Ini Lho Cantiknya Beragam Kerajinan dari Kayu

BIOCIDE INSECTICIDESiapa tak terkesima dengan ukir-ukiran dari Jepara atau patung-patung kayu dari Sulawesi? Vas-vas bunga dari bahan kayu pun tampak cantik diletakkan di sebuah ruangan shabby chic. Ya, aneka produk kerajinan dari kayu memang selalu berhasil memanjakan mata kita! Tapi awas, serangan hama bisa merusak segalanya.

Banyak yang bisa kita buat dari material bernama kayu. Salah satunya adalah berbagai produk kerajinan. Beragam kerajinan dari kayu itu pun memiliki nilai jual tinggi. Kita bisa menjadikannya sebagai cinderamata hingga produk-produk fungsional seperti furniture. Pasar yang tertarik pun bukan hanya pasar Indonesia, melainkan juga pasar ekspor. Bila sudah demikian, keuntungan berlipat bisa kita dapatkan.

Kenapa kayu? Kenapa bukan plastik? Tanpa perlu berpikir lama, kebanyakan orang pasti tahu jawabannya. Kayu memiliki kualitas lebih tinggi pada hampir semua aspek dibanding plastik dan bahan sintesis yang lain. Kayu lebih indah, teksturnya lebih menarik, dan bahkan memberikan efek positif bagi kesehatan. Beberapa penelitian menemukan bahwa penggunaan kayu dalam ruangan bisa membuat kondisi jiwa seseorang menjadi lebih tenang. Ketika kayu dipakai untuk membuat kerajinan, tentu efek positif kayu ini akan makin optimal.

Namun tentu saja untuk mendapatkan profit yang besar, kita juga harus menyediakan produk berkualitas. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan. Secara umum, kita bisa memaksimalkan keindahannya, dan yang kedua memaksimalkan keawetannya.

Terkait dengan keindahan, aplikasi cat berkualitas bisa jadi andalan. Kita bisa mengecat beragam produk kayu dengan warna yang cocok menggunakan cat water based yang memang disukai pasar Eropa dan Amerika. Mengapa water based? Sebab, jenis cat ini memang lebih aman dan ramah lingkungan.

Selain itu, kita juga bisa mengaplikasikan obat pengawet agar kayu sebagai bahan kerajinan tidak mudah rusak. Jangan salah! Sebagai bahan organik, kayu memang rentan diserang jamur dan serangga. Aplikasi obat pengawet seperti BioCide akan menurunkan resiko akibat serangan organisme tersebut.

Nah, dengan memperhatikan berbagai faktor tersebut, maka produk yang dihasilkan pun akan tampak lebih cantik dengan lebih maksimal dan dalam waktu yang lebih lama. Misalnya saja beberapa contoh kerajinan dari kayu di bawah ini.

alterntif text

Contoh Kerajinan dari Kayu

Ukiran

Ukiran kayu, terutama ukiran dari Jepara telah melalang buana ke seluruh dunia. Ukiran Jepara ini pun seolah bisa mewakili wajah kerajinan kayu di Indonesia. Namun tentu saja bukan hanya Jepara yang unggul dalam bidang ini. Bali pun telah berhasil menyihir dunia dengan keindahan ukiran kayunya.

mebel-jepara

Replika

Bila kita berkunjung ke Malioboro Yogyakarta, berbagai replika dari kayu dengan mudah ditemui. Biasanya replika kayu itu berbentuk alat musik, sepeda, hingga patung-patung kecil.

Patung

Kayu juga telah lama digunakan sebagai media pembuatan patung. Memang patung kayu tak seawet patung batu. Tapi bila dirawat dengan baik, dan kayu sudah diawetkan seperti dijelaskan di atas, maka patung kayu pun bisa berusia sangat lama.

patung-bali

Furniture

Selain memiliki fungsinya sebagai perabot, furniture juga bisa mempercantik ruangan. Misalnya saja furniture di bawah ini. Jadi, di satu sisi, furniture juga bisa disebut sebagai kerajinan dari kayu.

spaghetti-bench-outdoor-art-furniture

Banyak Kerajinan Kayu di Pasaran Berkualitas Rendah

Pangsa pasar produk kerajinan kayu sangat besar dan menguntungkan. Beberapa daerah di Indonesia pun sudah memiliki nama di kancah dunia sebagai penghasil produk wooden craft berkualitas tinggi. Misalnya saja Jepara dan Bali.

Tapi sayangnya, di pasar lokal, tim antiserangga.com masih kerap menemui produk kerajinan kayu berkualitas rendah. Yang sering kami temukan antara lain:

1. Bubukan. Tak jarang kami mendapati kerajinan kayu yang bubukan. Fenomena bubukan ini diakibatkan oleh serangan teter atau kumbang pengebor kayu.
2. Bagian yang mudah lepas. Masalah ini biasanya terjadi ketika kerajinan kayu dilem dengan lem kayu yang jelek.
3. Berjamur. Munculnya jamur dipengaruhi berbagai faktor mulai dari kondisi yang lembab sampai dengan perlindungan antifungal yang kurang.

Masalah-masalah di atas bisa menyebabkan rendahnya kepercayaan konsumen ketika harus membeli wooden craft. Apalagi ketika pangsa pasar yang disasar adalah kelas menengah ke bawah.

Waspada Kompetisi dari Negara lain

Beberapa tahun yang lalu, Indonesia dan negara-negara ASEAN secara resmi membuka dimulainya era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Ide MEA adalah bersatunya pasar negara-negara di Asia Tenggara dengan birokrasi yang lebih sedikit sehingga batas negara makin kabur. Sebagian pihak menilai MEA secara positif sedangkan yang lain secara negatif. Yang jelas, saat ini iklim ekonomi yang makin mengglobal memang sedang menjadi trend. Dengan kata lain, pelaku usaha kerajinan dari kayu di Indonesia pun harus benar-benar waspada. Kompetisi kini tak lagi sekadar antara pelaku usaha nasional, tapi juga antar pelaku usaha dari negara lain terutama ASEAN.

Di era seperti ini, apabila produk kerajinan kayu lokal masih dipenuhi masalah seperti yang disebut di atas jelas sangat membahayakan. Bisa-bisa nama besar Indonesia sebagai produsen wooden craft menjadi terpuruk karena gempuran produk dari luar di pasar sendiri.

Pengawetan Amankan Produk Selama Masa Kirim dan Penyimpanan

Treatment pengawetan kayu bukan hanya berguna membuat produk lebih awet. Tahukah Anda bahwa aplikasi pengawetan kayu kerajinan juga bisa melindungi Anda dari bayang-bayang kerugian sampai milyaran rupiah. Lantara, perlakuan pengawetan bisa:

1. Melindungi produk kerajinan dari kayu selama masa simpan. Gudang penyimpanan memang tampak sebagai ruangan yang “biasa” saja. Padahal, ada tantangan besar di ruangan ini. Apabila kondisi gudang tidak diatur dengan benar, produk kerajinan bisa mengalami kerusakan yang berakibat pada kerugian finansial bagi perusahaan Anda.
2. Melindungi produk selama masa kirim. Sama seperti pada saat masa simpan, masa kirim produk pun punya tantangan serangan hama tersendiri yang harus diantisipasi.

Pengawetan sendiri dilakukan dengan meresapkan obat pengawet pada kayu. Dan untuk kebutuhan ini, kami rekomendasikan BioCide Insecticide.

Antiserangga Terbaik itu Namanya BioCide Insecticide

BioCide Insecticide menjadi produk yang sangat kami sarankan untuk kebutuhan Anda. Alasannya? Tentu sangat banyak. Kelebihan produk ini bisa dilihat mulai dari cara pakainya, harganya, sampai kualitasnya.

BioCide Insecticide ini menggunakan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Jadi, insektisida ini tergolong sebagai insektisida pyrethroid racun kontak. Insektisida racun kontak memiliki beberapa kelebihan dibanding insektisida sistemik. Salah satunya adalah lebih sedikitnya residu yang dihasilkan. Bahkan kadang, tak ada residu yang dihasilkan sama sekali.

Sebagai insektisida, BioCide Insecticide punya banyak target hama. Insektisida ini handal untuk mencegah dan mengatasi serangga rayap, semut, kumbang bubuk, tawon pengebor, dan masih banyak lagi.

BioCide Insecticide juga sangat terjangkau lho. Selain didesain dengan konsentrasi tinggi, produk ini juga menggunakan pelarut air. Jadi ketika kita hendak menggunakannya, kita tak perlu repot-repot dulu membeli pelarut solvent. Kita cukup menggunakan air yang bersih dan netral saja.

Singkat kata, berikut ini beberapa kelebihan BioCide Insecticide.

1. Target organisme luas mulai dari rayap sampai teter (kumbang bubuk)
2. Cara pakai yang lebih mudah
3. Lebih murah dan juga lebih hemat digunakan
4. Tahan lama, stabil pada substrat berbahan organik
5. Lebih aman dan juga lebih ramah lingkungan

Lantas bagaimana ya cara mengaplikasikan insektisida ini? Tenang, Anda tak perlu khawatir. Untuk aplikasinya, Anda bisa menerapkan beberapa cara seperti:

1. Perendaman. Dilakukan dengan merendam bahan yang akan diawetkan pada larutan BioCide Insecticide.
2. Vakum tekan. Mirip cara perendaman tapi dilakukan di alat khusus yang bisa diatur suhu dan juga tekanannya.
3. Kuas dan celup. Kuas dilakukan dengan menguaskan larutan BioCide Insecicide ke bahan yang akan diawetkan. Adapun, teknik celup dilakukan dengan mencelupkan bahan yang akan diawetkan pada larutan pengawet.

Bisa Beli Online atau Langsung

Yuk, beli BioCide Insecticide segera. BioCide Insectide bisa dibeli dengan beberapa cara. Pembelian pertama bisa dilakukan secara langsung di Bio Service Point. Pembelian di Bio Service Point memungkinkan Anda bertatap muka dengan CS dan teknisi kami. Anda bisa berdiskusi panjang lebar di Bio Service Point sambil melihat-lihat produk kami yang lain. Sebab kami juga sedia berbagai produk lainnya seperti cat, lem kayu, wood bleaching, sampai silica natural.

Pembelian kedua (secara online) bisa dilakukan di antiserangga.com secara langsung. Hubungi saja kami via kontak CS yang tersedia. Anda akan dilayani dengan ramah dan profesional. Selain itu, Anda juga bisa membeli di toko daring seperti Bukalapak, Shopee, dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Mudah bukan membeli BioCide Insecticide? Produk ini pun memiliki kualitas yang baik karena mampu melindungi berbagai produk kerajinan kayu dari ancaman berbagai jenis hama. Peningkatan mutu produk kerajinan dari kayu ini pada akhirnya akan membuat konsumen lebih percaya. Anda sebagai pelaku usaha pun bisa lebih percaya diri menghadapi kompetensi global yang saat ini kian ketat.

Semoga ulasan ini memberikan manfaat bagi Anda ya. Ingat, gunakan selalu BioCide Insecticide untuk membuat aneka produk kerajinan dari kayu yang lebih berkualitas dan tidak mudah rusak.

Ini Lho Cantiknya Beragam Kerajinan dari Kayu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply