Mengenal Serat Kenaf atau Jute Jawa

0
57
serat kenaf

Apa itu serat kenaf? Dan bagaimana cara mengolah serat ini supaya kualitasnya meningkat?

Selain kayu, alam telah menghadirkan berbagai material yang bisa dimanfaatkan manusia. Kita mengenal beragam produk seperti natural fiber yang tak kalah fungsinya dari kayu dan bambu. Natural fiber bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pembuatan pakaian, pembuatan tas, pembuatan aksesori, dan masih banyak lagi.

Salah satu di antara natural fiber yang dikenal adalah serat kenaf atau kadang disebut jute jawa. Yuk, bahas bersama seperti apa serat ini dan apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan darinya.

Sekilas Tanaman Kenaf atau Jute Jawa

Yute jawa adalah tumbuhan yang diduga berasal dari Afrika meski kemudian menyebar di berbagai belahan dunia. Tanaman ini berupa tanaman semak yang tumbuh setahun. Tinggi tanaman rata-rata sekitar 3 meter, tak memiliki cabang, berduri tempel, dan biasanya gundul. Kenaf memiliki batang silindris yang pipih dan keseluruhan bagian batangnya hijau atau hijau beraksen merah dan ungu. Daun tanaman ini terletak dengan pengaturan berseling. Bunga memiliki ukuran pendek dengan warna kuning. Ketika dibuahi, bunga akan menghasillkan biji runcin berwarna keabuan atau coklat kehitaman dengan titik kuning terang.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Jute Jawa

  1. Kingdom: Plantae
  2. Ordo: Malvales
  3. Famili: Malvaceae
  4. Upafamilia: Malvoideae
  5. Genus: Hibiscus
  6. Spesies: Hibiscus cannabinus

Karakteristik Serat Kenaf dan Pemanfaatannya

Secara umum, tanaman yang memiliki nama lain rami jawa ini mampu menghasilkan serat yang kuat dan mengikat, meski terkesan lemas. Serat kenaf juga dikenal sebagai salah satu serat yang memiliki kualitas baik di dunia. Sampai saat ini, jute jawa sering dipakai untuk:

  1. Pembuatan tali temali
  2. Pembuatan pakaian
  3. Pembuatan kertas
  4. Pembuatan kayu rekayasa
  5. Digunakan untuk insulasi bangunan
  6. Sebagai campuran media tanam
  7. Mulsa
  8. Sebagai bahan untuk pengemasan
  9. Digunakan untuk pakan ternak
  10. Digunakan untuk pembuatan bahan pintu mobil (di Amerika Serikat untuk mobil Ford).
  11. Digunakan untuk pembuatan fiber board
  12. Pembuatan karpet
  13. Pembuatan aneka jenis kerajinan tangan
serat kenaf

Perlu Peningkatan Keawetan untuk Pengolahan Serat Kenaf

Memiliki beragam manfaat membuat rami jawa dibudidayakan sejak zaman Hindia Belanda. Sampai hari inipun, budidaya tanaman ini masih dilanjutkan dengan Balittas yang mampu menghasilkan beberapa varietas unggul kenaf dengan nilai ekonomi lebih menggiurkan.

Tapi tentu saja pemanfaatan lebih lanjut serat ini tidak bisa hanya mengandalkan bibit unggul saja. Selain tanamannya yang perlu dibuat berkualitas, pengelolaan serat ini pun harus ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan memastikan serat ini tidak dirusak hama selama proses pengolahan dan tetap awet ketika sudah berada di tangan konsumen.

Ingat, bagaimanapun juga, kenaf adalah bahan alami yang mengandung sangat banyak zat selulosa. Bahan organik selalu menarik bagi beragam jenis hama mulai dari jamur sampai rayap. Kondisi ini perlu perhatian khusus supaya proses pengolahan serat rami jawa berjalan dengan lancar dan usia produknya lebih awet (karena tidak dimakan hama).
Nah, untuk kebutuhan ini, kami di antiserangga.com menyediakan BioCide Insecticide yang bisa Anda gunakan. BioCide Insecticide adalah insektisida pengawetan kayu, bambu, dan serat alam yang bisa diandalkan untuk mencegah kerusakan akibat:

kutu pada serat alam
  • Serangan berbagai jenis kutu
  • Serangan rayap
  • Serangan semut
  • Serangan kumbang bubuk
  • Serangan berbagai serangga perusak lainnya

BioCide telah lama diandalkan pelaku usaha berbasis natural fiber yang lain seperti eceng gondok dan juga rotan. Dalam penggunaannya, Anda cukup mencelupkan saja serat rami jawa Anda agar terjadi peresapan.

Ini Dia Berbagai Keunggulan BioCide Insecticide

Insektisida BioCide Insecticide kami sarankan sebagai pengawet serat kenaf karena memang memiliki banyak keunggulan. Pertama, insektisida ini adalah insektisida dengan pelarut air. Sebagai insektisida dengan pelarut air, produk ini memiliki keunggulan khas water based preservative. Di antaranya adalah sifatnya yang tidak menyebabkan bahan sukar dicat. Sebab sebagaimana yang kita tahu, oil based preservative hampir selalu membuat media sulit atau malah sama sekali tidak bisa dicat. Penggunaan air sebagai pelarut juga akan membuat Anda lebih hemat saat menggunakan produk ini. Selain itu, penggunaan air juga lebih aman digunakan, sebab pencemarannya tidak parah seperti solvent based preservative. Tingkat keamanan ini begitu krusial karena di zaman modern seperti sekarang, diperlukan kesadaran lebih tinggi untuk tidak merusak alam kita sendiri.

Bagaimana hasil pengawetan BioCide Insecticide apabila dibandingkan dengan hasil pengawetan produk yang lain? Jawabannya, penggunaan BioCide teruji lebih efektif memperpanjang usia pakai media. Penetrasi dan retensi produk ini sangat baik. Penetrasi merujuk pada resapan BioCide ke dalam bahan serat kenaf. Dengan formula yang dibuat khusus, BioCide menjadi lebih mudah meresap dalam pada substrat kaya selulosa. Sedangkan retensi mengacu pada sifat zat yang tidak mudah luntur. Jadi, BioCide akan bisa bertahan lama sehingga perlindungan yang diberikan juga lebih lama. Usia pakai produk pun dengan demikian akan meningkat signifikan dibanding pengawetan dengan bahan pengawet yang lain yang beredar di pasaran.

BIOCIDE INSECTICIDE

Cara Membeli BioCide Insecticide

BioCide Insecticide bisa dibeli dengan mudah lho! Anda bisa membeli produk ini dengan cara memesannya secara online sebagai berikut.

  1. Hubungi dulu Customer Service kami. Kontak CS kami tercantum dalam website ini.
  2. Diskusikan dengan CS kami untuk pemesanan produk, termasuk mengenai kurir pengiriman yang Anda kehendaki
  3. Kirimkan pembayaran sesuai keterangan dan hasil kesepakatan dengan CS kami. Setelah itu, kirim bukti pengirimannya pada kami (bukti transfer).
  4. Tunggu Customer Service kami memroses pesanan Anda.
  5. Kami akan segera memberikan nomor resi pengiriman setelah produk kami serahkan ke kurir. Anda tinggal menunggu produk BioCide sampai di alamat yang Anda kehendaki. Kami juga akan ikut memantau proses pengiriman produk Anda.

Mudah bukan? Pembelian secara online juga akan menghemat tenaga serta waktu Anda.

Anda juga bisa membeli produk kami secara langsung lho. Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa bertandang ke Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Dengan membeli produk ini secara langsung, Anda bisa berjumpa dan mendiskusikan langsung kebutuhan Anda dengan Customer Service kami. Anda juga bisa mengenok berbagai produk pengecatan kami lho sebab di Bio Service Point juga tersedia sangat banyak produk cat water based ramah lingkungan sampai semir kayu dari lilin lebah yang bagus.

Nah, kiranya itu yang bisa kami bagikan mengenai serat kenaf yang juga disebut sebagai serat yute jawa ini. Pada akhirnya, kenaf merupakan satu di antara sekian banyak natural fiber yang memiliki banyak manfaat. Oleh sebab itu, dalam pengelolahannya, standar kualitas yang tinggi perlu diterapkan. Salah satunya dengan mengaplikasikan pengawet antiserangga terbaik, yakni BioCide Insecticide.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

SHARE

Leave a Reply