5 Inpirasi Model Kursi Pallet Lengkap dengan Gambarnya

Inspirasi model kursi pallet bisa Anda dapatkan di sini! Beberapa model ini akan cocok diterapkan bagi Anda pelaku usaha mebel ataupun Anda yang hendak mencari mebel berbahan baku kayu tersebut.

Mengenal Pallet

Pallet bisa diartikan sebagai material dataryang biasa digunakan untuk wadah berbagai bahan. Sejak ditemukan pada abad ke-20, pemakaian pallet terus meningkat menggantikan penggunaan boks kayu solid atau kotak barrel kayu. Pallet dinilai lebih murah, ringan, dan mudah digunakan. Sampai hari ini, peti kemas terus menerus dipakai dalam pengiriman barang utamanya lewat shipping (kapal).

promo produk natural oil dan sanding sealer

Di lapangan, sesungguhnya palet bukan hanya terdiri atas kayu. Beberapa manufaktur telah mengembangkan peti kemas yang terbuat dari plastik hingga logam ringan. Namun penggunaan kayu masih dianggap lebih baik. Sebab, selain lebih eco friendly, kayu bekas peti kemas itupun nantinya bisa didaur ulang untuk dijadikan berbagai jenis mebel.

Kursi Pallet yang Memesona

Dari berbagai jenis mebel yang bisa dibuat menggunakan kayu pallet, kursi adalah salah satunya. Dan jangan salah lho, ada berbagai model kursi yang bisa dihasilkan dari material kayu peti kemas ini.

Aneka Contoh Model Kursi Pallet

Kursi Makan Pallet

Kursi makan atau French chair merupakan kursi yang biasa diletakkan dan digunakan di ruang makan. Kursi ini biasanya lebih tinggi dibanding kursi tamu dan dibuat lebih ramping serta individual menyesuaikan dengan kebiasaan kita saat makan.

model kursi pallet
Image: recycled-craftsy.com

Ada berbagai model kursi ruang makan yang bisa dihasilkan dengan kayu pallet. Tapi secara umum, kita bisa membuat kursi makan yang antik, tradisional, dan natural dari kursi ini.

promo produk biocide surface film preservative

Kursi Santai Teras dan Kebun

Kayu peti kemas juga merupakan kayu yang sangat cocok untuk pembuatan berbagai mebel kebun dan teras. Kita bisa membuat kursi yang landai dengan sandaran yang nyaman, atau kursi goyang dengan memanfaatkan bahan ini. Agar semakin bagus, gunakan juga bantalan yang empuk.

Model Kursi Pallet

Model Kursi Pallet untuk Anak-anak

Pallet atau kayu peti kemas pun bisa dipakai untuk membuat mebel anak. Bentuk pallet cukup fleksibel dipakai untuk menghasilkan kursi yang bentuknya lucu dan menarik.

Model Kursi Pallet

Model Kursi Pallet Ruang Tamu

Mungkin tak semua sepakat memakai pallet untuk ruang tamu. Sebab banyak yang berpendapat bahwa mebel ruang tamu harus terlihat mewah. Padahal, kesan antik dan vintage pun cocok saja diterapkan di ruang tamu. Selain itu, model kursi pallet yang mewah pun ada. Jadi, jangan khawatir bila Anda hendak membeli mebel pallet untuk ruang tamu.

model kursi pallet
Image : favim.com

Model Kursi Pallet Kantor

Office furniture juga bisa dibuat dengan bahan kayu pallet. Untuk kursinya, desainnya jelas harus dibuat lebih formal tapi tetap nyaman. Sehingga kesan “office” tetap terjaga tapi karyawan nyaman dalam menggunakannya.

Apikasikan juga Finishing yang Bagus

Agar aneka model mebel pallet di atas lebih bagus, aplikasikan desain yang tepat. Desain sering diartikan sebagai sesuatu mengacu pada bentuk dari suatu produk. Tapi dalam mewujudkan sebuah model atau desain yang holistik, maka diperlukan aplikasi warna yang tepat. Misalnya begini. Anda hendak membuat kursi pallet dengan desain minimalis. Kalau kemudian kita memilih warna merah atau kuning cerah, tentu kesan yang didapatkan tidak minimalis. Sebab salah satu ciri khas dari gaya minimalis adalah warna-warna yang netral bahkan cenderung monokromatis.

Nah, untuk melengkapi ide penerapan model kursi pallet, berikut ini kami bagikan beberapa contoh tipe finishing yang bagus.

  1. Finishing Charcoal. Charcoal wood finish mengacu pada aplikasi finishing yang akan memberikan kesan seperti kayu terbakar.
  2. Finishing Natural Color. Finishing natural color adalah finishing dengan warna-warna alami transparan. Misalnya warna sawo dan kayu jati. Transpransi pada warna ini ditujukan supaya keindahan pola serat kayu masih bisa dilihat.
  3. Finishing Washed. Finishing washed adalah jenis finishing yang banyak diaplikasikan pada model kursi pallet vintage. Warna kayu dibuat seperti sudah lawas dan tercuci.
  4. Finishing Pastel Solid Color. Ya, untuk memberikan kesan kursi pallet yang ceria (biasanya untuk mebel anak), maka finishing pastel solid color adalah pilihannya. Di sini, kayu peti kemas dicat dengan warna-warna seperti merah, biru, hijau, hingga ungu.
  5. Finishing Patina. Sebagaimana finishing washed, finishing ini didesain untuk memberikan kesan lawas, namun dengan warna spesifik yakni warna patina.

Ada berbagai jenis contoh finishing yang lain. Dan Anda bisa membaca cara aplikasi mengecat tersebut di situs-situs di internet seperti catkayu.com. Website tersebut khusus didesain untuk membagikan tutorial pengecatan.

Awetkan Kursi Palet dengan BioCide Insecticide

Dalam pembuatan mebel, memang keindahan adalah sisi yang begitu penting. Terutama untuk mebel yang ditujukan untuk kelompok sosial menengah ke atas. Kalangan ini memiliki perhatian besar terhadap keindahan furniture yang hendak mereka beli.

Tapi bukan cuma keindahan lho yang harus kita usahakan saat membuat mebel. Keindahan memang krusial, tapi demikian pula dengan berbagai aspek yang lain. Misalnya aspek keawetan mebel tersebut.

Pallet yang pada umumnya kayu yang tidak awet harus ditingkakan keawetannya. Jangan sampai pallet mudah diserang rayap sampai mengalami bubukan.

Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah bahan pengawet kayu antiserangga. BioCide Insecticide menggunakan bahan aktif cypermethrin. Produk ini bisa membuat mebel menjadi tahan rayap, tahan bubuk (teter), dan berbagai hama serangga perusak yang lain.

BioCide Insecticide juga memiliki beberapa keunggulan krusial yang dibutuhkan dalam industri woodworking modern. Insektisida ini tidak menyebabkan kayu sulit dicat, tidak berbau menyengat, dan juga lebih aman digunakan dibanding solvent based preservative.

BIOCIDE INSECTICIDE

Kontak dan Pemesanan BioCide Insecticide

Dapatkan segera BioCide Insecticide. Kontak dan pemesanan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan menghubungi Bio Industries lewat CS kami. Anda akan dipandu dalam proses pemesanan yang mudah, cepat, dan profesional. Anda juga bisa terus berkonsultasi dengan CS kami.

Selain itu, Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point. Pembelian di Bio Service Point bisa Anda lakukan dengan mengunjungi kami di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Selain itu, tentu Anda juga bisa membeli produk kami di berbagai agen dan online shop.

Simpulan

  1. Pallet adalah salah satu material yang banyak dipakai dalam pembuatan mebel.
  2. Secara umum, palet dipakai bukan karena ketahanan atau kekuatannya. Kayu ini dipakai karena estetikanya yang menarik dan harganya yang terjangkau (terutama di negara barat).
  3. Salah satu furniture yang sering dibuat dengan bahan palet adalah kursi. Ada banyak sekali model kursi palet yang sangat menarik.
  4. Tapi ingat, keindahan aneka kursi kayu peti kemas itu saja tidak cukup.
  5. Supaya kursi dari kayu peti kemas lebih tahan lama, pastikan untuk mengawetkannya menggunakan BioCide Insecticide.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya. Dapatkan terus berbagai informasi dan inspirasi model kursi menarik yang lain seperti model kursi pallet ini.

promo produk white agent wa-250