Wajib Baca! Tips Membuat Kitchen Set agar Lebih Awet

1
398
membuat kitchen set

Anda sedang akan membuat kitchen set? Eits, tunggu dulu. Sebelum mengerjakan proyek tersebut, Anda wajib membaca tips super penting ini. Dengan mengaplikasikan tips ini, Anda pasti bisa membuat kitchen set menjadi lebih awet serta tahan lama. Tak percaya? Langsung saja baca tipsnya sebagai berikut.

Satu dari sekian banyak jenis perabot yang paling dibutuhkan di era modern ini pastilah kitchen set. Sebagaimana namanya, “set dapur” atau seperangkat perabot dapur, mebel-mebel tersebut memang makin dibutuhkan di zaman di mana segala sesuatunya dituntut lebih rapi dan efisien. Dulu, misalnya, orang cenderung meletakkan perabot dapur ala kadarnya. Aktivitas memasak pun dilakukan dengan tungku yang diletakkan di area dapur yang tidak terintegrasi dengan letak perabotannya. Namun, di zaman di mana “ruangan” rumah makin menyempit seperti saat ini, jelas hal tersebut tak bisa lagi diandalkan. Tak hanya kurang rapi, efektivitas dan efisiensi saat beraktivitas di dapur jadi kurang gara-gara hal tersebut.

Bagi pelaku usaha mebel sendiri, fakta bahwa kitchen set makin dibutuhkan seyogyanya menjadi sebuah kabar gembira. Pasalnya, dengan fakta ini, kita bisa mengetahui bahwa terdapat produk baru yang bisa dijual untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Tetapi, yang mungkin jadi pertanyaan kebanyakan orang adalah, “apakah membuat kitchen set adalah hal yang sulit? Atau hal yang mudah dilakukan?”

Bila Anda menanyakan pertanyaan tersebut, Anda tak perlu khawatir. Secara umum, kitchen set bukanlah perabot yang sulit untuk dibuat. Perabot ini pun bisa didesain dengan model yang sederhana sehingga lebih mudah diwujudkan. Anda yang memiliki keterampilan dasar woodwokirng secara umum akan bisa membuatnya. Sehingga Anda sebetulnya bisa menghasilkan perabot tersebut sendiri, baik untuk kebutuhan personal ataupun untuk kebutuhan usaha.

Kemampuan memproduksi perabot dapur juga sejatinya penting untuk ekonomi nasional. Di era globalisasi ini, pasar mebel lokal telah menjadi pasar untuk berbagai perusahaan dari berbagai negara. Dengan kata lain, pelaku usaha mebel Indonesia dituntut untuk bisa bersaing dengan pengusaha mebel dari luar negeri. Jadi, merupakan hal yang penting untuk bisa terdepan di bidang pembuatan mebel yang sedang trend seperti kitchen set. Jangan sampai, pasar kitchen set Indonesia dikuasai mebel-mebel luar. Hal ini harus benar-benar dipahami sebab Indonesia bertetangga dengan beberapa negara raksasa produsen furniture seperti Malaysia, China, dan Vietnam.

Aneka Contoh Model Kitchen Set

Jangan ragu untuk membuat kitchen set sendiri! Pembuatan kitchen set, seperti dijelskan di atas bukanlah hal yang sulit diwujudkan. Ada berbagai contoh model mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Berikut ini beberapa contoh model kitchen set sederhana yang bisa dijadikan inspirasi.

Kitchen Set Minimalis

kitchen set minimalis

Gaya minimalisme mengedepankan kesan efektif, efisien, sederhana, bersih, dan juga balance.

Kitchen Set Beach House

kitchen set beach house

Gaya beach house sebagaimana namanya akan membuat atmosfer dapur Anda bernuansa pantai yang relaxing dan nyaman.

Kitchen Set Shabby Chic

kitchen set shabby chic

Shabby chic merupakan style design yang memadukan kesan tua dan lembut.

Kitchen Set Natural

kitchen set natural

Keindahan natural memang selalu memesona. Kitchen set pun bisa hadir dengan tampilan yang alamiah baik dengan finishing yang tepat ataupun dengan model yang spesifik.

Kitchen Set Tradisional

kitchen set tradisional

Suka dengan gaya tradisional Indonesia? Kitchen set juga bisa dibuat dengan model yang merepresentasikan budaya tiap etnik negeri ini.

Keawetan Jadi Tantangan tersendiri

Meski secara umum mudah, namun memang harus diakui bahwa ada beberapa hal yang harus diantisipasi agar kitchen set yang dihasilkan lebih berkualitas. Salah satu yang menjadi tantangan besar adalah masalah keawetan dari produk tersebut. Lantaran, seperti yang kita tahu, produk ini ditempatkan pada area yang tidak begitu ideal. Kitchen set bukan meja dan kursi ruang tamu yang diletakkan di ruangan yang selalu bersih. Kitchen set juga bukan ranjang yang diletakkan di area kamar yang cenderung selalu kering. Tidak. Set perabot dapur diletakkan di ruangan di mana aktivitas dapur dilakukan. Eksposi air, solvent atau minyak, hingga panas merupakan faktor yang selalu bisa menjadi pemicu kerusakan perabot ini. Oleh karena itulah, saat membuat kitchen set, adalah hal yang sangat penting untuk memperhatikan hal tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Kitchen Set agar Awet?

Karena ditempatkan di daerah yang jauh dari kata ideal, mau tak mau kita memang harus memperhatikan keawetan atau ketahanan produk tersebut. Persoalannya, bagaimana cara untuk memastikan bahwa kitchen set yang dibuat tahan terhadap kondisi dapur yang tidak ideal?

Ada beberapa kiat yang sebenarnya bisa diterapkan. Salah satu yang paling sering dilakukan orang adalah memanfaatkan bahan finishing yang bagus. Bahan finishing tersebut, bahkan bila perlu tergolong bahan finishing yang bisa dipakai untuk kondisi heavy duty (keras). Mengapa usaha ini paling sering dilakukan? Jawabannya sederhana. Sebab, proses finishing memiliki tujuan proteksi selain tujuan estetika. Oleh sebab itulah, kebanyakan orang akan memilih bahan finishing yang baik untuk memberikan proteksi atau perlindungan yang juga baik.

Namun demikian, selain memilih bahan finishing, ada kiat lain yang sebenarnya tak kalah penting. Kiat tersebut adalah melakukan pengawetan yang baik pada kayu yang akan dipakai untuk membuat kitchen set.

Ingat! Sebetulnya, banyak pelaku usaha yang sudah melakukan pengawetan. Tapi, prosesnya dilakukan ala kadarnya. Padahal, menerapkan treatment pengawetan adalah kunci utama keawetan material kayu. Bayangkan, misalnya, lapisan finishing mengalami kerusakan atau terkelupas. Akibatnya, kayu yang dilapisi akan terekspos berbagai faktor perusak yang bisa menyebabkan kerusakan parah. Hal itu terjadi sebab kayu tidak dilindungi dengan baik. Sebaliknya, bila kayu sudah dilindungi dengan baik, kerusakan tidak akan terjadi. Singkat kata, pastikan treatment pengawetan dilakukan dengan baik. Untuk hal ini, selain keterampilan pekerja dan metode yang diterapkan, pastikan juga Anda menerapkan obat pengawetan yang baik seperti BioCide Insecticide, anti rayap dan anti serangga kayu.

Kesimpulan

BIOCIDE INSECTICIDE

Membuat kitchen set sendiri merupakan hal yang gampang-gampang susah. Bila Anda memiliki keterampilan dasar membuat mebel, tentu saja hal tersebut tak akan terlampau sulit dilakukan. Toh, bentuk kitchen set juga tak harus serumit yang dijual di berbagai toko yang sudah besar. Jadi, baik Anda yang ingin membuatnya sendiri untuk kebutuhan pribadi atau untuk kebutuhan usaha, jangan ragu untuk melakukannya. Hanya saja, selain perkara teknik, model, dan lainnya, Anda juga perlu memperhatikan awet tidaknya produk tersebut. Ingat, kitchen set nantinya diletakkan di dapur, di area yang kelembaban dan panasnya tinggi. Tak jarang, siraman air juga mengenai perabot tersebut. Dengan demikian, perlu suatu tips khusus untuk mengantisipasi hal ini. Tips tersebut adalah pengawetan kayu yang harus dilakukan sebelum membuat kitchen set.

Untuk melakukan pengawetan, Anda perlu metode yang tepat dan insektisida yang juga tepat. Insektisida yang kami rekomendasikan adalah BioCide Insecticide. Aplikasi BioCide pada kayu kitchen set yang kemudian difinish dengan cat yang aman untuk kesehatan pasti akan membuat perabot Anda benar-benar lebih awet namun juga tidak toksik.

SHARE

1 COMMENT

Leave a Reply