Solusi Mengatasi Teter pada Kayu Bekas

Seringkali kondisi kayu bekas yang akan kita olah memiliki kualitas sangat buruk. Bila sudah demikian, tentu kita tidak bisa segera menggunakannya. Misalnya ketika kayu kita terserang teter. Bagaimana cara mengatasi teter pada kayu bekas itu? Pertanyaan ini tentunya harus dijawab terlebih dahulu.

Mengenal Kutu Teter

teter-kayuKutu teter adalah kutu atau kumbang yang larvanya sering diletakkan dalam material sejenis kayu. Nama teter sendiri berasal dari kotoran hasil pencernaannya memakan kayu berupa bubuk halus hingga kasar. Aktivitas ini jelas bisa membuat kayu rapuh. Secara terus-menerus, larva itupun akan mengubah kayu solid menjadi bubuk yang dikeluarkan dari lubang.

larva-teter-kayuKayu bekas seperti papan peti kemas dan almari rentan terserang teter kayu karena substratnya yang mudah ditembus. Rusaknya lapisan cat juga mempermudah serangan hama ini. Bisa dikatakan, ancaman serangan kutu teter pada material kayu semakin meningkat seiring semakin bertambah usia bahan tersebut.

/3-teknik-simple-untuk-mengatasi-kutu-bubuk-pada-bambu-3-teknik-simple-untuk-mengatasi-kutu-bubuk-pada-bambu-1195.html

Mengatasi Teter pada Kayu Bekas: Jangan Samakan dengan Pengawetan

teter-bambuCara untuk mengatasi ini juga tak bisa disamakan dengan treatment pengawetan seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya. Ingat! Tujuan treatment pengawetan ialah mencegah kerusakan terjadi pada kayu. Sedangkan pada kasus ini, Anda sudah dihadapkan pada kerusakan itu sendiri. Dari segi kesulitannya, tentu akan lebih susah melakukan pembasmian dibanding pengawetan. Apalagi ketika yang harus dibasmi adalah serangga seperti teter.
Pentingnya Obat yang Bagus

Cara menghilangkan teter pada kayu bekas bisa dilakukan dengan beberapa cara. Di antaranya adalah dengan merendam kayu dalam larutan BioCide. BioCide memang produk yang bisa digunakan untuk pengawetan maupun pembasmian. Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan injeksi atau penyuntikan. Cairan BioCide disuntikkan ke dalam kayu yang teridentifikasi ditumbuhi teter (kumbang bubuk).

BioCide sendiri kami sarankan karena selain efektif sebagai cara membasmi hama kayu teter tersebut, tapi juga bisa membasmi telur-telur yang belum menetas. Hal ini disebabkan karena sifat BioCide sebagai racun kontak yang bekerja kuat pada organisme targetnya.

biocide_insectide

Sangat efektif bukan?

Leave a Comment