Mengapa Mengawetkan Kayu dengan Solar Sama Sekali Tidak Dianjurkan?

keawetan kayuDalam usaha pengawetan kayu, ada beragam hal yang harus dipertimbangkan. Hal ini pun berlaku apabila kita ingin mengawetkan kayu dengan solar. Bahan yang di masa lalu memang banyak digunakan sebagai obat pengawet ini sekarang telah kehilangan popularitasnya. Mengapa demikian? Tentu banyak yang membuat solar kalah saing dibanding produk pengawetan yang dibuat dengan teknologi lebih modern. Berikut ini beberapa alasan mengawet pengawetan kayu dengan solar tidak lagi dianjurkan.

5 Alasan Mengapa Mengawetkan Kayu dengan Solar Tidak Dianjurkan

Cara Kerja Kurang Spesifik dan Kurang Efektif

Solar memiliki cara kerja yang tidak spesifik dan tidak efektif. Ketidakspesifikan cata kerja solar ditunjukkan dari sifat bahan ini yang beracun bagi semua organisme. Sehingga ada fungsi yang cenderung sia-sia kita peroleh. Hal ini pun nantinya berdampak buruk dari segi kelestarian lingkungan.

Selain tidak spesifik, bahan ini pun sebenarnya kurang efektif membasmi hama. Memang benar solar dalam beberapa hal bisa mencegah serangga dan jamur perusak kayu. Tapi dari lama waktu dan stabilitasnya, material tersebut memiliki performa yang tak terlalu mengagumkan. Sebagai contoh, bila dibandingkan dengan obat antiserangga racun syaraf, jelas solar akan kalah cepat membasmi hama.

Menyulitkan Proses Pengecatan

Pada kayu yang hendak dicat, sebaiknya proses pengawetan tidak dilakukan dengan bahan solar. Lantaran, mengawetkan kayu dengan solar sama saja menempatkan diri sendiri pada resiko kegagalan proses finishing yang tinggi. Solar bisa membuat lapisan cat kurang bisa menempel dan rata. Sehingga kalaupun, proses pengecatan bisa dilakukan, hasilnya akan jauh dari yang kita rencanakan.

Membuat Kayu Jadi Bau dan Permukaannya Lengket

Kekentalan solar yang tinggi membuatnya sulit meresap ke dalam kayu. Sehingga bahan ini dapat membuat material tersebut lengket. Baunya yang menyengat juga akan berpindah pada kayu yang ditreatment sehingga menurunkan daya jual produk berbahan material tersebut.

alterntif text

Tidak Aman bagi Manusia dan Lingkungan

bahaya mengawetkan kayu dengan solarSolar mengandung banyak zat yang beracun pada hampir semua organisme. Jadi, bukan hanya organisme target atau hama kayu saja yang akan kena imbas bahan ini. Kayu yang dikenai solar pun akan menjadi sumber polutan di lingkungannya.

Sudah Banyak Bahan Lain yang Kualitasnya Jauh Lebih Baik

Hingga saat ini, teknologi pengawetan kayu telah berkembang baik dari segi metode maupun bahannya. Banyak obat pengawet dengan efektivitas kerja lebih baik dan dengan dampak buruk yang jauh lebih sedikit dibanding solar. Karena itu, mengawetkan kayu dengan solar bukan lagi pilihan bijak dengan alasan tidak adanya bahan lain yang tersedia.

Mengapa Mengawetkan Kayu dengan Solar Sama Sekali Tidak Dianjurkan?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply