kayu terserang rayap

Tips Meminimalisir Kerusakan Furniture Outdoor Akibat Serangan Hama

Kerusakan furnitur outdoor karena serangan hama adalah kerusakan yang paling sering terjadi. Berbagai faktor tentunya dapat menjadi alasan mengapa hal ini terus terjadi hingga saat ini.

Hal ini tentunya karena furnitur luar ruangan harus menanggung pengaruh dari berbagai elemen cuaca. Kondisi lingkungan baik matahari atau kelembaban yang tinggi saat musim hujan langsung mengenai mebel outdoor membuat furniture lebih retan diserang serangga.

Serangga Destruktif yang Harus Diwaspadai

Furnitur luar ruangan berbahan dasar kayu adalah yang paling berisiko untuk mengalami kerusakan akibat serangan serangga. Terutama jika mebel tidak dirawat dengan benar.

Hal itu dapat membuat kerusakan kayu dan menyebabkan kayu mudah menyusut atau mengembang kemudian mengalami keretakan. Jika sudah demikian, maka retakan tersebut dapat menjadi jalan masuk untuk serangga agar dapat menetap di dalam kayu dan membentuk sarang di sekitarnya.

Di banyak wilayah, jenis serangga perusak kayu memang sangat beragam. Beberapa serangga yang kerap menjadi hama perusak kayu di antaranya yaitu:

1.  Kumbang Penggerek Kayu

kumbang penggerek kayu

Seperti namanya, kumbang ini suka berpesta dengan merusak furniture furnitur kayu. Upayanya dapat menyebabkan kerusakan besar, terutama pada jenis kayu lunak dan kayu tua yang dikeringkan.

Kumbang penggerek ini bahkan dapat bertelur di celah-celah atau retakan di furnitur Anda yang telah ia rusak. Larva dari hama ini dapat memakan furnitur Anda selama bertahun-tahun. Yang terburuk dari semuanya, hama penggerek ini makan dengan cara acak dan serampangan.

Sehingga dapat menghasilkan kerusakan besar dalam mebel. Tak jarang hingga dapat membentuk jaringan terowongan di dalam furnitur kayu Anda. Jika hal ini terjadi, kerusakan fatal pada mebel Anda akan terjadi. Bahkan, resiko furniture tidak dapat digunakan lagi juga sudah ada di depan mata.

2.  Hama Rayap

Rayap Kayu

Rayap selalu masuk daftar atas dari hama perusak kayu. Kerusakan mebel outdoor karena adanya serangan rayap sudah sangat sering terjadi. Hama yang hidup secara berkoloni ini dapat menimbulkan kerusakan fatal hingga menyebabkan sebuah bangunan roboh.

Jika bangunan saja bisa sampai roboh, kerusakan pada furniture tentunya hal yang sangat mampu dilakukan oleh rayap. Rayap dikenal sebagai hama pemakan kayu karena para rayap pekerja biasanya menggerogoti kayu seolah-olah memakannya.

Hama ini menyimpan hasil gigitan kayu di dalam mulutnya dan membawanya untuk membentuk sarang. Sebagian, ada yang digunakan pula untuk menjadi sumber makanan bagi koloninya.

3.  Kumbang Pengebor Kayu

anti teter Powderpost Beetle

Serangga ini disebut sebagai pengebor karena memiliki moncong mulut yang sangat kuat hingga mampu untuk mengebor dan membuat kayu menjadi berlubang. Kumbang pengebor kayu dewasa tubuhnya berwarna coklat kemerahan dengan ukuran 2,5-5 mm.

Saat bertelur, hama ini akan menaruh telurnya di dalam lubang yang sudah mereka buat. Kemudian saat telur tersebut menetas, maka akan muncul larva berwarna putih susu. Larva tersebut akan menetap di dalam kayu selama kurun waktu enam bulan hingga satu tahun.

Lalu pada musim panas atau musim kemarau, mereka akan keluar dari kayu dengan cara melubangi kayu. Hama ini sebagian besar dikenal menyerang jenis kayu lunak, contohnya seperti pinus.

Seperti halnya kumbang penggerek kayu, hama ini juga makan dengan cara yang berkelok-kelok dan acak. Sehingga menciptakan pola sarang lebah di dalam kayu dan menyebabkan hancurnya integritas furnitur Anda.

4.  Semut carpenter

Semut Carpenter

Hama semut carpenter adalah salah satu semut yang paling merusak furnitur kayu. Mereka mampu menembus kayu seperti kumbang dan meninggalkan serbuk gergaji berupa bubuk kayu di belakang mereka yang kerap disebut “frass.”

Jika Anda melihat bubuk kayu ini di sekitar furnitur luar ruangan Anda, semut carpenter mungkin menjadi penyebabnya.

Minimalisir Kerusakan Furnitur Outdoor Karena Serangan Hama

biocide insecticide

Laba-laba pada umumnya memang tidak memakan atau menghancurkan kayu. Namun begitu, laba-laba dapat mengambil alih dan meninggalkan tanda-tanda yang tidak sedap dipandang dari tempat tinggal mereka.

Jika laba-laba menyukai furnitur outdoor Anda, Anda harus mempertahankannya dengan melakukan perawatan secara teratur untuk menjaga kondisinya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyikat sarang laba-laba dan puing-puingnya pada furnitur.

Sementara itu, banyak jenis furniture outdoor yang juga telah mengalami aus. Bahan sintetis yang inovatif saat ini juga dapat diandalkan untuk membantu meminimalkan atau menghilangkan risiko kerusakan furniture outdoor karena serangan hama.

Pemilihan material outdoor furniture juga memberikan pengaruh untuk meminimalisir resiko kerusakan akibat masalah ini. Selain itu, penggunaan produk pengawet kayu yang berkualitas juga dapat menjadi jalan keluar yang tepat.

Anda dapat menggunakan produk Biocide Insecticide untuk mengatasi berbagai serangan hama yang berpotensi merusak mebel. Pemakaian produk ini bisa menjadi langkah preventif untuk mencegah kerusakan mebel. Atau bisa juga digunakan sebagai langkah penanganan untuk mengatasi mebel yang terkena serangan hama.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Biocide Insecticide untuk Minimalisir Kerusakan Furnitur Outdoor Karena Serangan Hama?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.