Pengawetan Kayu Paling Modern Dengan Pengawet Kayu Mahoni

Potensi kayu di hutan alam sudah menurun dan disisi lain kebutuhan kayu untuk masyarakat semakin meningkat seiringĀ  kenaikan jumlah penduduk. Maka dibutuhkan kayu seperti kayu mahoi dengan harga standar namun kualitas bagus. Untuk mendukung kualitas dibutuhkan pengawet kayu mahoni.

Mulai tahun 2015 Kementerian Kehutanan membangun Hutan Tanaman Industri yang diharapkan pembangunan mencapai 6,2 juta hektar dan akan menghasilkan kayu bulat sejumlah 90 juta meter kubik setiap tahun. Salah satu diantara jenis kayu Hutan Tanaman Industri adalah mahoni.

Pengawet Kayu Mahoni
Kayu Mahoni

Bagaimana sifat kayu mahoni? Sifat fisik dan mekanik kayu merupakan nilai yang diperlukan sehubungan dengan prospek pemanfaatannya. Sifat fisik kayu diantaranya kadar air, berat jenis, kerapatan dan penyusutan; sedangkan kekuatan mekanik kayu meliputi: kekuatan lentur, kekuatan tekan, kekuatan tarik, keteguhan belah, dan keteguhan geser. Sifat fisik dan kekuatan mekanik kayu mahoni akan lebih sempurna jika didukung oleh pengawetan dengan bahan paling modern. Sebab, sifat fisis dan mekanis kayu mahoni memang sudah mendukung kekuatan menahan beban, tapi jika perawatan kurang benar maka mudah diserang serangga perusak, dan keawetanpun menurun. Nah sebelum membahas mengenai pengawetan untuk kayu ini, yuk simak lebih rinci karakteristik kayu ini terlebih dahulu.

Karakteristik Kayu Mahoni

1. Warna cenderung gelap dengan aksen kemerahan. Warna kayu ini merupakan salah satu yang membuat mahogany unggul dibandingkan kayu-kayu lainnya.
2. Kandungan minyak alami dalam kayu yang rendah. Rendahnya kandungan minyak alami membuat finishing kayu ini lebih mudah, terutama untuk finishing warna solid seperti duco finishing.
3. Penampang kayu yang stabil, sehingga banyak digunakan untuk membuat alat musik seperti gitar.
4. Pola serat kayu menawan yang berpadu dengan warnanya. Hal ini membuat kayu mahoni sangat cocok difinish dengan finishing natural transparan. Beberapa merk cat bahkan menyediakan warna khusus mahoni yang bisa diterapkan pada kayu ini atau pada kayu lain supaya menyerupai mahoni.
5. Ketahanannya terhadap serangan hama tak begitu baik. Kayu ini kalah dari jati yang memiliki keunggulan terhadap serangan hama.
6. Pengolahannya mudah tapi bukan yang paling mudah. Kayu ini kadang harus dioven dulu sebelum diolah lebih lanjut untuk hasil maksimal.
7. Pohon mahoni bisa tumbuh besar. Hal ini membuat spesies pohon tersebut mampu menghasilkan potongan kayu lebar yang “bersih” atau sedikit mata kayu.

Di atas adalah ciri umum dari kayu mahogani. Dan tahukah kamu bahwa mahoni sebetulnya bukan pohon tunggal? Maksudnya, spesies mahogany di alam sangat banyak. Antara satu kayu mahoni dengan yang lain kadang tak bisa disamakan begitu saja, meski cirinya secara umum memiliki kesamaan dengan ketujuh poin di atas.

Berikut ini beberapa contoh jenis mahoni yang tersebar di berbagai penjuru dunia.
1. Honduran mahogany
2. Cuban mahogany
3. Mexican mahogany
4. Philippines mahogany
5. African mahogany

Asal mahogani sendiri adalah benua Amerika. Namun kemudian, kayu ini mulai ditanam di banyak area tropis seperti Indonesia dan Filipina. Karena lingkungannya berbeda, karakteristik antara tanaman mahoni di Amerika dan Asia pun bisa berlainan. Pun demikian mahoni di Afrika.

Pengawetan Lengkapi Keunggulan Kayu Mahoni

Seperti dijelaskan di atas, salah satu keunggulan kayu ini adalah tampilannya yang sangat menarik. Tak mengherankan, kayu ini sering digunakan untuk pembuatan mebel high end yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Namun demikian, kita juga perlu ingat bahwa kayu ini memiliki beberapa kekurangan. Di antara kekurangan utama kayu ini dibandingkan dengan jati adalah ketahanannya yang kurang.

Oleh sebab itulah dalam pemanfaatan kayu mahoni secara modern, sebaiknya diterapkan perlakuan pengawetan. Pengawetan dilakukan dengan meresapkan zat anti hama ke dalam kayu. Treatment pengawetan akan menguntungkan banyak pihak. Produsen mebel dan konsumen akan sama-sama mendapatkan keuntungan. Bahkan kelestarian alam pun bisa terjaga. Pasalnya, apabila kayu mahoni tidak mudah rusak, penebangan kayu ini bisa ditunda atau bisa diperlambat.

Aplikasi treatment pengawetan juga akan membuat pemanfaatan kayu ini lebih optimal. Misalnya, bila dulu kayu ini dibatasi sebagai mebel indoor saja, kini mahoni bisa dipakai untuk bahan mebel outdoor dengan ketahanan sekelas jati. Tapi ingat, gunakan obat pengawet yang bagus agar hasil pengawetannya pun benar-benar baik.

Nah, ringkasnya bisa dikatakan bahwa tujuan pengawetan dengan bahan pengawet kayu mahoni yang paling modern ialah untuk menangkal hama atau serangga perusak. Jika terhindar dari hama maka menambah umur pakai kayu. Pengawetan modern dapat dilakukan dengan pengawet kayu mahoni BioCide Insecticide yang berkualitas. Dan semoga data ini dapat dijadikan sebagai informasi dan dimanfaatkan oleh pengguna industri pengolahan kayu.

Pengawet Kayu Paling Modern Biocide Insecticide

BioCide Insectide dapat digunakan pada media kayu, triplex, serat alam, rotan, bamboo, dan lain-lain. Bahan pengawet efektif mencegah berbagai jenis serangga mulai dari thothor, kecoa, rayap, kutu (bugs), kumbang bubuk, dll. Produk tersebut dapat diaplikasian dengan system vakum tekan, spray, kuas, hingga rendam. Pemakaian untuk berbagai metode aplikas ialah pertama, larutkan bahan pengawet dengn konsentrasi 1-2 %. Dan kedia jaga PH larutan baik saat digunakan maupun disimpan. PH yang baik untuk larutan ini adalah di bawah 7.

BioCide Insecticide sebagai pengawet kayu mahoni berdaya sebar luas sehingga dapat menjangkau seluruh kayu log ataupun gergajian. Dapat digunakan pada kayu belum diolah menjadi furniture ataupun sudah jadi furniture. Untuk perawatan furniture cukup disemprotkan di pojok-pojok ruangan atau lantai.

Apa saja Kelebihan BioCide Insecticide?

Bukan tanpa alasan kami merekomendasikan BioCide Insecticide dibandingkan dengan insektisida lainnya di pasaran. Apalagi, produk insektisida di pasaran sangat banyak. Hanya saja, kebanyakan, bahkan hampir semua tak memiliki kualitas yang ditawarkan oleh insektisida BioCide Insecticide. Berikut ini beberapa kelebihan dari insektisida cypermethrin 100 EC tersebut.
1. Insektisida ini memang didesain untuk kebutuhan woodworking mulai dari furniture, kerajinan, sampai dengan bangunan. Jadi insektisida ini bukan antiserangga pertanian yang biasa digunakan para petani untuk mengusir wereng dan sejenisnya.
2. Insektisida ini memiliki target organisme yang luas. BioCide Insecticide mampu mencegah serangan berbagai jenis hama mulai dari rayap, semut, kumbang bubuk, dan masih banyak lagi. Kayu akan terlindungi dengan sempurna apabila Anda menggunakan insektisida ini.
3. Mudah digunakan. Cara pemakaian BioCide Insecticide akan dijelaskan di bawah.
4. Harga lebih terjangkau. Hal inilah yang membuat insektisida ini cocok untuk kebutuhan usaha ataupun pribadi. Insektisida ini juga hanya menggunakan pelarut air, jadi Anda tak perlu membeli larutan solvent.
5. Lebih aman dan ramah lingkungan.

Khusus untuk poin kelima, keamanan BioCide Insecticide dipengaruhi beberapa faktor. Selain karena menggunakan pelarut air, BioCide Insecticide juga memiliki zat aktif yang lebih aman dan ramah lingkungan. Tahukah Anda bahwa cypermethrin:
1. Memiliki toksisitas medium pada kulit manusia. Ini artinya, bahan ini masih lebih aman dibanding insektisida dengan high toxicity pada manusia.
2. Cypermethrin menurut ketarangan EPA (Environmental Protection Agency) mudah didegradasi atau diuraikan di alam.
3. Bukan merupakan insektisida sistemik yang biasanya menghasilkan residu lanjutan yang membahayakan lingkungan.

BioCide Insecticide pada akhirnya bukan hanya unggul dalam hal efektivitasnya, tapi juga lebih sesuai dengan semangat industri yang aman dan eco friendly.

Cara Mengawetkan Kayu Mahoni

Bagaimana cara aplikasi pengawetan kayu paling modern BioCide Insecticide? Sebagaimana dijelaskan di atas, salah satu keunggulan BioCide adalah kemudahannya digunakan. Untuk menggunakan insektisida ini pun ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih. Yang pertama adalah pengawetan cara perendaman. Anda hanya peru merendam kayu dalam larutan BioCide Insecticide yang dicampur air. Kedua, adalah cara vakum tekan. Metode ini pada dasarnya merupakan metode rendam namun dengan bantuan alat vakum tekan. Mesin vakum tekan akan membuat peresapan zat antihama BioCide Insecticide lebih baik. Sehingga, perlindungan yang diberikan pun lebih optimal.

Cara lain yang lebih praktis pun tersedia. Anda bisa mengawetkan kayu mahoni dengan cara pencelupan atau penguasan. Untuk metode pencelupan, Anda hanya perlu mencelupkan kayu mahogani ke dalam larutan BioCidde Insecticide. Sedangkan pada metode kuas, Anda hanya perlu menguaskan larutan BioCide pada permukaan kayu mahogany tersebut saja. Mudah, bukan? Namun tentu saja kedua cara ini kurang efektif apabila dibandingkan dengan metode rendam dan vakum tekan.

Cara Mendapatkan BioCide Insecticide

Pengawet Kayu Mahoni

Meningkatkan nilai produksi adalah tujuan semua usaha. Kayu mahoni memiliki potensi yang dapat menaikkan usaha kayu Anda, selain harga murah juga memilki nilai dekoratif maksimal sebanding dengan kayu komersil, apabila diawetkan dengan baik dengan pengawet kayu mahoni BioCIe, maka keawetan dan umur pakai dapat bertambah 5 kali lipat. Biocide Insecticide dapat dipesan melalui wa & sms di 0821-6760-0693 atau 0821-6760-0692. Atau melalui MarketPlace BukaLapak : www.bukalapak.com/biodiana dan TokoPedia : www.tokopedia.com/dianarika25.

Simpulan

Kiranya, itulah yang bisa kami bagikan mengenai pentingnya pengawetan kayu mahoni secara modern. Sekali lagi, kayu ini sudah berada pada standar kayu yang bisa diolah secara optimal. Malah di beberapa negara, seperti Amerika Serikat kayu ini adalah kayu yang sangat digemari. Masyarakat Amerika Serikat mencintai mahoni sebagaimana orang Indonesia begitu menyenangi kayu jati. Namun demikian, kayu ini rupanya masih perlu ditingkatkan dalam beberapa aspek. Di antara aspek tersebut adalah ketahanannya terhadap serangan hama. Oleh sebab itulah, kami rekomendasikan obat pengawet kayu modern terbaik, BioCide Insecticide. Berbahan dasar cypermethrin 100 EC, BioCide Insecticide adalah insektisida kontak terbaik dengan sifat yang lebih degradable di alam sehingga lebih eco friendly. Produk ini bisa membuat kayu jadi tahan rayap sampai bugs. Pemanfaatannya mendukung usaha pengawetan kayu modern yang bukan hanya efektif tapi lebih aman bagi lingkungan.

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda, ya. Terus update berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com. Jangan lupa juga untuk senantiasa menggunakan BioCide Insecticide.

Leave a Comment