Intip 3 Kiat Utama untuk Mencegah Serangan Rayap ke Rumah Kayu

Serangan rayap pada rumah kayu sudah pasti jadi momok menyeramkan yang sangat penting untuk dihindari. Jika tahu cara mencegah bencana itu terjadi, tentu harus dilakukan, bukan?

Untuk itu, simak pembahasan kali ini mengenai 3 kiat utama yang perlu dilakukan untuk mencegah serangan rayap pada rumah kayu.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Sekilas tentang Rayap

mencegah rayap tanah
koloni rayap

Rayap adalah serangga yang hidup di bawah tanah secara berkoloni, dan suka memakan tumbuhan, pohon, dan kayu mati. Serangga ini kerap menjadi hama, khususnya pada kayu dan bangunan.

Baca Juga : Hama Rayap: Tempat Tinggal, Tahun Aktif dan Cara Mengatasinya

Bagi pemilik rumah kayu, serangan rayap bisa sangat merusak, menyebabkan kerusakan properti hingga tak ternilai. Tak heran jika serangga ini sering dikenal sebagai musuh utama kayu.

Ada dua jenis utama rayap. Rayap tanah biasanya hidup di bawah tanah, sedangkan rayap kayu kering menemukan rumahnya di kayu dan furnitur.

Kedua rayap ini dapat menghancurkan rumah kayu Anda, tetapi jika Anda mengambil tindakan yang benar, Anda dapat mencegahnya datang ke rumah kayu Anda di masa mendatang.

promo produk biocide surface film preservative

Baca Juga : Mengenal Koloni Rayap: Cara Kerja serta Komunikasi saat Bekerja

Kiat untuk mencegah Serangan Rayap pada Rumah Kayu Kesayangan Anda

bagian kayu pada rumah yang terserang rayap

Serangan atau infasi rayap bisa terjadi kapan saja, entah saat ini atau bahkan di masa depan. Bagi Anda yang tinggal di rumah dengan dominan bahan kayu, tentu hal ini harus menjadi perhatian yang sangat penting.

Berikut ini 3 kiat utama yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan rayap pada rumah kayu, di antaranya adalah:

1. Lakukan pemeriksaan rayap setiap tahun oleh pihak profesional

Pembasmi rayap profesional biasanya memiliki pengetahuan untuk menemukan serangan rayap sebelum terlambat. Semakin awal Anda menangkap rayap, semakin mudah untuk menanganinya.

Baca Juga : Cara Membersihkan Rol Cat Setelah Digunakan, Simak Tipsnya di Sini!

Jika Anda tinggal di daerah berhutan lebat, Anda mungkin lebih rentan terhadap rayap. Begitu juga untuk Anda yang tinggal di area dengan suhu lembab.

Pastikan layanan tersebut adalah bagian dari Asosiasi Pengendalian Hama Nasional atau asosiasi pengendalian hama lokal atau negara di sekitar tempat tinggal Anda.

Pastikan bahwa perusahaan tersebut juga menawarkan jaminan atau asuransi terkait layanan yang mereka berikan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Noda Cat Berbasis Minyak pada Furnitur Kain

2. Singkirkan puing-puing yang mengandung selulosa dari sekitar rumah kayu

Jika Anda memiliki bahan organik apa pun yang terbuat dari kayu di sekitar rumah kayu Anda, pastikan Anda membuangnya.

Semakin lama dibiarkan berada di luar dan mendapatkan kelembapan, semakin besar kemungkinannya menarik rayap ke lokasi Anda.

Anda dapat membuat kompos dari hiasan lanskap ataupun sampah-sampah oraganik. Memecahnya akan mencegah rayap menyerang kayu.

Baca Juga : Perbaikan pada Bak Besi Cor dengan Mengecatnya

Alternatif lain adalah mengolah limbah kayu tersebut secara mandiri atau menghubungi pemerintah kota setempat dan bertanya tentang daur ulang kayu di daerah Anda.

3. Rawat rumah kayu dari rayap

Jika Anda sedang membangun rumah kayu baru, pastikan untuk mempertimbangkan untuk merawat rumah kayu Anda terlebih dahulu sebagai langkah pencegahan rayap.

Jauh lebih mudah untuk memasang penghalang rayap dengan anti rayap sebelum Anda memulai konstruksi. Hal itu bisa dilakukan dengan membuat penghalang di tanah tempat rumah kayu akan dibangun.

Baca Juga : Mengenal Rayap: Bentuk, Tanda Kemunculan dan Cara Mengatasinya

Anda juga dapat menggunakan pestisida untuk mencegah serangan rayap. Pestisida yang menargetkan rayap disebut “termitisida”. Mereka diaplikasikan ke tanah atau langsung ke kayu untuk mengendalikan koloni rayap.

Terkait hal ini, Anda bisa menggunakan produk Biocide Insecticide sebagai salah satu produk anti rayap yang berkualitas. Produk ini juga ramah lingkungan sehingga sangat tepat untuk digunakan.

Dengan berkembangnya praktik pengendalian hama terpadu, aplikasi bahan kimia pengendali rayap (umpan atau pestisida rayap yang disebut termitisida) kini lebih tepat sasaran. Penggunaannya juga dianggap lebih efektif, dan dengan volume yang lebih rendah.

Baca Juga : Bukan Hanya Kayu, Ternyata Benda-Benda Ini juga Dimakan Rayap!

Bersama-sama, pakar akademik, peneliti, dan industri pengelolaan hama telah membuat langkah besar dalam memahami biologi dan perilaku rayap.

Dan menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan metode dan produk pengendalian yang digunakan saat ini.

Begitu pula produk Biocide Insecticide yang telah mengalami pengembangan dari tahun ke tahun melalui berbagai riset yang dilakukan. Sehingga bisa menjadi produk andalan dalam mengatasi masalah terkait serangan rayap.

Baca Juga : Rekomendasi Pilihan Model Kursi untuk Rumah Tampak Lebih Estetik

Pengendalian rayap yang efektif memerlukan penggunaan pestisida yang dikombinasikan dengan metode non-kimia.

Profesional pengendalian hama bahkan dapat merekomendasikan pendekatan perawatan yang paling bertarget. Kemudian menggunakan bahan paling sedikit yang diperlukan untuk membantu memberikan pengendalian yang efektif.

Sebelum perawatan, pastikan untuk bertanya kepada ahli pengendalian hama jika Anda menggunakan jasanya. Terkait bagaimana bahan-bahan ini dapat berdampak pada keluarga, hewan peliharaan, dan lingkungan Anda.

Baca Juga : Prediksi 5 Tren Warna Cat Eksterior Rumah Paling Populer Selama Tahun 2023

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Anti Rayap Berkualitas untuk Rumah Kayu?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk anti rayap Biocide Insecticide, bisa melaui e-mail di [email protected].

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

promo produk white agent wa-250

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *