Supaya Furniture Kayu Trembesi Awet, Caranya Begini

Tak ada alasan untuk tidak menggunakan kayu trembesi dalam industri pembuatan mebel. Bagaimanapun juga furniture kayu trembesi mampu menghadirkan sesuatu yang lain yang tak bisa dihadirkan furniture jati, mahoni, dan kayu lainnya.

mebel-furniture-kayu-trembesi

Trembesi atau sering disebut dengan nama Meh dan Suar adalah salah satu jenis kayu komersil di Indonesia. Kayu ini diperdagangkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti untuk pembuatan furniture, craft, dan konstruksi bangunan.  Sebagai bahan baku dalam pembuatan mebel, kayu ini menawarkan beberapa kelebihan. Namun kelebihan utama kayu trembesi adalah ketersediaannya dalam ukuran besar. Sehingga kita dapat membuat mebel solid dengan ketebalan dan penampang yang luas.

Kelebihan kedua trembesi adalah tampilannya yang menyerupai jati. Bagi pencinta kayu jati yang tak bisa menikmati mebel dari bahan itu, trembesi bisa digunakan sebagai opsi yang sangat bagus.

Bagaimana dengan kekurangannya?

Dengan harga yang lebih murah, jelas ada hal-hal yang harus kita “kompromikan”. Dalam hal ini, kita harus mengantisipasi sifat keawetan trembesi yang rendah.
Mengatasi Rendahnya Keawetan untuk Furniture Kayu Trembesi

alterntif text

Tak Tahan Lama

Tahukah Anda kayu trembesi termasuk dalam kelas keawetan IV? Tingkat ini begitu rendah dan menandakan substrat kayu yang rentan diserang hama. Untuk mengatasinya, cara mengawetkan kayu agar tidak dimakan bubuk, rayap dan hama kayu lainnya adalah dengan mengobati kayu terlebih dahulu.

Yang dimaksud mengobati kayu ialah menggunakan produk tertentu supaya trembesi menjadi lebih tahan terhadap serangan hama. Obat yang digunakan tentu saja terdiri dari fungisida dan insektisida. Fungisida untuk mencegah serangan jamur pada furniture kayu trembesi sedangkan insektisida untuk mencegah serangan serangga seperti kutu bubuk kayu dan rayap. Dengan penggunaan obat ini diharapkan substrat trembesi tak lagi disukai jamur pembusuk maupun serangga perusak.

Cara aplikasi obat tersebut dapat dilakukan dalam beberapa cara. Misalnya dengan mengoleskan obat yang diencerkan atau merendamkan kayu dalam larutan obat. Prinsipnya adalah bagaimana agar obat tersebut bisa meresap ke dalam substrat kayu. Tingkat kedalaman peresapan dan pemerataannya akan sangat penting diperhatikan. Selain itu, aspek kualitas obat juga harus Anda cermati. Gunakanlah obat pengawet kayu yang kualitasnya baik seperti seri produk pengawetan BioCide.

Supaya Furniture Kayu Trembesi Awet, Caranya Begini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply