Penyerap Kelembaban Banten

0
935
Penyerap Kelembaban Banten

Indonesia memiliki kekayaan luar biasa yang lebih unggul dari negara-negara lainnya, salah satunya adalah kekayaana alam berupa kayu. Kayu banyak digunakan untuk kebutuhan bangunan, furniture maupun perabotan. Bahkan bisa dikatakan penggunaan kayu tidak lepas dari desain interior-eksterior sehingga kebutuhan bahan baku selama meningkat di tiap tahunnya.

Banten menjadi salah satu daerah di Indonesia yang saat ini dikenal dengan kerajinan kayunya yang unik dan berkelas. Industri ini merupakan fosil kayu yang memiliki komersial yang sangat tinggi bahkan banyak diminati di berbagai negara. Membicarakan luar negeri tentu harus melalui beberapa tahap sebelum pengiriman, salah satunya yakni dengan menaruk penyerap kelembaban Banten.

Kerajinan Kayu Di Banten Yang Mendunia

Penyerap Kelembaban Banten
Fosil kayu untuk kerajinan di banten.

Banten menjadi salah satu daerah yang sekarang dikenal dengan kerajinan fosil kayunya. Bahkan kerajinan ini banyak diminati di daerah Jerman, Korea Selatan, Singapore dan China. Tampilannya yang unik dan sangat alami ini lah yang menjadikan fosil kayu sangat diminati oleh beberapa negara. Sehingga tidak salah bahwa harga jual dari fosil kayu bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Apa itu fosil kayu? Seperti namanya yakni fosil yang mana fosil kayu ini merupakan kayu yang sudah membatu selama ratusan tahun hingga jutaa tahun yang terjadi di permukaan tanah. Jadi wajar saja jika harga dari kayu bisa mencapai ratusan juta rupiah karena tampilannya terbentuk secara alami. Fosil kayu ini biasanya akan dibentuk menjadi beragam furniture seperti meja, stole, kursi dan masih banyak lagi.

Petrified wood merupakan nama lain dari fosil kayu terkandung bahan-bahan organik yang kemudian berubah menjadi mineral silikat. Bahkan dalam fosil kayu tersebut tidak hanya terkandung mineral silikat saja melainkan juga oksigen dan beberapa logam. Sehingga tampilan fosil ini tampak alami dengan perpaduan bahan-bahan yang terkandung didalamnya.

Fosil kayu ini pada umumnya banyak ditermukan di dalam hutan, dasar sungai maupun gua di Sumatra dan Banten. Ketika awal kali mengangkat fosil kayu tersebut maka Anda akan melihat seperti bongkahan kayu namun setelah dibuka maka akan terlihat di dalamnya menyerupai batuan alami. Bongkahan kayu ini akan lebih condong berwarna kecoklatan kehitaman sehingga Anda harus lebih jeli melihatnya.

Karena fosil kayu ini bertahun-tahun lamanya maka saat dibentuk menjadi furniture harus lebih hati-hati dilakukan. Terlebih ketika mengamplas, sebaiknya amplas sisik kasar kulit luar dari kayu fosil ini lebih halus dan hati-hati agar tidak mengelupas. Sebab, fosil kayu ini sangat rawan dan bebatuan yang terbentu pada bagian dalam tersebut juga mudah retak dan patah.

Pengrajin lokal dan pemerintah saat ini lebih fokus untuk mengolah fosil kayu ini di dalam negeri untuk dijadikan furniture. Hal ini dipercaya lebih menguntungkan ketika mengekspor bahan mentah fosil kayu ke luar negeri kemudian baru diolah menjadi furniture. Sedangkan pangsa pasar untuk furniture fosil kayu di Indonesia juga banyak dilirik oleh kalangan pejabat atau kongomerat karena tampilannya tersebut yang unik dan antik.

Nah, karena sangat diminati baik di daerah-daerah di Indonesia dan luar negeri maka selama proses pengiriman juga perlu dilakukan lebih hati-hati. Hal ini dikarenakan furniture tersebut sangat rawan dan mudah rapuh. Maka dari itu, bungkus kardus furniture fosil kayu tersebut kemudian ikat dengan erat untuk menghindari gesekan-gesakan yang terjadi selama di perjalanan. Dan jangan lupa untuk menggantungkan penyerap kelembaban Banten untuk menjaga kelembaban udara dalam kontainer tetap stabil.

Penyerap Kelembaban Banten Yang Baik Untuk Fosil Kayu

Fosil kayu merupakan salah satu kerajinan yang sangat langka di Indonesia dan bisa digolongkan perabotan atau furniture dengan bahan baku ini sangat ekslusif karena harganya yang sangat tinggi. Tidak hanya memiliki peminat di Indonesia saja melainkan di berbagai negara di Asia maupun Eropa. Sehingga wajar saja jika peminat dari furniture fosil kayu ini semakin meningkat, dengan demikian penghasilan dalam negeri juga bisa meningkat dengan adanya hasil karya dalam negeri yang bisa mendunia. Untuk menjumpai furniture atau perabotan dengan fosil kayu, Anda bisa melihat furniture tersebut pada saat pameran mengenai furniture dan perabotan kayu.

Penyerap Kelembaban Banten

Pengiriman furniture atau perabotan fosil kayu ini tentu harus dilakukan dengan penuh kehatian-hatian karena bahan bakunya tersebut yang sangat mudah retak. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa fosil kayu ini juga terdiri beberapa logam dan bebatuan yang terbentuk secara alami. Sehingga selama pengiriman harus dikemas seaman mungkin agar tidak mudah tergesek dan tidak mudah retak. Tentu tidak ingin kualitas furniture kayu berkurang dan harga jual furniture fosil tersebut menurun?

Sebelum proses pengiriman yang perlu diperhatikan adalah tingkat suhu dan kelembaban udara dalam kontainer. Hal ini bertujuan agar menjaga kualitas dari furniture fosil kayu tersebut tetap terjaga baik selama perjalanan. Alangkah baiknya ketika loading, atur kelembaban dalam kontainer dengan tingkat kelembaban udara lebih dari 80%. Pengaturan lebih dari 80% ini bertujuan agar tidak terjadinya kondensasi ketika kelembaban udara mulai menurun.

Maka dari itu, agar menghindari terjadinya kondensasi atau ketika mengalami kelembaban udara yang meningkat maka taruh penyerap kelembaban Banten, dessicant pole. Penyerap kelembaban ini sangat efektif menyerap kelembaban dalam kontainer atau bahkan gudang penyimpanan. Bahkan bisa menyerap kelembaban udara dua kali lipat dari massa kontainer itu sendiri. Sehingga wajar saja jika dessicant pole ini sangat baik digunakan untuk pengiriman barang terlebih ke luar negeri yang pasti akan mengalami perubahan cuaca dan kelembaban udara.

Dessicant pole ini tidak mudah bocor seperti produk lain karena ketika penyerap kelembaban ini menyerap kelembaban dengan maksimal akan berubah menjadi gel sehingga sangat kecil kemungkinan dessicant pole tersebut bocor selama pengiriman. Karena dessicant pole sifatnya tidak permanen, sehingga cek keadaan dari penyerap kelembaban tersebut secara berskala. Terutama ketika pengiriman harus menempuh waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Dessicant pole ini dipastikan aman untuk pengiriman barang ke seluruh negara di dunia karena sudah disesuaikan dengan standar regulasi SGS International. Selain sudah menyesuaikan dengan regulasi tersebut, dessicant pole ini terbuat dari kombinasi bahan chemical absorbent dan bebas dari DMF sehingga wajar saja jika penyerap kelembaban ini juga sangat baik digunakan untuk pengiriman bahan-bahan yang biasanya dikonsumsi seperti makanan ringan, makanan kering atau obat-obatan.

Cara penggunaan dessicant pole sangat sederhana namun tidak sesederhana penerapan silica gel yang ditaruh begitu saja. Dessicant pole ini harus digantungkan di dinding-dinding kontainer dan usahakan untuk diletakkan dengan jarak yang sama. Sebelum digantung, robek plastik sesuai dengan petunjuk pada kemasan tersebut. Setelah digantungkan di dinding kontainer, tutup kontainer dengan rapat untuk menghindari udara luar masuk yang memungkinkan membawa benih-benih jamur, serangga atau mikroorganisme lainnya.

 

SHARE

Leave a Reply