Pengawetan Kayu Balsa: Mengapa Harus Dilakukan?

Salah satu kunci kesuksesan pengolahan kayu balsa terletak pada treatment pengawetan yang dilakukan. Pengawetan kayu balsa menjadi penting sebab selain agar balsa lebih awet, juga agar proses pengolahan material tersebut berjalan lancar. Pasalnya, dengan densitas yang cenderung ringan, kayu ini mudah diserang hama, terutama serangga pinhole. Padahal, adanya cacat yang diakibatkan kumbang pinhole dapat menurunkan harga jual balsa. Hal ini tak lepas dari pasar balsa yang salah satunya didominasi industri pesawat aero modelling.

kumbang pinhole

Kebutuhan kayu sebagai bahan baku pesawat aero modelling dan sejenisnya, jelas tidak akan menoleransi cacat struktural. Adanya lubang-lubang yang diakibatkan kumbang pinhole seperti powderpost beetle jelas akan sangat merugikan industri tersebut. Di sinilah letak pentingnya pengawetan kayu balsa.

Bagaimana Cara Mengawetkan Kayu Balsa?

Sebagaimana proses pengawetan pada umumnya, treatment untuk mengawetkan kayu balsa ditujukan agar bahan pengawet meresap ke dalam kayu. Obat pengawet yang digunakan terdiri dari bahan-bahan yang dapat mencegah hama seperti insektisida dan fungisida.

Metode Pengawetan Kayu Balsa

Metode untuk mengawetkan kayu balsa sendiri beranekaragam dan dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa metode yang bisa diterapkan:

Vakum Tekan

Adalah sistem dimana kayu balsa dimasukkan ke dalam mesin vakum tekan bersama dengan bahan pengawet. Kondisi dibuat vakum, lalu tekanan diatur agar bahan pengawet meresap ke dalam kayu. Meski metode ini adalah yang paling efektif, tapi biayanya sangat mahal.

Perendaman

Metode perendaman dilakukan dengan merendamkan kayu balsa ke dalam larutan insektisida dan fungisida. Treatment ini akan berhasil apabila konsentrasi larutan perendaman dan lama perendamannya tepat.

alterntif text

Pencelupan

Hampir sama seperti metode pengawetan kayu balsa dengan perendaman, pada sistem pencelupan, periode waktunya jauh lebih singkat.

Pengkuasan

Adalah metode mengawetkan kayu balsa dengan cara mengkuaskan larutan pengawet pada substrat tersebut.

Penyemprotan atau Spraying

Metode ini adalah yang paling riskan bagi pekerja dibanding metode lain apabila dilakukan manual. Sebab bahan pengawet tersebar ke udara dan dapat mengenai aplikator treatment tersebut.

Informasi Obat Pengawet Kayu Balsa

Silahkan hubungi kami di +6227-438-8301 atau +6287839346433 dan email [email protected] untuk informasi dan pemesanan kayu balsa.

Pengawetan Kayu Balsa: Mengapa Harus Dilakukan?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply