Jenis Serangga Perusak Kayu

0
2636
Rayap, salah satu contoh serangga perusak kayu.

Selain rayap, kayu juga dapat rusak karena keberadaan berbagai jenis serangga perusak kayu lain. Atasi keberadaan hama tersebut dengan anti serangga spektrum luas yang memiliki banyak organisme target.

Rayap, salah satu contoh serangga perusak kayu.
Rayap, salah satu contoh serangga perusak kayu.

Selain ancaman jamur dan mikroorganisme, salah satu bentuk ancaman biologis yang dapat merusak kayu dan produk-produk yang terbuat dari kayu adalah serangga. Mengetahui jenis-jenis serangga kayu yang menjadi hama bagi rumah dan furniture Anda akan membantu menentukan treatment perawatan kayu yang paling tepat.

Berikut ini daftar serangga perusak kayu yang biasa menjadi hama:

  1. Kumbang Pengebor Kayu. Kumbang pengebor kayu memiliki warna coklat kemerahan hingga hitam gelap. Terdapat moncong yang panjang dan tubuhnya silindris berkaki pendek. Larva kumbang ini tidak memiliki kaki, tubuh berwarna putih susu, dan tubuhnya berkerut menyerupai huruf c. Kumbang ini menyerang kayu-kayu lembab atau yang telah membusuk.
  1. Kumbang Penggerek Kulit Kayu. Jenis kumbang penggerek kulit kayu memiliki ukuran 2-6 mm. Warnanya merah dan coklat muda. Kumbang ini biasa menyerang produk kayu seperti pergola dan pagar, kumbang ini cenderung menyebabkan kerusakan yang signifikan.
  1. Kumbang Steely Blue. Jenis serangga perusak kayu ini berwarna biru yang berbeda dengan warna kumbang lainnya yang berawarna coklat. Keberadaan kumbang Steely Blue dapat diidentifikasi dengan keberadaan bubuk kayu.
  1. Kumbang Pengebor Dermaga. Kumbang pengebor dermaga berwarna coklat muda dengan sayap hitam. Serangga ini banyak menyerang perabot kayu dalam keadaan lembab untuk merawat larvanya.
  1. Kumbang Rumah Tanduk Panjang. Kumbang ini berwarna hitam atau coklat dengan rambut keabu-abuan. Larva gemuk dan berwarna putih keabu-abuan.  Kumbang ini biasanya bersarang di jenis  kayu lunak.
  1. Kumbang Deathwatch. Kumbang Deathwatch berwarna coklat kemerahan dengan bulu seperti sisik kuning. Larva berwarna putih dan tertutupi rambut keemasan dengan rahang coklat. Serangga ini banyak menyerang jenis-jenis kayu yang keras. Larva kumbang akan menggali kayu selama bertahun-tahun dan menyebabkan kerusakan kronis.
  1. Kumbang Bubuk. Kumbang Bubuk berwarna coklat kemerahan dengan tubuh tipis dan agak rata, sedangkan larvanya berwarna putih susu. Kumbang ini banyak ditemukan menggerogoti ladang hutan kayu.
  1. Kumbang Bambu. Jenis serangga pemakan kayu ini memiliki penampakan gemuk silindris dan berwarna coklat tua. Ukuran kumbang ini berkisar dari 2-3,7 mm. Kumbang ini memiliki antena melebar dan sayap yang kecil serta berambut tebal. Rongga dada kumbang ini bungkuk dan seolah menyembunyikan kepalanya. Keberadaan kumbang ini dapat diidentifikasi dengan adanya lintasan berupa lorong panjang pada serat kayu dengan bentuk bulat sempurna.

Mengatasi Serangga Perusak Kayu dengan Anti Serangga Spektrum Luas

Pada industri yang berkaitan dengan kayu, antisipasi yang bisa diusahakan adalah menciptakan lingkungan yang buruk bagi kehidupan serangga. Usahakan ruang penyimpanan kayu dan perabot kayu senantiasa kering sehingga serangga tidak bisa berkembang disana. Selain itu, Anda juga bisa melakukan treatment pengawetan kayu dengan produk anti serangga. Pilih produk anti serangga spektrum luas seperti Permethrine 125 EC, sehingga treatment yang Anda lakukan lebih efisien. Anti serangga spektrum luas adalah anti serangga yang bisa digunakan untuk banyak organisme target. Jadi, Anda hanya perlu menggunakan satu jenis anti serangga untuk membasmi banyak serangga pemakan kayu yang menyerang.

SHARE

Leave a Reply