Panduan Lengkap Mengusir Rayap di Tembok dan Kayu

Siapa bilang mengusir rayap sulit dilakukan? Dengan cara yang tepat, Anda bisa mengatasinya dengan mudah.

Rayap memang sering membuat pusing. Meski ukurannya kecil dan tubuhnya sangat lunak, namun keberadaannya bisa merusak satu rumah besar.

Sebelum kerusakan terjadi lebih lanjut, antisipasi jelas perlu dilakukan. Sering, pembasmian hama ini terkendala oleh lokasi sarang yang sulit dijangkau.

Nah, bagi Anda yang sedang bingung, yuk simak panduan dari kami di bawah ini.

5 Cara Mengusir Rayap Sesuai Kebutuhan

1. Pembasmian Rayap di Lantai

  • Metode yang disarankan: Aplikasi langsung, injeksi
  • Tingkat kesulitan: Moderat
  • Frekuensi: sering

Serangan rayap di lantai adalah salah satu jenis serangan yang paling umum ditemukan. Sebabnya, kebanyakan rayap di Indonesia tergolong sebagai rayap subterranean yang hidup dan bersarang di bawah tanah.

Tanda-tanda serangan yang cukup mudah dilihat adalah adanya gundukan yang muncul secara berkala. Bila Anda menggunakan lantai keramik, gundukan ini serin muncul di garis pembatas antar keramik yang satu dengan lainnya. Bila Anda menggunakan lantai semen atau kayu, gundukan umumnya muncul di pojok ruangan.

Untuk mengatasi serangan rayap di lantai, Anda bisa melakukan beberapa metode berikut.

  • Injeksi dengan cara menyuntikkan antiserangga ke beberapa titik di area gundukan muncul.
  • Bongkar pasang, di mana lantai dibongkar dulu untuk kemudian dilakukan pembasmian secara menyeluruh

2. Mengusir Rayap di Tembok

  • Metode yang disarankan: Injeksi
  • Tingkat kesulitan: tinggi
  • Frekuensi: jarang

Apabila rayap nyaman di lantai kita atau ia kesulitan mencari tempat yang lain, biasanya akan menyebabkan serangan semakin parah di rumah. Koloni rayap pun dengan demikian tidak sekadar tinggal di dalam tanah namun juga akan naik ke atas hingga ke tembok.

Sering, rayap naik ke tembok untuk sekadar memakan kusen kayu ataupun kusen pintu. Namun apapun itu, perilaku tersebut tentu sangatlah destruktif.

Untuk mengatasinya, bisa dilakukan injeksi di area di mana tembok dirasa dijadikan jalur hama rayap. Setelah itu, penambalan perlu dilakukan untuk menutup lubang yang telah dibuat hama ini.

3. Mengusir Rayap di Halaman Gedung

  • Metode yang disarankan: umpan, aplikasi langsung, hingga pemasangan pipa injeksi
  • Tingkat kesulitan: Moderat
  • Frekuensi: sering

Sebelum masuk ke dalam rumah, biasanya rayap bersarang di halaman terlebih dahulu. Hama tersebut menyukai tempat yang rindang atau mengandung banyak zat organik seperti kotoran hewan, dedaunan, hingga sampah kertas.

Sebetulnya, pengusiran terhadap hama ini harus dilakukan sejak koloni tersebut sampai di halaman. Sebab, pengusiran di halaman secara umum lebih mudah dilakukan dibanding ketika rayap sudah sampai di tembok. Metode yang bisa diambil juga beragam.

Anda bisa menerapkan beberapa cara sebagai berikut:

  • Metode pipa injeksi, di mana di bagian bawah fondasi rumah dan halaman ditanami pipa untuk kemudian dialirkan zat antihama secara berkala
  • Metode umpan, di mana disediakan umpan beracun yang bila dimakan rayap akan membuat koloninya terbasmi
  • Metode tuang langsung, di mana termisida langsung dituangkan di area sarang rayap. Metode ini kadang digunakan pada treatment prakonstruksi.

4. Mencegah Rayap di Industri Furniture

  • Metode yang disarankan: pengawetan kayu
  • Tingkat kesulitan: Moderat
  • Frekuensi: sering

Selain dapat menyerang bangunan, rayap juga bisa menyerang produk-produk kayu. Industri woodworking dan natural fiber pun seringkali mengalami ancaman kerugian gara-gara hama ini.

Oleh sebab itulah, pencegahan harus dilakukan. Ya, sejak sebelum rayap merusak, ia sudah harus diusir terlebih dahulu. Umumnya, metode yang diterapkan adalah metode preservasi.

Sebagaimana namanya, metode ini dilakukan dengan mengawetkan kayu menggunakan antirayap khusus seperti Biocide Insecticide. Kayu-kayu yang akan dibuat furniture direndam atau dikuaskan dengan cairan Biocide Insecticide. Furniture dan produk kayu yang diberi antirayap Biocide Insecticide pada akhirnya akan dihindari rayap karena mengandung bahan toksik untuk serangga itu sendiri.

5. Mencegah Rayap di Produk lainnya

  • Metode yang disarankan: Pencegahan ataupun pembasmian
  • Tingkat kesulitan: Moderat
  • Frekuensi: sering

Selain mengancam industri pengolahan kayu, bambu, dan serat alam, rayap juga cukup merusak pada industri lainnya. Misalnya, industri pertanian, makanan, kain, penyediaan bumbu dapur, dan lain sebagainya.

Menggunakan bahan pengawet untuk semua industri jelas tak bisa selalu diandalkan. Di bidang pertanian, misalnya, aplikasi antirayap masih sangat manjur dan disarankan. Namun untuk makanan, jelas kita tak bisa mengawetkannya dengan menggunakan antirayap secara langsung.

Antirayap bisa digunakan untuk kebutuhan tersebut di gudang, proses pengemasan, dan juga proses distribusi.

Biocide Insecticide Ampuh Usir Rayap

Sebagaimana disebut di atas, produk Biocide Insecticide ini bisa digunakan untuk treatment preservasi kayu. Namun, BioCide juga bisa digunakan untuk mencegah kedatangan hama rayap pada bangunan.

Anda bisa menggunakan produk ini sebagai bahan antiserangga dalam sistem pipa injeksi, pembasmian langsung, dan lain sebagainya. Jadi bagi Anda yang tertarik, bisa menghubungi kami untuk konsultasi.

Leave a Comment