mebel kayu

Begini Cara Merawat Furniture Kayu dari Serangga?

Jika Anda mengetahui cara merawat furniture kayu dari serangga, tentu akan lebih mudah untuk menjaga kualitas kayu furniture kayu yang Anda miliki. Anda mungkin dapat menemukan serangga pada mebel maupun berbagai benda berbahan dasar kayu di rumah Anda.

Beberapa serangga yang Anda temukan mampu membuat furniture kayu menjadi rumah mereka dan yang lainnya akan memakan kayu. Untuk mencegah adanya invasi hama pada barang-barang tersebut, Anda harus mengatahui cara melakukan perawatan yang tepat.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Bagaimana Menjaga Furniture Kayu agar Bebas Hama?

mebel kayu jati belanda yang harus dirawat menggunakan bahan antiserangga
Mebel Jati Belanda. 

Anda dapat merawat furniture kayu dari serangan serangga dengan beberapa cara berikut.

  • Memanaskannya di bawah sinar matahari
  • Membekukannya di freezer atau jika tinggal di negara subtropis bisa dilakukan di salju
  • Menyemprotnya dengan insektisida

Sebagai alternatif yang mudah didapat dan ramah lingkungan, Anda juga bisa menggunakan larutan boraks dan air, sabun cuci piring dan air, atau minyak jeruk murni. Bahan-bahan tersebut bisa digunakan karena efektif untuk membunuh serangga penghancur kayu.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara memperlakukan furniture kayu agar terbebas dari serangga. Mengetahui serangga jenis apa pula yang paling memungkinkan untuk menyerang furniture kayu Anda. Serta mengatahui bagaimana cara mencari tahu serangga mana yang merusak mebel.

Cara Merawat Furniture Kayu dari Serangga

Di bawah ini adalah beberapa cara paling efektif untuk menyingkirkan serangga dari furniture kayu Anda.

promo produk biocide surface film preservative

1.  Panaskan Mebel

Panas dari matahari dapat membunuh banyak serangga di furniture kayu. Berikut cara memanfaatkan panas matahari untuk membunuh serangga di furniture Anda:

  • Letakkan furniture di tempat yang cerah di luar pada hari yang panas
  • Tutupi furniture dengan lembaran plastik tebal
  • Beri beban pada tepi lembaran plastik dengan sesuatu yang berat, agar plastik tidak mudah tertiup angin
  • Tinggalkan furniture di luar ruangan untuk dijemur selama beberapa hari untuk hasil terbaik

Metode ini bekerja karena suhu naik dengan cepat dari bawah lembaran plastik dan membuat kondisi tetap panas. Hal ini dapat membunuh serangga penghancur kayu atau memaksa mereka untuk pergi.

Pengaruh sinar matahari dan panas ini dapat mengeringkan kayu juga. Sehingga menjadikannya lebih siap untuk dilapisi pernis dan menyegelnya untuk mencegah adanya serangan hama lagi di masa depan.

2.  Manfaatkan Kondisi Dingin

Anda juga bisa memanfaatkan situasi dingin dengan meletakkan furniture kayu agar mampu membunuh serangga. Biarkan furniture kayu membeku setidaknya selama 72 jam, hal ini dilakukan untuk membunuh serangga yang hidup di dalamnya.

Jika furniture sudah sangat penuh dengan hama, Anda dapat membekukannya dahulu selama 72 jam. Lalu mencairkannya, kemudian membekukannya lagi selama 72 jam untuk membunuh larva yang mungkin menetas ketika furniture dicairkan.

3. Gunakan Insektisida untuk Merawat Furniture Kayu dari Serangga

biocide insecticide untuk menjaga furniture kayu dari serangan serangga
Biocide Insecticide

Insektisida dapat menjadi salah satu cara merawat furniture kayu dari serangga yang bisa Anda lakukan. Penggunaan bahan ini adalah pilihan lain untuk membersihkan furniture kayu Anda dari serangga yang tidak mudah keluar dari dalam mebel.

Jika Anda ingin menghemat uang dan melakukannya sendiri, pilih produk insektisida yang mudah untuk diaplikasikan. Anda bisa memilih insektisida yang disemprot untuk memudahkan proses pengaplikasian bahan ini.

Anda dapat mencegah dan mengendalikan serangga penghancur kayu dengan insektisida. Produk penjaga kayu ini bisa membantu Anda melindungi kayu seumur hidup jika digunakan secara rutin. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan Biocide Insecticide untuk mengatasi berbagai permasalahan akibat serangan serangga pada kayu.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk pada kemasan untuk mendapat hasil terbaik dan teraman saat mengaplikasikannya.

4. Gunakan Metode Ciptaan Sendiri

Ada beberapa metode buatan sendiri yang dapat Anda coba untuk menyingkirkan serangga penghancur kayu di furniture kayu Anda, yaitu:

1)  Memasang perangkap

Gunakan perangkap untuk memancing serangga keluar dari mebel kayu Anda. Letakkan beberapa lapisan karton basah di tempat yang Anda curigai menjadi persembunyian serangga. Biarkan di sana selama beberapa hari, pastikan kardus tetap lembab.

Terus periksa untuk melihat apakah ada serangga yang keluar dari kayu dan masuk ke dalam kardus basah. Jika Anda melihat serangga, cobalah untuk mengidentifikasi mereka sehingga Anda tahu jenis serangga apa yang hidup di dalam furniture kayu Anda.

Dengan cara tersebut, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membunuh serangga yang tersisa dalam mebel. Setelah selesai, bakar kardus tersebut untuk menghancurkan serangga yang ada di atasnya.

2)  Boraks bisa jadi cara merawat furniture kayu dari serangga

Penggunaan boraks dapat membantu melindungi kayu yang tidak sempat diobati dari infeksi serangan serangga. Tetapi penggunaannya mungkin tidak mencapai lapisan yang lebih dalam di kayu tempat rayap berkembang.

Untuk menggunakan boraks, campurkan 1 sendok teh boraks dalam 1 cangkir air hangat. Tuang larutan ke dalam botol semprot dan semprotkan langsung ke furniture kayu Anda.

Lakukan proses ini setiap hari selama lima hari. Sebagai usaha untuk memberikan waktu yang cukup untuk meresap ke dalam kayu dan menjadikan kinerjanya lebih efektif.

3)      Minyak jeruk dan nimba

Minyak jeruk murni dan minyak nimba telah lama digunakan untuk membunuh serangga penghancur kayu. Jika Anda melihat lubang di furniture Anda dan Anda tahu bahwa ada serangga di sana, suntikkan minyak nimba atau jeruk langsung ke dalam lubang.

Cara merawat furniture kayu dari serangga ini dapat membunuh serangga di lubang tersebut. Anda harus melakukan cara ini setiap kali Anda melihat ada infeksi akibat kerusakan serangga yang baru saat minyak direndam ke dalam kayu dan efektifitasnya berhenti.

promo produk white agent wa-250

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *