Kerajinan Ranting Kayu: Alternatif Craft Berestetika Tinggi

Dari bahan seperti ranting kayu, dapat diciptakan craft dengan keindahan yang sangat menawan. Seperti apa keindahan kerajinan ranting kayu tersebut dan bagaimana tips membuatnya awet? Yuk simak di bawah ini.

Produk-produk craft biasanya memanfaatkan bahan yang kita anggap tak berguna. Namun justru di sinilah letak menariknya kerajinan tersebut. Kita sering tak menyangka dari benda yang tampak biasa saja ternyata bisa diubah menjadi benda seni fungsional yang mengagumkan. Bahkan bernilai jutaan rupiah.

Hal ini pun dapat kita lihat pada berbagai kerajinan atau craft ranting kayu. Siapa yang menyangka dari ranting-ranting tersebut bisa dihasilkan berbagai produk yang menawan? Padahal, biasanya orang hanya peduli dengan log-log kayu berharga mahal. Sedangkan ranting dibiarkan sebagai bahan bakar saja.

Namun dengan teknik pengecatan dan penyambungan yang tepat, berbagia ranting tersebut bisa diubah menjadi hiasan dinding, hiasan meja, hingga hiasan untuk alat-alat makan. Sangat menarik bukan?

Bentuk ranting yang tak simetri dan berkelok-kelok justru menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa menfaatkan karakter ini untuk menguatkan kesan unik di rumah.

Contoh Kerajinan Ranting Kayu

Ada sangat banyak contoh produk yang bisa dibuat menggunakan bahan ranting kayu. Di atas sudah disebutkan beberapa. Yang lain yang bisa dibuat adalah:

  1. Frame untuk kaca. Ranting bisa dipakai untuk menghias bagian frame kaca. Ranting juga bisa diposisikan agar membentuk seperti sinar matahari. Produk seperti ini sudah banyak dibuat dan banyak laku di pasaran.
  2. Berbagai jenis wadah termasuk vas bunga. Ranting bisa ditempelkan pada berbagai wadah etrmasuk asbak, vas bunga, tempat makeup dan lain sebagainya. Penggunaan ranting akan membuat berbagai wadah tersebut terlihat lebih unik.
  3. Boneka kecil. Ya ranting juga bisa digunakan untuk membuat mainan anak berupa boneka kayu.
  4. Gantungan kunci. Salah satu kerajinan lain yang mudah dibuat menggunakan ranting adalah gantungan kunci. Ranting bisa dibentuk menyerupai bunga, huruf, atau kupu-kupu lalu dijadikan gantungan kunci.
  5. Bunga. Ranting bisa dipakai untuk membuat bunga hias. Ranting bisa digunakan sebagai tangkai bunga atau untuk membentuk bunga itu sendiri.

Masih banyak lagi contoh kerajinan ranting kayu yang lain. Eksplore saja ide-ide yang Anda punya. Atau, Anda juga bisa mencari inspirasi dari berbagai referensi baik dari buku, dari internet, tutorial youtube dan lain sebagainya.

Aneka produk kerajinan tersebut selanjutnya bisa Anda jual sehingga bisa mendatangkan keuntungan tersendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Kerajinan Ranting Kayu

Kelebihan

Kerajinan dari bahan ranting kayu menawarkan banyak kelebihan apabila dibandingkan dengan kerajinan dari kayu log yang konvensional. Berikut ini beberapa kelebihan tersebut:

  1. Untuk membuatnya, modal yang dibutuhkan jauh lebih kecil. Pada banyak kasus, ranting bahkan dianggap sampah dan Anda tak perlu keluar uang untuk mendapatkannya.
  2. Pengolahan yang mudah. Dan, Anda juga tak perlu memiliki wood machinery yang komples dan mahal harganya.
  3. Produk yang cenderung berukuran lebih kecil dengan bobot rendah sehingga mudah dikemas sekaligus dikirim.
  4. Berbagai ide yang bisa dieksplor sebagaimana dicontohkan di atas.
  5. Pangsa pasar yang besar. Produk tidak hanya bisa dipasarkan di Indonesia tapi juga di luar negeri.

Kekurangan

Hadir dengan berbagai kelebihan, kerajinan ranting kayu juga memiliki beberapa kekurangan.

  1. Keawetan yang rendah
  2. Secara umum lebih mudah rusak dibandingkan dengan kerajinan kayu
  3. Meski idenya banya, tapi ranting jelas tak bisa dipakai untuk menghasilkan ukiran ataupun patung kayu yang harganya mahal
  4. Harga lebih terjangkau sehingga kadang profit lebih kecil
  5. Mudah dibuat sehingga konsumen kadang memilih untuk membuatnya sendiri

Merujuk poin kelima, bagi pelaku usaha yang ingin mengandalkan ranting kayu, kreativitas harus benar-benar dikedepankan supaya produk memiliki nilai jual yang baik.

Kurang Awet

Sebagaimana disebut di atas, meskipun memberikan banyak keunggulan, akan tetapi kerajinan ranting kayu juga tak lepas dari kekurangannya. Karena terbuat dari ranting yang sel-selnya lebih muda dari bagian batang, biasanya keawetan produk ini lebih rendah. Ditumbuhi jamur hingga mengalami “bubukan” (diserang rayap dan kumbang bubuk) bukanlah kasus langka. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus:

  1. Memilih ranting yang cukup tua.
  2. Memilih ranting yang masih di pohonnya. Sebaiknya jangan memilih ranting yang sudah jatuh karena kemungkinan besar material tersebut sudah lapuk dan berjamur.
  3. Mengawetkan ranting dengan produk antiserangga (insektisida) kayu BioCide Insecticide.
  4. Menerapkan cat yang tahan lama dan awet.
  5. Merawat dan membersihkan secara berkala.
  6. Pengemasan yang baik. Pengemasan harus memerhatikan tingkat kelembaban. Apabila produkl akan dikirim, pastikan Anda menggunakan penyerap kelembaban seperti silica natural dan container desiccant pole.
Kerajinan Ranting Kayu

Dengan kiat-kiat di atas, kerajinan ranting Anda pasti bisa ditingkatkan kualitasnya. Untuk usaha yang lebih maju pun, kiat di atas wajib diaplikasikan. Sebab, yang diperlukan orang bukan sekedar craft yang menarik. Keawetan pun menjadi kualitas unggulan dan telah dibuktikan berbagai brand ternama.

Apa itu Insektisida BioCide Insecticide?

Di salah satu tips yang disebut di atas, kami menyarankan penggunaan BioCide Insecticide. Barangkali, Anda bertanya-tanya mengenai produk tersebut. Apa itu BioCide Insecticide dan kenapa penting digunakan?

BioCide Insecticide adalah insektisida yang disediakan Bio Industries. Bio Industries menghadirkan seri pestisida pengawet kayu BioCide yang sebenarnya terdiri dari 3 varian (2 antijamur, dan 1 antiserangga). BioCide Insecticide adalah varian BioCide untuk antiserangga.

Sebagai insektisida pengawet kayu, BioCide Insecticide mengandung cypermethrin 100 EC. Peresapan insektisida ini ke material kayu akan membuat material kayu tidak dimakan hama seperti rayap, kumbang bubuk, kutu, dan lain sebagainya.

BioCide Insecticide juga memiliki sangat banyak keunggulan apabila dibandingkan dengan insektisida yang lain. Salah satu di antaranya disebabkan karena insektisida ini menggunakan pelarut air. Dus, BioCide Insecticide tidak menyebabkan karat, pun bau menyengat. BioCide Insecticide juga tidak menyebabkan permukaan ranting jadi sulit dicat seperti yang kerap ditemukan pada kayu yang diawetkan dengan solvent based pesticide. Menarik sekali, bukan?

Cara Mengawetkan Ranting Kayu dengan BioCide Insecticide?

Untuk mengawetkan kerajinan ranting kayu menggunakan BioCide Insecticide caranya sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.

Pertama, gunakan alat pelindung diri seperti saat Anda menggunakan insektsida lainnya. Pakai masker, kacamata pelindung, sarung tangan, dan lainnya.
Eencerkan dulu BioCide Insectide. Pengenceran menggunakan rasio yang tersedia di kemasan produk. Pengenceran dilakukan menggunakan air.
Kuaskan larutan BioCide Insecticide pada ranting. Atau, Anda juga bisa mencelupkan dan erendam ranting kayu di dalam larutan BioCide Insecticide. Perendaman jelas akan memberikan efek ketahanan yang lebih baik dibanding dengan penguasan atau pencelupan saja.

Mudah bukan cara di atas? Tak ada alasan untuk tidak mengawetkan kerajinan ranting kayu terlebih dahulu.

BIOCIDE INSECTICIDE

Segera Pesan BioCide Insecticide untuk Kerajinan Ranting Kayu yang Awet

Segera pesan sekarang juga BioCide Insecticide. Pembelian sangat mudah dilakukan bahkan tanpa Anda harus kemana-mana. Caranya? Hubungi saja kami lewat kontak yang disediakan. Terdapat pilihan kontak via email, nomor WA, telepon dan lainnya. Anda tinggal memesan saja ke CS kami atau sekadar bertanya lebih lanjut mengenai BioCide Insecticide. Silahkan berdiskusi dan apabila Anda tertarik memesan, CS kami akan memandu Anda dalam proses ringkas yang tak berbelit-belit.

Di luar itu, pembelian juga bisa dilakukan secara langsung. Anda bisa bertandang ke kantor kami di Bio Service Point. Untuk sekarang, Bio Service Point terdapat di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Namun agen-agen kami sudah tersebar di berbagai kota dan siap membantu Anda. Anda pun bisa mendaftarkan diri sebagai agen kami lho. Sekali lagi, hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut.

Simpulan

Pada akhirnya bisa kita katakana bahwa kerajinan ranting kayu memang merupakan kerajinan alternatif yang sangat menarik. Kerajinan ini hanya membutuhkan modal sedikit namun hasil yang diberikan sungguh luar biasa. Bukan tak mungkin produk craft ranting Anda bisa melalang buana ke pelbagai negara. Hanya saja, dalam pembuatan produk kerajinan untuk tujuan bisnis, tentu kualitasnya wajib diperhatikan betul-betul. Utamanya adalah masalah keawetannya.

Jaringan kayu pada ranting lebih rentan diserang hama. Untuk itulah, perlu aplikasi treatment pengawetan. Aplikasi pengawetan untuk kerajinan ranting kayu akan baik dengan mengandalkan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide akan membuat kerajinan ranting kayu bebas hama rayap, kutu, kumbang bubuk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Leave a Comment