Solusi Terbaik Rayap pada Kusen: Mencegahnya!

Kini Anda bisa tenang tanpa khawatir terhadap serangan rayap pada kusen. Anda bisa mengandalkan treatment pengawetan dengan BioCide Insecticide untuk mengantisipasi persoalan memusingkan tersebut.

rayap-pada-kusen-2Pernah mendapati lubang-lubang pada kusen yang secara berkala mengeluarkan gundukan? Bila iya, ada kemungkinan benda tersebut telah diinfeksi oleh koloni rayap. Organisme yang punya kekerabatan taksa dengan kecoa tersebut bisa jadi telah memakan substrat kusen Anda dan mengubahnya menjadi kotoran gundukan.

Sangat destruktif ya?

Meski indikasinya sudah sangat jelas, namun jangan terlalu berharap bisa benar-benar melihat rayap. Sebagai organisme malam yang hidupnya di dalam kusen itu sendiri, Anda akan sangat kesulitan menemukannya. Namun tanda-tanda infeksinya sudah bisa digunakan untuk mengetahui bahwa terdapat rayap pada bangunan tempat tinggal Anda.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Harus diakui, mengatasi serangan rayap memang tidak mudah. Sebab, organisme ini merupakan organisme koloni yang jumlahnya sangat banyak. Telurnya pun tersimpan di sarang yang bisa jadi tidak mati saat kita mencoba membunuh rayap dengan obat khusus. Belum lagi persoalan bagaimana memasukkan obat rayap ke dalam kusen. Apakah kusen harus dirusak terlebih dahulu?

Segala pertanyaan ini sebenarnya bisa dicegah sejak dini apabila kita memilih melakukan treatment pengawetan.

Pengawetan untuk Mencegah Serangan Rayap pada Kusen

Aplikasi treatment pengawetan antirayap dilakukan dengan meresapkan insektisida ke dalam bahan kusen. Caranya bisa kita lakukan dengan beberapa metode. Namun pertama-tama, obat pengawet harus dibuat menjadi larutan terlebih dahulu. Misalnya saja Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide dengan konsentrasi 0,1-0,2%. Larutkan dengan solvent atau air sesuai kebutuhan Anda. Nah, larutan hasil pengenceran ini kemudian digunakan untuk merendam kayu kusen jendela dan pintu, mengolesinya, atau menyemprotnya.

Dengan demikian, diharapkan zat aktif dari BioCide Insecticide akan merasuk ke dalam kayu. Sehingga kayu akan menjadi beracun bagi hama seperti rayap dan serangga perusak lainnya seperti totor. Cara ini sangat sederhana namun bisa memberikan hasil efektif.

Cat Kayu

Selain metode pengawetan, kita juga bisa meminimalisir serangan rayap pada kusen (jendela maupun pintu) dengan aplikasi pengecatan. Memang cara ini tidak seefektif dan sefrontal penggunaan obat pengawet. Namun pengecatan akan menciptakan lapisan finishing yang bisa membantu melindungi kusen dari ancaman berbagai jenis hama termasuk rayap.

 

Leave a Comment