Daftar Alat dan Bahan untuk Membuat Furniture

0
95
alat dan bahan untuk woodworking

Apa saja daftar alat dan bahan untuk membuat furniture yang harus disiapkan untuk produksi mebel secara umum? Jawabannya banyak. Ada cat, mesin router, trimmer, amplas, sampai bahan pengawet! Bahan pengawet?

Industri woodworking telah berkembang makin pesat. Kayu masih menjadi bahan idaman kebanyakan orang. Apalagi untuk membuat mebel. Bukan logam, apalagi plastik, secara umum, masyarakat masih begitu menggemari mebel-mebel berbasis kayu. Umumnya, hal ini disebabkan karena:

  1. Kayu dinilai lebih artistik dibanding bahan lainnya
  2. Kayu tidak menimbulkan karat, tak seperti pada logam
  3. Kayu bisa difinish ulang tak seperti plastik
  4. Berat dan kekuatan kayu paling ideal dibanding material lainnya
  5. Kayu merupakan bahan alam yang memiliki daya tarik lebih natural dan menenangkan

Tak mengherankan, setelah digunakan sejak beribu tahun yang lalu, industri woodworking bukannya gulung tikar malahan masih berdiri kokoh. Bahkan industri ini juga telah memberikan banyak sumbangsih ke masyarakat. Selain memberika pemasukan bagi negara, serapan tenaga kerja di industri ini juga begitu besar.

Alat dan Bahan untuk Membuat Furniture juga Makin Canggih

Dengan makin majunya industri woodworking terutama pembuatan mebel, berbagai aspek pada industri ini pun turut menunjukkan perkembangan positif. Salah satu yang bisa kita temukan dengan jelas adalah perkembangan peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam industri ini.

Dulu, orang mungkin hanya mengenal kayu dan alat-alat pertukangan sederhana. Misalnya saja gergaji dan alat untuk membuat ukiran. Hasilnya memang bagus. Toh, banyak mebel berbasis tradisional yang kini punya nama besar di kancah internasional. Misalnya saja aneka mebel Jepara dan Bali. Akan tetapi, bila perlengkapan lama tersebut terus dipertahankan, industri mebel Indonesia bisa mengalami kekalahan dan pada akhirnya kerugian besar dari kompetitornya di luar negeri. Oleh sebab itulah pembaruan harus senantiasa dilakukan. Namun sebelum kita masuk bahasan ini, ada baiknya kita kenali dulu perlengkapan esensial dalam industri woodworking.

Mengenal Contoh-contoh Alat dan Bahan untuk Membuat Furniture

Peralatan Pemotong dan Penghalus Kayu

Peralatan pertama yang mungkin paling populer untuk membuat mebel adalah perlengkapan pemotong kayu. Misalnya saja, gergaji, pisau-pisau khusus pemotong kayu, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga perlengkapan penghalus kayu. Dalam hal ini dibutuhkan bahan khusus berupa amplas.

Peralatan Pengukur Kondisi Kayu

Sebelum kayu diolah, dicat, dipotong, dan lain sebagainya, kayu harus diketahui dulu kondisinya. Misalnya, sebelum dicat, idealnya kayu diukur dulu tingkat kelembabannya. Sebab, kelembaban kayu bisa mempengaruhi kualitas akhir hasil finishing. Makanya, dalam hal ini dibutuhkan suatu alat khusus seperti MC meter yang mengukur kelembaban substrat dari kayu tersebut.

Peralatan Pembentuk Kayu

Beragam alat dan bahan juga dibutuhkan untuk membentuk kayu. Salah satu contohnya yang sudah pernah dibahas di lemkayu.net adalah mesin router. Mesin ini bisa dipakai untuk membentuk alur kecil dan besar pada produk kayu, membentuk tepinya, sampai membuat kayu menjadi lebih halus dan rata. Selain mesin ini, ada banyak lagi perlengkapan lainnya termasuk alat-alat pahat kayu sederhana yang sudah digunakan sejak zaman dulu.

Beragam alat dan bahan juga dibutuhkan untuk membentuk kayu. Salah satu contohnya yang sudah pernah dibahas di lemkayu.net adalah mesin router. Mesin ini bisa dipakai untuk membentuk alur kecil dan besar pada produk kayu, membentuk tepinya, sampai membuat kayu menjadi lebih halus dan rata. Selain mesin ini, ada banyak lagi perlengkapan lainnya termasuk alat-alat pahat kayu sederhana yang sudah digunakan sejak zaman dulu.

Bahan Finishing dan Pewarna lainnya

kursi kayu bagus

Perlengkapan selanjutnya yang dibutuhkan dalam industri woodworking adalah bahan finishing dan perlengkapan aplikatornya. Bahan finishing bisa berupa cat solid, cat transparan, plamir atau dempul, sampai dengan plitur. Ada juga penyeragam warna seperti White Agent WA 250. Intinya, perlengkapan di kategori ini dibutuhkan untuk mengubah warna kayu dan juga untuk memberikan perlindungan akhir pada sebuah produk mebel.

Alat dan Bahan untuk Sambungan Kayu

Perlengkapan untuk sambungan terdiri dari banyak alat dan bahan. Ada lem yang diperlukan, sambungan-sambungan seperti tenon, paku, pemukul, skrup, skrup sudut, dan lain sebagainya. Intinya, alat dan bahan untuk membuat furniture ini didesain secara khusus untuk mewujudkan area sambungan mebel.

Bahan Pengawet juga Dibutuhkan

Di antara sederetan perlengkapan alat dan bahan tersebut, kita tak bisa abai terhadap salah satu bahan yang berguna untuk keawetan produk mebel. Bahan tersebut adalah insektisida dan fungisida yang memiliki sifat untuk melindungi kayu furniture dari hama, baik itu hama serangga ataupun hama jamur.

  1. Insektisida berguna untuk melindungi mebel dari serangga hama
  2. Fungisida berguna untuk melindungi mebel dari jamur-jamur pembusuk dan penyebab noda pada kayu

Keduanya umum diaplikasikan sebelum proses finishing dilakukan pada alur produksi mebel. Caranya dengan diresapkan pada kayu yang digunakan sebagai material mebel tersebut. Hal ini krusial karena serangan hama bisa mengakibatkan beberapa hal sekaligus:

  1. Kerusakan yang terjadi pada substrat kayu, misalnya terjadi pembusukan dan keropos pada kayu
  2. Munculnya noda, hal ini bisa diakibatkan oleh jamur penyebab noda kayu atau wood stain

Kami Menyediakan Insektisida untuk Perlindungan dari Rayap dan Bubuk!

BIOCIDE INSECTICIDE

Seperti diterangkan di atas, salah satu bahan yang perlu digunakan untuk memastikan mebel lebih awet adalah dengan cara menerapkan insektisida pada kayu. Insektisida diresapkan pada kayu supaya kayu tersebut memiliki perlindungan dari serangan berbagai hama.

Insektisida yang dipakai sudah pasti tidak tergolong sebagai insektisida untuk pertanian. Insektisida harus menyasar organisme yang tepat, yakni organisme serangga yang kerap menyerang kayu, misalnya saja rayap dan kumbang bubuk. Produk terbaik yang bisa Anda gunakan adalah BioCide Insecticide.

Insektisida BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Produk ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pengawetan kayu, khususnya untuk industri mebel, kerajinan, dan juga konstruksi bangunan. Sifatnya yang efektif membuat insektisida ini banyak diandalkan berbagai kalangan.

BioCide Insecticide memiliki berbagai kelebihan, antara lain:

  1. Spektrum target organisme yang luas. Artinya ada banyak hama kayu yang bisa dibasmi oleh insektisida ini. Misalnya saja rayap, kumbang bubuk, berbagai jenis kutu, sampai semut-semut hama kayu.
  2. Efektif karena merupakan insektisida dengan cara kerja racun kontak syaraf serangga.
  3. Mudah digunakan
  4. Menggunakan pelarut air sehingga dalam aplikasinya lebih aman sekaligus juga lebih hemat. Bandingkan saja bila insektisida ini menggunakan pelarut minyak, sudah pasti Anda harus mengeluarkan biaya tambahan.
  5. Lebih degradable. Insektisida ini lebih mudah terurai di alam, sehingga penggunaannya lebih baik dari segi lingkungan.
  6. Kemasan hemat dengan harga yang lebih terjangkau
  7. Stabil dan bekerja sangat efektif pada substrat kayu

Kesimpulan

Secara umum, ada sangat banyak alat dan bahan untuk membuat furniture yang perlu disiapkan. Ada amplas yang perlu dipakai untuk menghaluskan kayu, cat untuk membuat kayu menarik, sampai alat-alat untuk membentuk kayu seperti mesin router. Selain itu, diperlukan juga insektisida dan fungisida agar kayu lebih tahan terhadap hama. Di antiserangga.com, kami juga menyediakan insektisida khusus pengawet kayu, BioCide Insecticide. Sangat menarik, bukan?

SHARE

Leave a Reply