Inspirasi Palet Kayu Bekas: Mendaur Ulang untuk Ciptakan Manfaat!

palletMeski sering disepelekan, namu palet kayu bekas menyimpan potensi besar. Kayu-kayu ini bisa diolah menjadi berbagai produk recycled dengan harga jutaan rupiah.

Pernahkah Anda mengamati tumpukan kayu bekas peti kemas atau bantalan alas sebuah produk yang biasa dikirim via kapal untuk ekspor-impor? Kayu-kayu kotak panjang itu biasa disebut palet kayu dan tergolong pada jenis kayu jati belanda atau pinus. Material tersebut memiliki guna besar setelah tak lagi dimanfaatkan sebagai peti kemas dan keperluan awalnya itu. Tapi sebelum membahas lebih lanjut, yuk kenali secara ringkas dulu dua jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat kayu peti kemas ini.
1. Jati Belanda. Dalam Bahasa Jawa, kayu ini biasa disebut sebagai kayu jati londo. Dinamakan demikian sebab kayu ini sering dipakai untuk membuat peti kemas untuk produk yang akan diekspor ke luar negeri. Karena pada masa lalu orang Indonesia sering mengasosiasikan luar negeri dengan “Belanda”, jadilah kayu ini dinamai sebagai kayu jati belanda.
2. Kayu Pinus. Pinus merupakan bahan kayu pallet yang paling sering digunakan. Biasanya palet pinus ini didapat dari kemasan produk impor. Sebab, pinus memang banyak terdapat di luar negeri khususnya di negara subtropis. Di Indonesia sendiri, pohon pinus memang ada. Tapi jumlahnya sangat sedikit dan hanya terdiri atas 1 spesies. Pinus asli Indonesia ini dinamai Pinus merkusii dan saat ini kondisinya vulnerable sehingga pemanfaatannya sama sekali tidak boleh dilakukan sembarangan.

Beragam furniture, kerajinan kayu atau handicraft, hingga komponen konstruksi bangunan bisa dibentuk dari kayu-kayu ini. Eits, jangan meremehkan kualitasnya. Justru banyak yang menyukai produk dari bekas peti kemas ini karena estetikanya yang unik. Jadi, meskipun harga kayu ini murah dan bisa dimanfaatkan untuk pembuatan furniture yang tidak mahal, namun pencinta produk dari material ini juga termasuk mereka yang semata-mata menyukai keindahannya.

Tak percaya?

Silahkan simak beberapa contoh penggunaan kayu palet pada berbagai bidang di bawah ini.

Pemanfaatkan Kayu Palet untuk Berbagai Bidang

Bahan Baku Bangunan

Palet kayu (kayu peti kemas) bisa diandalkan sebagai bahan konstruksi bangunan seperti untuk pembuatan panel hingga lantai kayu.

alterntif text

Furniture

Bila Anda berminat membuat furniture dengan kesan vintage dan rustic, maka kayu palet adalah salah satu solusi yang bisa diandalkan. Sebab secara alami, produk ini memang dapat memberikan kesan vintage dan rustic. Namun tentu saja, proses finishing tetap harus dilakukan. Silahkan aplikasikan finishing transparan dengan cat BioColours untuk mempercantik kayu tanpa mengubah tampilan aslinya.

bangu-pallet-kayu

Handicraft

Selain sebagai furniture dan bahan konstruksi, palet kayu juga bisa diaplikasikan sebagai material untuk kerajinan kayu. Misalnya saja figura dan hiasan dinding kayu palet.

kerajinan-kayu-peti-kemas

Produk Eco Friendly

Dulu, kita bisa menyepelekan label “ramah lingkungan” atau eco friendly. Tapi kondisinya telah berubah saat ini. Label eco friendly menjadi salah satu label penting pada hampir semua bidang usaha. Sebagian karena pemerintah yang semakin tegas menegakkan aturan perlindungan terhadap lingkungan, dan sebagian lagi disebabkan oleh kesadaran masyarakat itu sendiri. Apapun itu, kami di Antiserangga.com turut mendukung iklim usaha yang lebih ramah lingkungan.

Dan karena itulah, kami juga mendukung pengolahan lebih lanjut palet kayu bekas. Dengan memanfaatkan kayu yang sudah terpakai, Anda turut berkontribusi menuntaskan masalah sampah dan justru menjadikannya sumber penghidupan di masyarakat. Soal kualitas dan segmen pasar penyukanya, Anda tak perlu khawatir. Sebab aneka produk pallet kayu seperti furniturenya justru disukai oleh masyarakat mancanegara.

Menarik bukan? Meskipun demikian, keindahan palet kayu sebagai bahan baku di atas ini rentan mengalami kerusakan. Penyebabnya tak lain karena sifat kayu yang digunakan mudah terserang hama.

Jati belanda yang merupakan jenis kayu palet tidak memiliki ketahanan sebaik jati. Saran kami, agar keindahan produk dari peti kemas bekas ini bisa bertahan lama, lakukanlah:

  1. Perawatan secara teratur. Anda harus membersihkannya secara berkala dan menempatkannya pada situasi yang kering dan tidak lembab.
  2. Aplikasi finishing yang tahan lama. Kami juga menyarankan penggunaan finishing water based yang lebih aman dan ramah lingkungan.
  3. Refinishing atau pengecatan ulang bila lapisan cat dirasa sudah rusak.
  4. Pengawetan.
biocide
Obat pengawet kayu BioCide

Mengenai poin pengawetan, Anda bisa melakukannya dengan meresapkan obat pengawet kayu ke dalam material peti kemas tersebut. Siapkan dulu obat pengawet yang terdiri dari antiserangga maupun antijamur BioCide. Larutkan BioCide dengan air atau solvent. Selanjutnya, gunakan larutan ini untuk merendam atau bahan untuk dikuaskan pada palet kayu bekas. Dengan cara ini, maka kayu akan menjadi beracun bagi hama sehingga usianya bisa bertahan jauh lebih lama.

Jangan khawatir akan keamanannya. BioCide tidak reaktif pada kulit manusia dan aplikasi finishing akan membuat produk yang dihasilkan benar-benar aman!

Yang Membuat BioCide Insecticide Kami Sarankan

Pengolahan palet kayu bekas memang penuh tantangan namun sekaligus juga sangat menarik untuk digeluti. Dan karenanya, kami merekomendasikan insektisida BioCide Insecticide seperti dijelaskan di atas. BioCide Insecticide akan membuat produk kayu pallet jadi lebih awet dari berbagai jenis serangan serangga mulai dari rayap sampai kumbang bubuk.

Di pasaran sendiri terdapat berbagai produk serupa seperti BioCide Insecticide. Namun biasanya, produk-produk tersebut didesain untuk industri pertanian sehingga serangga targetnya adalah hama-hama seperti wereng. Ini berbeda dengan BioCide Insecticide yang sejak semula didesain untuk industri mebel, kerajinan, dan konstruksi bangunan.

Dilihat dari hasil pengawetannya, kayu yang diawetkan dengan BioCide Insecticide menunjukkan usia pakai yang jauh lebih panjang. Produk juga benar-benar menjadi tahan terhadap serangan berbagai jenis hama. Berikut ini poin-poin kelebihan BioCide Insecticide supaya lebih mudah dimengerti.

1. Target organisme hama yang sangat luas. Insektisida ini merupakan insektisida kontak dan lambung. Artinya, efek neurotoksinya bisa dirasakan pada serangga yang sekadar kontak saja sampai serangga yang nekat memakan substrat kayu mengandung BioCide Insecticide. Ketahanan yang diberikan pada kayu pun benar-benar menyeluruh.
2. Produk ini mudah digunakan. Anda bisa menggunakannya dalam berbagai metode mulai dari vakum tekan sampai sistem celup.
3. Harga yang terjangkau dan kemasan yang sangat hemat. Kedua faktor ini akan membantu Anda memangkas budget produksi sambil tetap meningkatkan kualitas produk.
4. Lebih aman dan ramah lingkungan. Jadi semangat yang dibawa setara dengan semangat daur ulang kayu pallet Anda.
5. Tersedia dalam beberapa kemasan. Bagi Anda yang ingin membeli kemasan kecilpun, kini Anda bisa mewujudkan keinginan tersebut.

Sangat banyak bukan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh BioCide Insecticide?

Bagaimana Cara Mengawetkan Palet Kayu Bekas dengan BioCide Insecticide?

Pengawetan kayu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pada tahapan awal pengawetan, saat kayu masih berbentuk potongan besar, biasanya dilakukan perlakuan perendaman atau vakum tekan. Teknik perendaman dilakukan dengan merendamkan kayu dalam larutan pengawet, sedangkan teknik vakum tekan dilakukan dengan perendaman pada mesin khusus, mesin vakum tekan. Nah, pada palet kayu bekas ini, Anda pun bisa menerapkan hal yang sama. Letakkan saja palet di kolam atau wadah dengan air dan BioCide Insecticide yang telah dilarutkan.

Ingin yang lebih praktis? Selain metode perendaman, bila Anda ingin cara pengawetan palet kayu bekas yang lebih praktis, Anda bisa menerapkan sistem celup dan kuas. Pada metode pencelupan, Anda hanya perlu mencelupkan kayu pada larutan BioCide Insecticide sedangkan pada metode kuas, Anda hanya perlu menguaskan larutan BioCide Insecticide pada palet kayu bekas.

Segera Beli BioCide Insecticide, Nikmati Berbagai Kelebihannya

Pembelian BioCide Insecticide bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Anda bisa membeli produk kami secara langsung ataupun secara online. Bagi Anda yang ingin membeli secara online, Anda bisa memanfaatkan berbagai marketplace ataupun membeli lewat antiserangga.com secara langsung. Untuk membeli via marketplace, prosedurnya tergantung tiap marketplace. Pilih saja toko daring yang biasa Anda gunakan. Adapun untuk pembelian di antiserangga.com, Anda akan dipandu oleh CS kami yang fast response, profesional, dan juga ramah. Silahkan hubungi CS kami untuk keterangan lebih lanjut.

Nah, untuk ;pembelian secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point. Bio Service Point merupakan tempat di mana Anda bisa membeli berbagai produk pengolahan kayu. Di sini, Anda tak hanya bisa membeli BioCide Insecticide tapi bisa juga membeli BioCide SFP, wood bleaching, cat kayu, dan lain sebagainya. Anda pun bisa langsung bertatap muka dengan Customer Service dan teknisi kami. Sekarang, Bio Servcie Point berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Anda juga bisa membeli pada agen kami tapi pastikan dulu kebenaran agen tersebut dengan bertanya ke Customer Service kami.

Nah, kiranya inilah yang bisa kami sampaikan mengenai daur ulang palet kayu bekas. Ingat, bagaimanapun juga apa yang kita lakukan di dunia ini pasti memberikan pengaruh bagi dunia ini. Saat ini, di mana global warming sedang mengancam dan kerusakan ekosistem terjadi di mana-mana, kita perlu berkontribusi lebih besar sesuai bidang masing-masing. Bagi para pelaku usaha woodworking misalnya, penggunaan kayu recyled sebaiknya diutamakan. Kami di Bio Industries pun melakukan hal yang sama. Meski produk yang kami produksi adalah produk kimia, tapi kami memastikan keamanannya. Kami hanya menggunakan bahan yang sesuai standar keamanan kredibel dan tinggi. Misalnya saja pada produk BioCide Insecticide. Lembaga EPA dari Amerika Serikat menyebut bahwa cypermethrin degradable atau vusa diuraikan di alam. Karenanya, produk ini adalah produk antiserangga paling tepat yang bisa Anda gunakan termasuk untuk pembuatan produk daur ulang kayu palet.

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya, ya! Nantikan berbagai artikel menarik lainnya di antiserangga.com. Kami masih akan berbagai dengan tips dan tutorial produk eco friendly yang lain.

Inspirasi Palet Kayu Bekas: Mendaur Ulang untuk Ciptakan Manfaat!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply