Mengenal Kumbang Bubuk Kayu atau Powderpost Beetle

Waspadai serangan kumbang bubuk kayu atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah “powderpost beetle”. Tanpa Anda sadari, serangga ini bisa menyebabkan kerugian yang signifikan baik dalam skala domestik maupun industri besar.

Penampakan Kumbang Bubuk Kayu, spesies Lyctus planicollis.
Penampakan Kumbang Bubuk Kayu, spesies Lyctus planicollis.

Pernah mendapati kayu di rumah Anda memiliki lubang kecil dan kadang mengeluarkan semacam “bubuk kayu halus”? Bila iya, ada kemungkinan kayu di rumah Anda terserang kumbang bubuk kayu. Apa dan bagaimana sebenarnya ciri-ciri kumbang ini?

Dalam pengertian sehari-hari, yang dimaksud dengan kumbang bubuk kayu atau powderpost beetle sering merujuk pada beberapa kelompok serangga pengebor kayu. Istilah ini biasanya ditujukan pada kelompok serangga Lyctid, Anobiide, dan beberapa jenis pengebor lainnya. Namun secara ilmiah, istilah kumbang bubuk sebenarnya hanya meliputi kelompok Lyctid. Adanya pencampuran dengan kelompok kumbang lainnya dikarenakan kemiripan bentuk hingga jenis kerusakan yang dipersepsi sama oleh orang awam. Meskipun demikian, bila diperhatikan dengan seksama, terdapat perbedaan mendasar antara kumbang Lyctid dan kumbang pengebor yang lain. Misalnya, dari segi bubuk yang dihasilkan. Bubuk Anobiide dan Lyctid sekilas sangat mirip. Namun bila ditilik lebih jauh, bubuk Lyctid lebih halus dibandung bubuk yang dihasilkan Anobiide.

Perbedaan bubuk kumbang bubuk kayu yang asli (Lyctid) dan Anobiid
Perbedaan bubuk kumbang bubuk kayu yang asli (Lyctid) dan Anobiid

Kerusakan yang Ditimbulkan dan Tanda-tanda Infeksinya

Kumbang bubuk kayu sering dianggap sebagai serangga perusak kayu kedua yang paling membahayakan setelah rayap. Ia akan membuat kayu yang terinfeksi menurun estetika dan harga jualnya. Pada kasus yang lebih parah, ia juga bisa menyebabkan kerusakan sistematis pada kayu dengan kekeroposan yang dihasilkan. Pada level rumah tangga ataupun industri besar, keberadaan kumbang ini memang harus diwaspadai.

Kerusakan yang ditimbulkan sendiri sebenarnya berasal dari aktivitas larva kumbang. Kumbang dewasa akan mengebor lalu meletakkan telurnya di dalam substrat kayu. Telur yang menetas menjadi larva kemudian akan memakan kayu. Ia akan menciptakan terowongan di dalam kayu dan memenuhinya dengan kotorannya. Meskipun berasal dari kumbang, kita sering menyebut kotoran ini sebagai kotoran kayu atau bubuk kayu. Pada awalnya, bubuk ini hanya memenuhi terowongan. Namun bila jumlahnya terlalu banyak, ia akan terdesak keluar dari lubang terowongan.

Meskipun infeksi powderpost beetle biasanya hanya terjadi pada kayu yang belum difinish, namun tidak jarang pula kayu yang sudah difinish mengandung serangga ini. Adanya powder post beetle dalam kayu yang sudah difinish biasanya diakibatkan infeksi sebelum kayu itu difinish atau ketika lapisan finishing (cat, varnish, atau plitur) rusak. Celah bahkan lubang kecil pada kayu juga bisa menjadi jalan masuk bagi kumbang untuk menginfeksi kayu yang sudah difinish.

Cegah dan Atasi Powderpost Beetle dengan Permethrine 125 EC

Permethrine 125 EC.
Permethrine 125 EC.

Untuk mencegah serangan kumbang bubuk kayu, cara mudah yang bisa Anda usahakan adalah menciptakan kondisi lingkungan yang tidak ramah dengan serangga ini. Pastikan semua kayu sudah ditreatment dengan anti serangga yang baik lalu difinish dengan sempurna.

Untuk aplikasi treatment anti serangga yang tepat, kami merekomendasikan Anda menggunakan Permethrine 125 EC. Anti serangga atau insektisida ini sangat efektif untuk mencegah maupun mengatasi serangan serangga, termasuk kumbang bubuk kayu. Aplikasi insektisida ini pun relatif aman karena bahan aktifnya yang tak mudah menyerap di kulit manusia. Permethrine 125 EC juga lebih terjangkau karena bisa dilarutkan dengan air sehingga Anda tak perlu membeli solvent seperti spiritus dan thinner.

Kontak dan Pemesanan
Untuk kontak dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment