Satu Solusi agar Kerajinan Kayu Tahan Lama

Apa yang harus kita lakukan agar kerajinan kayu tahan lama? Seringkali produk-produk wooden craft di pasaran mengalami masalah ini. Tentu ada kiat atau solusi khusus untuk mengatasinya, bukan?

kerajinan-kayu-wooden-craftBerbagai produk kerajinan kayu atau wooden craft telah melalang buana ke berbagai negara. Keindahannya yang menawan baik dari segi material maupun desainnya telah menarik perhatian banyak pihak. Sayangnya, selain produk berkualitas ekspor, seringkali karya-karya ini hadir dengan kelemahan fatal: ”mudah rusak”.

Kerentanannya akan kerusakan bisa dilihat dengan mudahnya kayu yang digunakan keropos, ditumbuhi jamur, bubukan, dan sebagainya. Dalam beberapa hal, kondisi ini bisa dipahami. Sebab, seringkali material kayu yang digunakan berasal dari bahan yang bukan kualitas unggulan. Biasanya, industri ini memanfaatkan bagian pohon tak terpakai seperti ranting kayu. Pada banyak kasus, juga seringkali digunakan kayu bekas peti kemas atau palet yang jelas kualitasnya tidak bisa dikatakan terbaik.

Apakah ini buruk?

Sebenarnya sama sekali tidak demikian. Industri wooden craft justru menuai pujian karena mampu menyerap kayu-kayu “sampah” atau bekas menjadi barang baru bernilai tinggi. Yang perlu dilakukan hanyalah meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan agar lebih awet.

Cara agar Kerajinan Kayu Tahan Lama

Salah satu cara yang bisa kita aplikasikan untuk mengatasi produk yang mudah rusak adalah menggunakan bahan pengawet terlebih dahulu. Jangan salah! Bukan hanya makanan lyang memiliki bahan pengawet. Kayu pun demikian. Hal ini pun sudah terbukti efektif digunakan pada industri lain. Misalnya industri mebel dan bahan bangunan.

Apa solusi untuk kerajinan kayu bekas?
Apa solusi untuk kerajinan kayu bekas?

Pada kedua industri tersebut, treatment pengawetan sudah merupakan langkah utama yang dinilai demikian krusial untuk dilakukan. Dengan treatment pengawetan ini, kayu diharapkan tidak mudah diserang hama baik itu jamur maupun serangga sehingga ketika digunakan lebih awet.

Kalau bisa diaplikasikan untuk industri furniture dan konstruksi, kenapa tidak pada industri craft? Toh, prinsip yang digunakan sama saja. Kita hanya perlu meresapkan bahan pengawet ke dalam kayu. Bahan pengawet yang terdiri dari insektisida dan fungisida itu nantinya akan membuat kayu tak lagi diserang hama.

Insektisida dan fungisida yang digunakan adalah BioCide. Bukan insektisida dan fungisida sembarangan misalnya produk serupa tapi didesain untuk keperluan pembasmian hama pertanian.

BioCide adalah produk antihama yang didesain khusus untuk treatment pengawetan pada kayu, bambu, rotan, dan material sejenis. Anda bisa mengandalkan BioCide agar kerajinan kayu tahan lama.

BioCide Insecticide untuk mencegah kerusakan wooden craft dari serangga seperti teter (kutu bubuk) dan rayap.

BioCide Wood Fungicide dan BioCide Surface Film Preservative untuk mencegah kerusakan dari jamur serta bakteri pembusuk.

biocide
Obat pengawet kayu BioCide

Silahkan buktikan sendiri proteksi yang diberikan BioCide pada kayu-kayu Anda.

Leave a Comment