Pertimbangan sebelum Membeli Piano Bekas

Ingin membeli piano bekas? Yuk, pertimbangkan beberapa hal ini dulu.

membeli-piano-bekas-secondSiapa yang tak kenal piano? Alat musik petik ini merupakan salah satu instrumen yang paling populer dan tertua di dunia. Suaranya yang besar, fleksibel, dan indah membuat piano banyak digunakan untuk berbagai aktivitas seperti pentas seni. Piano bisa dimainkan sendiri, sebagai pengiring, maupun dalam sebuah grup yang dengan alat musik lain.

Membeli Piano

Kepopuleran piano terus meningkat seiring berjalannya waktu. Tak heran bila permintaan akan alat musik ini juga terus berkembang. Di pasaran sendiri tersedia berbagai jenis piano yang bisa dipilih. Beragam merek dengan harga dan spesifikasi yang berbeda tersedia untuk Anda. Kecermatan akan menentukan kualitas alat musik yang kita beli tersebut.

Contohnya terkait dengan ukuran piano. Kerap dianjurkan agar kita membeli piano berukuran besar untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus. Saran ini tidak sepenuhnya benar. Hal-hal di luar ukuran piano seperti kualitas kayu dan konstruksinya  memiliki peran signifikan.

Bagaimana dengan harganya? Tak bisa dipungkiri, harga instrumen ini jauh lebih mahal dibanding alat musik lain. Akibatnya banyak calon pembeli yang kemudian memilih alternatif mencari piano second.

Membeli Piano Bekas: Hal Penting Wajib Disimak

Meski jelas lebih murah, membeli piano yang merupakan bekas orang lain juga memberikan konsekuensi tersendiri. Kualitas produk tersebut secara umum pasti lebih rendah dibanding produk yang masih baru. Namun dengan kecermatan memilih, kita dapat meminimalisir gap atau perbedaan kualitas tersebut.

Garansi!

Lakukan pembelian di tempat jual piano bekas yang memberikan garansi cukup panjang. Bandingkan kualitas garansi yang diberikan satu toko dengan lainnya.

Bawa Orang yang Ahli

Bila Anda sangat awam mengenai alat musik ini, ada baiknya minta ditemani oleh kenalan yang lebih paham. Dengan begitu, mereka dapat membantu Anda menilai apakah piano bekas tersebut masih baik atau sudah tidak layak pakai. Misalnya terkait kualitas suara piano.

Merek

Meski tidak selalu tepat, namun memperhatikan merek sedikit banyak bisa digunakan sebagai cara mudah membeli piano bekas berkualitas.

Jeli

Bila Anda tidak memiliki kenalan yang ahli mengenai alat musik ini, maka satu-satunya yang bisa diandalkan adalah diri Anda sendiri. Mulailah dengan membekali diri dengan berbagai macam pengetahuan terkait kualitas piano. Contohnya, tanda-tanda serangan totor pada piano. Totor atau kumbang bubuk adalah jenis serangga yang larvanya hidup dalam substrat kayu. Tanda serangannya bisa dilihat dari adanya lubang-lubang di permukaan kayu.

Tips untuk Penjual

Bila Anda bergerak dalam usaha penjualan piano (baik baru maupun bekas), hindarilah sejak dini produk-produk piano yang sudah terserang hama. Selain sulit diatasi, piano tidak boleh diberi sembarang obat baik itu insektisida ataupun fungisida. Pasalnya, efek penggunaan obat dapat menyebabkan kerusakan pada instrumen ini.

Sebaiknya sejak awal produsen piano menggunakan kayu yang diawetkan dengan insektisida serta fungisida.  Proteksi dari obat pengawet kayu yang baik seperti BioCide akan membuat piano bebas hama dan lebih berkualitas meski sudah berstatus second.

Leave a Comment