Furniture Kayu Cempaka Makin Awet dengan BioCide Insecticide

0
93
mebel

Pembuatan furniture kayu cempaka akan membuat industri mebel menjadi semakin semarak. Kayu champaca yang memiliki daya tarik unik tersebut bisa membuat produk mebel Indonesia memiliki daya jual tersendiri. Tapi ingat, awetkan dulu mebel menarik tersebut dengan BioCide Insecticide.

Pada artikel sebelumnya, kita telah sama-sama membahas mengenai kayu cempaka. Champaca wood atau kayu cempaka adalah salah satu kayu yang termasuk dalam daftar kayu yang terdapat di Indonesia. Kayu ini memiliki keunggulan dan kekurangannya sebagaimana kayu-kayu yang lain. Namun pada dasarnya, cempaka merupakan kayu yang potensial digunakan, termasuk untuk material dalam industri mebel. Kayu ini bisa dipakai untuk membuat meja, kursi, almari, dan masih banyak lagi. Tampilan kayu dan seratnya yang khas akan membuat furniture kayu cempaka memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi bila pengolahan kayu tersebut pun dilakukan dengan baik dan benar.

Seperti apa pengolahan yang seharusnya diterapkan? Sebelum membahasnya, mari ingat kembali seperti apa karakteristik kayu ini.

Karakteristik Kayu Cempaka

Champaca wood merupakan kayu yang dikenal dengan teksturnya yang agak kasar. Dari segi warna sendiri, kayu ini memiliki tampilan yang khas. Bagian teras atau dalam kayunya berwarrna kuning hingga coklat kemerahan dengan bagian gubal yang memiliki warna lebih muda. Warna ini berpadu dengan pola serat yang cenderung lurus dengan adanya paduan di sana-sini.

Dari segi kelas keawetannya, kayu ini tergolong kayu yang cukup baik. Sebab, cempaka berada di level II atau setara dengan kayu mahoni. Namun kekuatan kayu ini berada di level III-IV yang menunjukkan kayu ini sebagai salah satu kayu yang tidak diunggulkan dari segi kekuatan. Adapun, kembang susut kayu ini termasuk rendah dengan tingkat kekerasan sedang (agak lunak hingga agak keras).

Ciri-ciri tersebut secara umum menunjukkan kayu cempaka potensial digunakan untuk material furniture sebagaimana disebut di atas. Selain furniture cempaka yang memiliki tampilan khas dengan warna dan pola seratnya, kayu ini juga termasuk kayu yang baik karena kembang susutnya kecil.

Contoh Berbagai Produk Mebel dengan Kayu Cempaka
Berikut ini adalah contoh beberapa mebel yang telah dibuat menggunakan kayu cempaka. Kayu ini sejatinya juga merupakan kayu kebanggaan masyarakat Minahasa. Cempaka sering digunakan untuk membuat rumah adat woloan yang memiliki tampilan sangat menarik.

Pengolahan Cempaka untuk Furniture yang Berkualitas

Seperti dijelaskan sebelumnya, agar furniture kayu cempaka hadir dalam kualitasnya yang baik, diperlukan sistem pengolahan yang bagus. Ada banyak hal yang sebetulnya bisa dilakukan, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Yang sederhana misalnya seleksi kayu berdasarkan usianya. Secara umum, kayu cempaka yang baik adalah yang sudah tua dan tidak berhama. Karenanya gunakanlah kayu-kayu dengan kriteria tersebut.

Berikutnya, aplikasikan finishing dan model mebel yang tepat. Pastikan finishing dan aplikasi modelnya bisa menguatkan keunggulan cempaka dan menutupi kekurangannya. Misalnya, agar tampilan champaca wood terlihat jelas, kita bisa menerapkan finishing transparent untuk aneka furniture kayu cempaka. Dan terakhir, yang tak kalah penting adalah aplikasi pengawetan.

Mengapa Perlu Diawetkan?

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa kayu ini perlu diawetkan? Bukankah tingkat keawetannya sudah baik?

Tingkat keawetan cempaka memang berada di level yang baik, namun tidak sepenuhnya tahan hama seperti yang telah dikenal sebagai salah satu ciri kayu jati. Jati adalah kayu dalam kelas awet I yang memiliki ketahanan terhadap rayap. Namun dalam aplikasinya, tak jarang ada juga serangan rayap yang terjadi pada kayu ini. Dengan kata lain, proteksi diri kayu tak selamanya berlaku secara sempurna. Apalagi untuk kayu non kelas awet I dengan tingkat kekerasan sedang seperti cempaka. Treatment pengawetan sangat perlu diawetkan. Namun Anda tak perlu khawatir. Sebab pada dasarnya, aplikasi perlakuan pengawetan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Treatment pengawetan dilakukan dengan menerapkan obat pengawet berupa anti hama ke dalam substrat kayu. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Salah satu yang mudah namun tergolong efektif adalah aplikasi metode perendaman. Dalam metode ini, kayu direndam dalam cairan anti hama agar zat anti hama tersebut meresap ke dalam kayu.

Keberhasilan treatment ini terhadap kualitas furniture kayu cempaka dipengaruhi berbagai hal. Namun yang tak bisa diabaikan adalah masalah insektisidanya. Dan untuk kebutuhan ini, kami menyarankan pelindung kayu dari rayap dan kumbang bubuk, BioCide Insecticide.

Kelebihan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide menawarkan banyak kelebihan untuk Anda andalkan. Insektisida ini:

  1. Memiliki target organisme dalam spektrum yang luas. Artinya, bukan hanya satu atau dua serangga yang bisa diatasi serangga ini. Anda bukan hanya bisa mengandalkan insektisida ini untuk mencegah hama rayap, namun juga bisa mengandalkannya untuk mencegah kumbang bubuk, kutu, hingga semut.
  2. Lebih mudah digunakan. Selain itu penggunaannya juga lebih aman sebab pelarut atau pengencer insektisida ini adalah air, bukan solvent.
  3. Penggunaan air juga membuat BioCide Insecticide lebih hemat dalam aplikasinya. Sebab Anda tak perlu membeli cairan berbasis solvent.
  4. Lebih degradable atau lebih mudah diuraikan di alam.
  5. Bekerja efektif dan stabil melindungi kayu dari ancaman berbagai jenis hama.
  6. Tersedia dalam kemasan yang jauh lebih hemat
  7. Harga lebih murah dengan kualitas produk yang sangat baik
BIOCIDE INSECTICIDE

Selain itu, insektisida ini juga sudah bisa Anda pesan secara online. Jadi, Anda bisa mendapatkannya dengan cara yang lebih mudah. Penasaran bagaimana caranya?

Pertama, hubungi dulu Customer Service kami. Anda bisa mengandalkan keterangan kontak yang disediakan di website ini. Silahkan gunakan telepon, email, WA, atau fasilitas messenger lain yang disediakan. Setelah tersambung dengan CS, Anda bisa bertanya dulu mengenai insektisida ini atau langsung memesannya. Untuk melakukan pemesanan sendiri, kirim terlebih dahulu data yang perlu digunakan CS untuk memberikan estimasi biaya dan lama pengiriman. Data berupa nama Anda sebagai pemesan, jumlah BioCide Insecticide yang dipesan, dan juga alamat pengiriman. CS akan memberikan estimasi seperti dijelaskan sebelumnya. Silahkan diskusikan kembali sampai Anda sudah fix melakukan pemesanan dengan rincian yang diminta.

Untuk melakukan pembayaran, CS kami akan memberikan nomor rekening untuk tujuan pembayaran. Anda bisa melakukan pembayaran berdasarkan keterangan yang disebutkan CS dan telah disepakati bersama. Setelah itu, kirimkan bukti pembayaran kepada kami. Kami akan segera memverifikasinya, jadi tunggu sebentar proses tersebut. Setelah diverifikasi, CS akan segera memroses pesanan Anda dan memberikannya ke kurir pengiriman. Sampai di sini, kami akan memberikan nomor resi pengiriman kepada Anda. Anda pun hanya perlu menunggu kurir mengirimkan BioCide Insecticide. Namun tentu saja, selama proses pengiriman ini, kami juga akan turut memantaunya dengan Anda dan akan membantu bila terdapat masalah.

Jadi apa lagi yang hendak ditunggu? Yuk, awetkan aneka produk furniture kayu cempaka dengan BioCide Insecticide.

SHARE

Leave a Reply