Treatment Anti Rayap Pasca Konstruksi, Tetap Dibutuhkan untuk Jaga Bangunan

0
290
bangunan

Setelah sebelumnya dibahas mengenai treatment anti rayap pra konstruksi, kali ini akan dibahas mengenai treatment anti rayap pasca konstruksi. Seperti apakah treatment ini? Dan mengapa perlu dilakukan?

Rayap menjadi ancaman serius untuk keawetan produk kita. Serangga ini bukan hanya sekedar membuat jengkel, tetapi bahkan bisa menyebabkan kerugian sampai milyaran rupiah. Tingkat kerugian yang demikian besar ini biasanya terjadi ketika serangan rayap menyasar tempat usaha atau mebel dengan harga yang mahal. Misalnya saja serangan rayap pada gudang, pertokoan, hingga kantor. Tak hanya itu, rayap juga bisa menyebabkan arsip bersejarah rusak. Misalnya saja kerusakan yang terjadi pada gedung penyimpanan dokumen dan arsip penting yang diakibatkan oleh serangga ini.

Membutuhkan Zat Kaya Selulosa untuk Makan

Yang dilakukan rayap dengan ”menyerang” barang yang dimiliki manusia, sesungguhnya hanyalah sebuah aktivitas konsumsi. Rayap adalah serangga yang memakan zat kaya selulosa. Karena itu, ia hampir selalu menyasar elemen yang menggunakan kayu mulai dari mebel kayu, elemen bangunan dari kayu, sampai kertas-kertas yang asalnya juga dari kayu.

rayap

Sebagaimana yang kita ketahui, rayap juga merupakan serangga koloni. Sehingga, saat berburu mencari makanan, mereka akan datang dalam jumlah besar. Serangga ini juga akan membangun sarang yang lebih luas dan kompleks dibanding serangga soliter. Oleh sebab hal-hal inilah yang kemudian membuat serangan rayap menjadi semakin parah. Sebagai solusinya, tentu diperlukan suatu metode khusus yang sifatnya holistik.

Treatment Menyeluruh untuk Cegah Rayap

Cara mengatasi kerusakan akibat serangan rayap, seperti disebut di atas, harus dilakukan dengan holistik. Holistik berarti menyeluruh. Sesuatu yang sifatnya holistik, artinya dibangun dari sistem yang lengkap sehingga bisa mencegah serangan rayap dan bahkan mengatisipasinya di kemudian hari. Secara umum, treatment seperti ini sebenarnya sudah dikenal di berbagai industri, teruatama dalam bidang konstruksi. Ia sering disebut secara sederhana sebagai treatment anti rayap. Treatment anti rayap seperti ini sendiri bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Treatment anti rayap pra konstruksi
  2. Treatment anti rayap pasca konstruksi

Sebagaimana bisa Anda baca, treatment dilakukan ”pra” atau sebelum serta ”pasca” atau sesudah. Artinya, pengendalian rayap dilakukan dua kali, yakni sebelum sebuah bangunan di bangun, dan berikutnya setelah bangunan tersebut selesai dibangun. Perpaduan sistem anti rayap yang komplit ini akan menciptakan metode yang lebih holistik. Hal ini sangat penting, utamanya ketika Anda tinggal di area dengan sumber rayap yang banyak. Saat ini, pemerintah pun sudah mulai mengatur persoalan anti rayap. Jadi, diharapkan bahwa semua pihak menaati aturan yang memiliki manfaat bersama tersebut.

rumah

Mengenal Treatment Anti Rayap Pasca Konstruksi

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai treatment anti rayap pra konstruksi. Singkatnya, bisa dikatakan bahwa pada sistem tersebut, diterapkan metode penyiraman hingga injeksi. Beranjak dari anti rayap pasca konstruksi yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, pada kesempatan ini, kita secara mendalam akan mengenal apa itu treatment anti rayap yang dilakukan setelah sebuah bangunan dibangun.

Mungkin kita bertanya-tanya, untuk apa bangunan tersebut harus ditreatment ulang? Mengapa treatment anti rayap pasca konstruksi perlu dilakukan? Dan apakah ada ada efek samping yang dirasakan di kemudian hari?

Apakah Masih Perlu Treatment Pasca Konstruksi setelah Dilakukan Treatment Pra Konstruksi?

Sejatinya, treatment pasca konstruksi dilakukan dengan beberapa alasan. Salah satu yang paling menonjol adalah karena bangunan yang akan ditreatment tersebut memang sama sekali belum pernah ditreatment sebelumnya. Sehingga treatmen pasca konstruksi pun sangat perlu untuk diupayakan. Sebab bila tidak, maka tinggal tunggu waktu saja sampai ada tanda-tanda kerusakan rayap yang terjadi di sana-sini.

Alasan berikutnya bisa terjadi ketika:

  1. Obat sudah dianggap tidak efektif. Tiap produk pasti punya masa kadaluarsa. Demikian juga insektisida. Daya racun insektisida terhadap hama seperti rayap punya batas waktu tersendiri. Biasanya, ada keterangan megenai efektivitas produk pada label produk tersebut. Jadi setelah jatuh tanggalnya, perlu dilakukan treatment anti rayap pasca konstruksi, meski sudah melakukan treatment pra konstruksi.
  2. Obat rayap yang tidak efektif. Selain menunggu masa kadaluarsa obat, kualitas obat juga perlu diperhatikan. Pilihlah insektisida yang benar-benar efektif. Hindari menggunakan pestisida yang cara kerjanya buruk.

kerusakan rayap

Metode Treatment Anti Rayap Pasca Konstruksi

Aplikasi treatment anti rayap, baik pra ataupun pasca konstruksi membutuhkan metode tersendiri. Varian metode yang bisa dipilih pun sangat banyak. Berikut ini adalah contoh treatment anti rayap yang dilakukan dengan kombinasi penyiraman dan spraying atau penyemprotan.

  1. Penyiraman insektisida. Penyiraman insektisida dilakukan di beberapa bagian ruangan. Kadang, penyiraman larutan insektisida ini juga dilakukan pada bagian konstruksi yang terserang rayap. Jadi, harapannya dengan dilakukan penyiraman, rayap-rayap tersebut bisa dibasmi.
  2. Spraying. Metode ini dilakukan dengan menyemprot bagian ruangan yang rentan diserang oleh rayap. Bagian rumah dan bangunan yang dimaksud anatar lain kusen jendela, kusen pintu, langit-langit, dan berbagai bagian ruangan lainnya.
  3. Bila mebel juga terserang, sebaiknya mebel ditangani secara khusus. Misalnya dengan mengaliri area mebel yang diserang rayap. Hal itu dilakukan secara terus menerus sampai rayap terbasmi. Berikutnya, pastikan untuk mencegah serangan rayap datang lagi. Misalnya dengan mencegah paparan air yang membuat udara menjadi lembab. Sebab rayap sangat suka berbagai hal yang kelembabannya tinggi.

Gunakan BioCide Insecticide

Pada treatment anti rayap pra konstruksi, dibutuhkan insektisida khusus untuk melakukannya. Insektisida yang kami rekomendasikan adalah BioCide Insecticide. Lantas bagaimana dengan treatment anti rayap pasca konstruksi? Jawabannya sama. BioCide Insectide masih direkomendasikan. Sebab, secara umum, termisida ini masih memiliki lebih banyak keunggulan dibanding insektisida dan termisida yang lain.

obat treatment anti rayap pra konstruksi
Biocide Insecticide, antiserangga untuk pencegahan rayap pada bangunan

BioCide Insecticide unggul karena:

  1. Target organisme beragam atau biasa disebut memiliki spektrum organisme luas. Artinya, insektisida ini bisa digunakan untuk membasmi hama yang lebih bervariasi, mulai dari kecoa, rayap, semut, totor, dan berbagai insekta lainnya.
  2. Stabil. Zat aktif yang stabil setelah diaplikasikan sehingga akan melindungi kayu lebih lama.
  3. Relatif lebih aman dibandingkan dengan insektisida yang lain
  4. Bekerja dengan cepat, sehingga proses pembasmian dan pencegahan rayap bisa dilakukan tanpa membuang banyak waktu, biaya, dan tenaga
  5. Menggunakan air sebagai pelarut sehingga pemakaiannya lebih hemat dibanding penggunakan solvent yang harus dibeli
  6. Mudah digunakan tetapi tetap harus dilakukan dengan hati-hati
  7. Bekerja sebagai racun kontak lambung yang bisa menyerap hingga ke bagian dalam kayu

Berbagai keunggulannya inilah yang membuat BioCide Insecticide patut digunakan sebagai insektisida untuk treatment anti rayap pasca konstruksi. Yuk, segera pesan dan gunakan BioCide Insectide. Untuk pemesanannya sendiri, Anda hanya perlu menghubungi Customer Service yang nomornya tertera dengan jelas pada website ini

SHARE

Leave a Reply