedakan rayap subteran dibanding rayap lainnya? Salah satu cara paling mudah dilakukan ialah mengamati bentuk tentaranya, sayapnya, kasta yang tidak reproduktifnya, dan ciri fisik yang lain. Kerusakan yang ditimbulkan pada kayu pun bisa jadi indikator tersendiri.

Kasta pada jenis rayap ini bisa dibedakan menjadi tiga, pekerja, tentara, dan kelompok reproduktif. Pekerja biasanya memiliki panjang 6 mm, berwarna terang, dan tak punya sayap. Tentara memiliki kepala yang memanjang dengan mandibula dan warna putih pada tubuh namun kecoklatan di kepalanya. Sedangkan kelompok reproduktifnya memiliki warna lebih gelap dengan dua buah sayap.

Letak Sarang

Sarang rayap subterranean biasa ditemukan di tempat-tempat bawah tanah. Kadangkala, sarangnya memang ada di atas permukaan tanah. Tetapi hal itu hanya terjadi pada kondisi di mana bagian tersebut memiliki kelembaban yang tinggi.

Perilaku

CS Anti Serangga

Sepertihalnya rayap yang lain, sumber energi rayap ini berasal dari zat-zat dengan kandungan selulosa tinggi seperti kayu. Cara hidupnya berkoloni di bawah tanah di mana para pekerja membangun terowongan-terowongan.

Tanda Serangan Rayap Subterranean

Infestasi atau serangan rayap subterranean bisa ditandai dengan beberapa ciri. Yang pertama, pada area di mana kelembaban udara tinggi dengan suhu yang hangat, kewaspadaan akan ciri tersebut sebaiknya ditingkatkan.

Sehabis hujan, perhatikan apakah ada “laron” atau rayap bersayap yang keluar. Laron sebenarnya ialah fase reproduktif yang siap kawin. Tetapi, kemunculan laron ini memang tidak terjadi pada waktu-waktu biasa. Koloni subteran biasanya hanya menghasilkan rayap reproduktif yang siap kawin selama 3 hingga 5 tahun. Perhatikan area di sekitar rumah Anda. Bila ada bekas sayap rayap, maka kemungkinan ada rayap subterranean yang bersarang di sekitar rumah. Namun umumnya, kemunculan laron ini sangat mudah dikenali karena dilakukan dalam jumlah banyak.

CS Anti Serangga
SHARE

Leave a Reply