Ini Dia Tips Penting agar Pagar Kayu Tahan Lama

pengawetan agar pagar kayu tahan lama awetIngin agar pagar kayu tahan lama? Banyak di antara kita yang akan mengajukan pertanyaan tersebut. Ini bukanlah pertanyaan aneh. Pasalnya, dengan harga kayu yang semakin mahal, tentu kita tak ingin menyia-nyiakan material yang ada. Selain itu, masalah pagar rusak jelas juga merepotkan bila terus-menerus terjadi. Belum lagi halaman yang bisa tampak jelek bila pembatasnya terlihat buruk. Padahal, seringkali tujuan kita memilih pagar dari kayu adalah untuk membuatnya terlihat cantik dan alami. Jenis material ini memang mampu memberikan kesan yang berbeda.

Nah, supaya pagar kayu Anda tidak mudah rusak, yuk ikuti keempat tips penting di bawah ini.

4 Tips Penting agar Pagar Kayu Tahan Lama

Pemilihan Kayu yang Bagus

Keawetan kayu bisa dibedakan menjadi beberapa tingkat. Ada kayu kelas I seperti jati dan ada kayu dari kelas yang lebih rendah seperti akasia. Tingkat keawetan kayu yang semakin baik menandakan karakter kayu tersebut tidak mudah rusak. Sehingga kami sarankan setidaknya Anda menggunakan kayu yang tahan terhadap kondisi eksterior untuk material pagar.

Treatment Pengawetan dengan BioCide

obat totor kayuSelain memastikan kayu yang digunakan memang baik untuk outdoor, pastikan pula kayu tersebut sudah ditreatment dengan BioCide. Treatment pengawetan kayu telah lama terbukti bisa membuat usia pakai kayu menjadi berlipat-lipat. Bahkan kayu yang tak terlalu awet pun bisa ditreatment supaya menjadi lebih awet.

Apa yang dimaksud dengan treatment pengawetan kayu? Ringkasnya, pada treatment ini kita meresapkan obat pengawet ke dalam kayu. Treatment ini adalah cara agar kayu tahan rayap dan jamur. Sehingga pagar kayu tahan lama karena tidak mudah diserang rayap, teter, kutu bubuk, hingga jamur.

Lapisi dengan Cat Berkualitas

pagar-kayu-cantikPenggunaan cat berkualitas akan menciptakan lapisan yang mampu melindungi kayu pagar lebih tahan lama.  Berbagai faktor seperti perubahan suhu, kelembaban yang tinggi, hingga paparan hujan bisa dicegah merusak kayu bila cat yang digunakan bagus. Saran kami gunakanlah cat yang memiliki lapisan film fleksibel. Misalnya saja cat water based. Lapisan cat yang fleksibel akan memuai dan memendek mengikuti suhu, jadi ia tidak akan mudah retak dan rusak.

Gunakan BioCide Film Preservative dalam Cat

Tips terakhir agar pagar kayu tahan lama yang kami sarankan ialah dengan memanfaatkan fungisida khusus untuk cat. Anda bisa mengandalkan fungisida BioCide Surface Film Preservative. Antijamur atau fungisida ini secara khusus memang diformulasikan sebagai campuran dalam cat agar lapisan yang terbentuk menjadi sangat tahan jamur. Jadi, kami tetap menyarankannya sebagai ekstra proteksi meski cat yang digunakan sudah antifungal.

Bagaimana? Mudah dan simpel bukan? Selain pagar kayu lebih awet, Anda pun tak perlu merasa repot dalam mengusahakannya.

Leave a Comment