Kerusakan akibat Kumbang Bubuk Timbulkan Kerugian Besar

Kerusakan akibat kumbang bubuk kayu/bambu bisa timbulkan kerugian yang besar. Karenanya, aplikasikan cara yang tepat untuk mencegahnya.

Kerusakan akibat kumbang bubuk kayu ini bisa timbulkan kerugian besar.
Kerusakan akibat kumbang bubuk kayu ini bisa timbulkan kerugian besar.

Kumbang bubuk atau powderpost beetle adalah salah satu jenis serangga yang kerap menyebabkan destruksi pada produk-produk kayu. Kumbang ini akan membuat material kayu keropos karena larvanya mengkonsumsi substrat kayu dan membuatnya menjadi semacam bubuk kayu sebagai kotorannya.

Efek kerusakan akibat kumbang bubuk ini memang tidak terjadi dalam waktu cepat. Kerusakan yang terjadi mengikuti lama hidup larva yang bisa mencapai dua tahun masa hidupnya. Akan tetapi, pada rentang waktu tersebut, bukan tidak mungkin kumbang bubuk lain tidak menginfeksi kayu. Dengan kata lain Anda harus mewaspadai kumbang ini, terutama bila kayu milik Anda tidak dicat dengan baik. Pada perusahaan penyedia kayu dan pengolah kayu, kumbang ini bahkan menjadi momok menakutkan karena efeknya yang begitu buruk. Kerugian hingga angka fantastis bukan tidak mungkin terjadi akibat serangga kecil ini.

Contoh kerusakan akibat kumbang bubuk yang parah.
Contoh kerusakan akibat kumbang bubuk yang parah.

Meski infeksi powderpost beetle biasanya hanya terjadi pada kayu yang belum difinish, namun kadang hewan ini juga ditemukan menginfeksi kayu yang sudah difinish. Apalagi bila jenis kayunya sesuai dengan kayu yang disukai powderpost beetle, misalnya kering dan memiliki pori-pori besar.

Infeksi kumbang bubuk pada kayu yang sudah difinish sendiri umumnya terjadi akibat celah pada kayu yang sudah difinish tersebut. Celah akibat retak atau pengelupasan cat akan menjadi jalan masuk kumbang untuk meletakkan telurnya yang selanjutnya akan berkembang menjadi larva. Karena itulah, menjaga kualitas lapisan coating (cat, varnish, atau plitur) menjadi salah satu cara ampuh untuk mencegah kerusakan akibat kumbang bubuk.

Mencegah Kerusakan akibat Kumbang Bubuk

Untuk mencegah kerusakan akibat kumbang bubuk kayu, cara mudah yang bisa Anda usahakan ialah menciptakan kondisi lingkungan yang tidak ramah dengan kumbang ini. Pastikan pula semua kayu sudah ditreatment dengan insektisida yang baik lalu difinish dengan sempurna.

Untuk aplikasi treatment anti serangga yang tepat, kami merekomendasikan Anda menggunakan Permethrine 125 EC. Anti serangga atau insektisida ini sangat efektif untuk mencegah maupun mengatasi serangan serangga, termasuk kumbang bubuk kayu. Aplikasi insektisida ini pun relatif aman karena bahan aktifnya yang tak mudah menyerap di kulit manusia. Permethrine 125 EC juga lebih fleksibel diaplikasikan karena bisa dilarutkan dengan air maupun solvent.

alterntif text
Permethrine 125 EC.
Permethrine 125 EC.

Kontak dan Pemesanan
Untuk kontak dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Kerusakan akibat Kumbang Bubuk Timbulkan Kerugian Besar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply