Ini Dia Usaha Mengawetkan Bambu untuk Bahan Bangunan yang Benar

Usaha mengawetkan bambu untuk bahan bangunan adalah salah satu langkah penting yang tak bisa dihindari aplikasinya. Bambu pada dasarnya memang membutuhkan ketahanan ekstra saat digunakan sebagai material bahan bangunan.

bangunan-dari-bambuBanyak rumah tradisional yang menggunakan bambu sebagai material utamanya. Misalnya dinding yang terbuat dari anyaman bambu atau rangka atap dari bambu. Ini tentu membutuhkan ekstra treatment agar bambu tahan lama untuk digunakan sebagai bahan konstruksi rumah.

Namun demikian, tentu saja tidak berarti kita bisa asal melangsungkan proses pengawetan tersebut. Berbagai hal harus dipertimbangkan termasuk penggunaan bahan atau obat pengawet yang tepat. Secara umum, produk pengawetan bambu yang digunakan harus mampu melindunginya dari rayap, jamur, teter, dan berbagai organisme perusak bambu yang lain.

BioCide: Obat Mengawetkan Bambu untuk Bahan Bangunan yang Berkualitas

Untuk treatment pengawetan bambu yang bagus, kita bisa memanfaatkan BioCide. BioCide merupakan obat pengawet dengan keunggulan berupa proteksi, efektivitas, hingga efisienitasnya yang baik. Obat ini sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa golongan, namun untuk mencegah serangan serangga diperlukan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide

pengawet kayu mahoniBioCide Insecticide adalah insektisida yang bisa kita andalkan untuk mencegah terer, uret, dan berbagai masalah serangga lainnya pada bambu. Obat ini menggunakan bahan aktif permethrin yang zat aktifnya benar-benar berkhasiat dan secara tidak langsung juga lebih aman bagi manusia (meski, tentu saja tetap diperlukan alat keselamatan). Sebab, permethrin memang tidak begitu reaktif di kulit kita. Bahan ini juga bisa diaplikasikan dengan air maupun solvent dalam beragam metode pengawetan sebagai berikut.

Beberapa Metode Mengawetkan Bambu untuk Bahan Bangunan

Vakum Tekan

Merupakan metode pengawetan dengan memanfaatkan mesin vakum tekan. Pada mesin tersebut, larutan pengawet bisa diatur agar meresap ke dalam bambu. Sehingga hasilnya jauh lebih baik meski harganya juga paling mahal.mengawetkan-bambu-untuk-bahan-bangunan-1

alterntif text

Perendaman

Pada metode ini, bambu direndam dalam larutan bahan pengawet. Dibanding metode vakum tekan, cara perendaman jelas kurang efektif. Namun demikian, cara ini adalah alternative paling bagus bila Anda tidak memiliki dana untuk membeli mesin vakum tekan yang mahal. Dari segi efektivitas, metode ini bisa ditingkatkan dengan pengaturan jumlah konsentrasi dan lama perendaman yang tepat.

Pengkuasan dan Penyemprotan

Pada metode ini, kita memanfaatkan larutan pengawet untuk kemudian dikuaskan atau disemprotkan pada kayu.  Praktis, namun cara ini memiliki efektivitas yang rendah.

Mana menurut Anda cara agar bambu tahan lama untuk bahan bangunan yang tepat? Silahkan cermati sesuai kebutuhan masing-masing.

Ini Dia Usaha Mengawetkan Bambu untuk Bahan Bangunan yang Benar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply