Sebelum Piano Dirusak Rayap, Lakukan Ini!

Bayangkan Piano dirusak rayap dan itu menimpa alat musik kesayangan Anda! Apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara mencegahnya?

piano-dirusak-rayapPiano Anda boleh jadi memiliki kualitas sangat baik. Namun demikian, bukan berarti Anda bisa memperlakukannya sesuka hati tanpa mengkhawatirkan resiko pada instrumen tersebut. Ingat, bagaimanapun juga komponen utama piano adalah kayu. Dan kayu sangat rentan diserang berbagai organisme seperti rayap.

Serangga koloni itu bukan tak mungkin mentarget piano Anda yang dibiarkan disimpan tanpa perawatan sama sekali. Kerusakan yang mulanya kecil pun akan berkembang menjadi masalah besar. Apalagi, rayap biasanya menyerang dengan intensitas tinggi. Perkembangan serangga ini juga sangat cepat dengan jumlah telur yang dihasilkan setiap harinya.

Tak Boleh Sembarangan Memberi Insektisida

Untuk mengatasi Piano dirusak rayap kita tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Pasalnya, pemberian insektisida dikhawatirkan merusak komponen piano yang lain. Boleh jadi piano sudah bebas dari rayap dengan diobati menggunakan insektisida, tetapi apa gunanya ketika alat musik itu malah tak bisa digunakan?

Ketika piano Anda diserang rayap, salah satu solusi paling memungkinkan yang bisa Anda lakukan ialah membawanya ke jasa reparasi piano. Tetapi pastikanlah jasa tersebut menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk membasmi rayap.

Ketika Piano Dirusak Rayap yang Anda Jual

Insektisida mencegah kayu untuk konstruksi bangunan diserang rayap
BioCide Insecticide untuk mencegah serangan rayap.

Persoalan serangan rayap pada piano tidak selalu bisa diselesaikan dengan mudah seperti yang dijelaskan di atas. Kondisinya tidak selalu demikian. Misalnya ketika kerusakan piano ini terjadi pada skala industri atau pada usaha-usaha jual beli piano. Kerugian sangat besar adalah hal yang terang benderang di depan mata.

Oleh karena itulah, pada usaha-usaha seperti ini sangat penting dilakukan treatment antiserangga pada kayu bahan piano. Intinya, treatment diaplikasikan dengan meresapkan insektisida ke dalam kayu. Harapannya kayu tak akan disukai rayap bahkan toksik pada rayap.

Namun karena piano akan digunakan oleh manusia, sangat penting bagi kita untuk memilih obat antiserangga yang relatif aman. Contohnya obat antiserangga dengan bahan aktif permethrin. Zat aktif permethrin sangat toksik pada serangga seperti rayap namun ditemukan tak begitu reaktif di kulit manusia. Sehingga efek insektisida dengan bahan ini jauh lebih aman, apalagi setelah kayu bahan piano tersebut difinishing dengan lapisan cat.

Leave a Comment