Penting! Bahan Pengawet Rotan untuk Cegah Jamur dan Kutu

Kayu bukanlah satu-satunya material alam untuk membuat furniture. Berbagai jenis material lain seperti rotan pun tak kalah menarik digunakan dalam industri wood working sampai craft. Tetapi tentu saja penggunaannya harus disertai aplikasi bahan pengawet rotan yang bagus.

Apa itu Bahan Pengawet Rotan?

Yang disebut sebagai pengawet rotan adalah bahan yang digunakan untuk memperpanjang usia pakai material tersebut. Rotan sebagaimana kayu, disusun oleh zat organik yang secara alami mudah dimakan hama. Ini menyebabkan tingginya kecepatan pelapukan biologis pada material jenis itu.

Berdasarkan jenis hama targetnya, bahan pengawet bisa dibedakan menjadi dua:

  1. Insektisida yang berguna untuk mencegah serangan serangga seperti kutu, kumbang bubuk (teter), rayap, dst.
  2. Fungisida yang berguna untuk mencegah berbagai jenis jamur.

Sebenarnya, terdapat hama lain di luar serangga dan jamur. Contohnya saja bakteri pembusuk, alga, lumut, dan kelompok hewan arachnida (laba-laba). Bila Anda ingin memberikan perlindungan yang benar-benar sempurna, tentu obat dari masing-masing hama itu juga harus diperhatikan.

Fungsi Pengawetan Rotan

Sebagaimana telah disebut di atas, fungsi bahan pengawet ialah memperpanjang usia pakai produk yang diawetkan. Namun fungsi spesifiknya sebenarnya adalah membuat rotan menjadi toksik bagi hama penyerang. Aplikasi insektisida dan fungisida rotan adalah wujud dari fungsi ini. Dengan diresapkannya fungisida dan insektisida maka rotan akan beracun bagi jamur maupun serangga seperti kumbang bubuk.

Yang dikhawatirkan dengan fungsi tersebut adalah keamanan rotan ketika digunakan. Namun kita tidak perlu khawatir bila:

  1. Menggunakan obat pengawet yang meski beracun bagi hama namun tidak membahayakan manusia.
  2. Rotan dilapisi dengan bahan finishing atau cat yang baik.

Bahan Pengawet Rotan BioCide

Obat pengawet rotan yang kami sarankan kepada pembaca antijamur adalah BioCide. Obat ini memiliki fungsi sangat baik mencegah rusaknya rotan namun relatif aman untuk manusia. BioCide juga terdiri dari 3 varian yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan.

  1. BioCide Insecticide sebagai insektisida dengan bahan aktif permethrin.
  2. BioCide Wood Fungicide sebagai fungisida sekaligus bakterisida. Produk ini didesain untuk mencegah jamur blue stain, lumut, dan bakteri pembusuk.
  3. BioCide Surface Film Preservative sebagai obat antijamur yang dicampur ke dalam lapisan cat.
biocide
Obat pengawet BioCide

Sangat menarik bukan? Perlindungan yang diberikan obat ini juga sangat menyeluruh sehingga rotan dijamin aman. Yuk gunakan bahan pengawet rotan BioCide untuk rotan-rotan berkualitas!

Leave a Comment