Menakjubkan, Ini Dia Rumah Rayap Terbesar

Litchfield National Park di Australia menjadi area menakjubkan di mana beberapa rumah rayap terbesar di dunia bisa Anda lihat. Lokasi tepatnya sendiri adalah  di Darwin di sepanjang jalan Top End yang melewati Northern Territory. 

rumah-rayap-terbesarWildlife atau kehidupan alam liar yang begitu mempesona seolah menjadi trademark Australia. Benua yang terletak di selatan Indonesia ini menjadi rumah bagi berbagai jenis fauna dan flora yang tak ditemukan di wilayah lain.

Salah satu pesona negeri kangguru tersebut pun bisa ditemukan pada serangga-serangga yang mendiaminya. Sebut saja rayap. Serangga yang hidupnya berkoloni itu mampu mempertontonkan kehebatannya dengan deretan rumah besar menakjubkan yang bisa Anda temukan di Darwin, tepatnya di Litchfield National Park.

Pada jalan top end yang melintasi Northern Territory, Anda akan dimanjakan dengan beberapa istana rayap yang tingginya mencapai 1-2 meter. Bahkan ada yang tingginya sampai 6 meter dengan lebar 12 meter.Jelas luar biasa tinggi untuk serangga seukuran rayap.

Dari Darwin, Anda bisa mengunjungi pemandangan unik ini dengan berkendara sekitar 90 menit atau 100 km dari tenggara kota tersebut. Selain menikmati pemandangan yang tak biasa, Anda juga bisa menelisik lebih jauh bagaimana kehidupan serangga tersebut sebenarnya. Misalnya dengan mengamati bagaimana para rayap beraktivitas lewat sudut lubang markasnya itu.

David Attenborough menjelaskan bahwa rayap merupakan organisme yang sangat penting dalam ekosistem. Selama sejarah kehidupan di bumi, organisme ini pun telah mengembangkan berbagai hal yang menakjubkan seperti rumah rayap terbesar tersebut. Bukan saja ukurannya yang patut dikagumi. Arsitektur rumah rayap ini pun sangat menakjubkan. Dengan tinggi hingga 6 meter, rayap sama saja seperti manusia yang memiliki gedung bertingkat.

Istana rayap itu sendiri dibuat oleh para pekerja atau rayap yang masih muda. Bahan yang digunakan adalah campuran lumpur, kunyahan kayu/zat organik, feses, hingga air liurnya. Sedikit demi sedikit, bahan-bahan itu dicampurkan untuk membentuk gundukan yang selanjutnya dikembangkan menjadi istana yang menjulang tinggi untuk ukurannya.

alterntif text

Rumah rayap terbesar yang kerap disebut sebagai cathedral itupun tak ayal lagi menjadi incaran para turis. Wisatawan lokal maupun mancanegara hilir mudik mendatanginya. Apalagi dengan liputan yang dilakukan berbagai media internasional dengan rating yang baik.

Rumah Rayap Terbesar: Fenomena Wajar di Australia

Sebenarnya keberadaan rumah rayap dengan ukuran fantastis ini bukanlah sesuatu yang aneh di Australia. Di negeri tersebut, tercatat lebih dari 2.500 spesies rayap dengan 350 di antaranya mendiami wilayah utara.

Rayap dalam kehidupan suku asli Australia pun sudah jadi barang yang biasa dimanfaatkan. Suku Aborigin sering menggunakan serangga ini untuk keperluan pengobatan. Caranya bisa dengan konsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu. Konon, rayap dipercaya bisa mencegah infeksi hingga menyembuhkan perut yang sakit.

Menakjubkan, Ini Dia Rumah Rayap Terbesar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply