Tips Mudah dan Aman Merawat Furnitur Kayu Agar Terlihat Seperti Baru

Menerapkan berbagai tips merawat furnitur kayu menjadi salah satu cara untuk menjaga kondisinya tetap prima. Bahkan, dengan cara perawatan yang benar Anda juga dapat menjaga tampilan furniture agar selalu terlihat seperti baru.

Ada berbagai jenis mebel kayu yang tidak asing dan kerap digunakan di dalam rumah. Seperti meja, kursi, rak, dan lain sebagainya. Keberadaan furniture bukan hanya untuk sarana dekoratif, melainkan juga memiliki berbagai peran fungsional. Maka perawatan mebel kayu tentunya sangat penting untuk dilakukan.

Baca Juga : Cara Mengawetkan Kayu dengan Mudah dan Aman Menggunakan Biocide Insecticide

Pentingnya Perawatan pada Furnitur Kayu

furnitur kayu nyatoh

Sebagai bahan alami yang kerap dimanfaatkan untuk material pembuatan furniture, perawatan pada kayu tentu menjadi hal yang penting. Baik saat sebelum maupun sesudah diolah menjadi furnitur.

Kayu sebagai bahan alami tentu rentan mengalami kerusakan. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan kerusakan bahan alami yang paling banyak digemari untuk pembuatan mebel ini. Kayu dapat mengalami kerusakan karena berbagai faktor. Serangan hama, jamur, bahkan karena kesalahan penyimpanan dan penggunaan.

Baca Juga : Mau Buat Furniture Kamar Mandi Awet? Gunakan BioCide!

Dengan banyaknya faktor yang mampu menyebabkan kerusakan serius pada kayu, tak heran jika perawatan menjadi hal yang sangat penting. Terlebih saat sudah diolah menjadi furniture dan memiliki tampilan menarik serta peran fungsional yang tidak terelakkan.

Mengingat betapa pentingnya perawatan furniture kayu, Anda harus mengetahui apa saja langkah perawatan yang sebaiknya dilakukan. Perawatan yang bisa dipilih salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan produk pengawet kayu.

Gunakan Produk Berkualitas jadi Tips Merawat Furnitur Kayu Andalan

biocide insecticide
biocide insecticide pengawet kayu anti serangga

Pilihlah produk-produk pengawet kayu yang aman dan ramah lingkungan. Kualitasnya juga harus optimal untuk menjaga kondisi mebel. Mampu mencegah dan mengatasi berbagai serangan hama berupa serangan serangga maupun jamur tentu menjadi hal wajib.

Anda dapat mengandalkan produk pengawet kayu dari Biocide. Penggunaan Biocide juga termasuk tips merawat furniture kayu yang mudah dan cepat untuk dilakukan. Keamanan produk ini tentunya sudah tidak diragukan lagi.

Perlindungan ini bukan hanya diaplikasikan pada mebel kayu yang digunakan pada area luar ruangan. Tetapi juga pada furniture indoor yang juga tetap membutuhkan perawatan karena kerusakan mebel bisa terjadi karena berbagai faktor.

Selain untuk menjaga kualitas furnitur, perawatan juga dilakukan untuk menjaga tampilannya secara estetika.

Tips Merawat Furnitur Kayu

Lalu apa saja tips perawatan mebel yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi dan kualitasnya agar tetap prima? Berikut adalah beberapa tips merawat furniture kayu yang bisa Anda lakukan:

1.      Bersihkan furniture secara rutin

bersihkan furniture secara rutin

Menjaga kebersihan furniture menjadi tips perawatan utama yang bisa Anda lakukan. Langkah ini harus dilakukan secara rutin agar furniture senantiasa dalam kondisi bersih.

Bersihkan mebel dari debu dan kotoran yang menempel pada permukaannya. Karena adanya kotoran maupun debu jika tidak dibersihkan dan dibiarkan begitu saja dalam jangka panjang dapat menyebabkan pelapukan.

Anda dapat menggunakan vacuum cleaner mini untuk mempermudah melakukan pembersihan pada furniture. Atau, bisa juga dengan menggunakan kemoceng, lap basah dan kain lap kering. Gunakan kain lap basah untuk mengatasi debu dan kotoran yang membandel.

Jangan lupa selalu biasakan furniture dalam keadaan bersih dan kering. Agar tetap nyaman dipandang dan dapat digunakan kapan saja.

2.      Aplikasikan bahan pengawet kayu, wax maupun minyak khusus kayu

Agar dapat memaksimalkan dan menjaga kondisi furniture, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya penggunaan bahan pengawet kayu dapat menjadi pilihan alternatif. Pengaplikasiannya bisa dilakukan secara rutin setiap bulan maupun sesuai dengan kebutuhan.

Anda juga dapat menggunakan wax maupun minyak khusus kayu untuk tetap membuat furniture tampak mengkilap. Pengaplikasian produk-produk ini juga dapat membantu melindungi permukaan kayu dari berbagai pengaruh kelembaban maupun dari debu.

3.      Hindari adanya cairan apa pun yang tumpah pada mebel

Untuk menjaga furniture dalam kondisi bersih dan kering, Anda juga harus menghindari adanya tumpahan cairan apapun. Hal ini bisa terjadi kapan saja terutama pada meja. Tumpahan air, kuah sup, maupun berbagai makanan dan minuman lainnya bisa terjadi kapan saja.

Namun, jika Anda benar-benar ingin menjaga kondisi furniture dapat terjaga dengan baik maka ikuti tips merawat furniture kayu yang satu ini. Sebisa mungkin, hindari adanya tumpahan cairan apapun.

Jika sudah terlanjur tumpah, segeralah bergegas untuk membersihkannya. Jangan biarkan ada noda yang tertinggal pada permukaan furniture. Apalagi, sampai terjadi kerusakan misalnya pada beberapa bagian furniture yang justru menjadi lebih lembab hingga mengalami kerusakan.

4.      Tips merawat furniture kayu selanjutnya adalah, jangan meletakkan barang-barang panas

Yang harus Anda perhatikan pula adalah, saat meletakkan barang pada permukaan furniture. Jangan sampai Anda menyimpan atau meletakkan barang panas pada permukaan mebel. Misalnya teko yang berisi air panas ataupun panci panas.

Kenapa? Karena hal tersebut akan meninggalkan tanda pada kayu. Hal tersebut terjadi karena suhu yang terlalu panas dan bersentuhan dengan kayu. Maka akan membuat noda membekas pada permukaan furniture kayu.

Harus Anda diketahui pula bahwa terdapat beberapa jenis kayu yang rentan mengalami kerusakan karena pengaruh hawa panas. Dan jika benar-benar bersentuhan dengan panas, maka tanda-tanda kerusakan baik pada tampilan hingga kerusakan secara fungsi juga dapat terjadi.

Jadi, jika Anda memang perlu meletakkan panci panas maupun benda panas lainnya pada meja kayu, misalnya. Pastikan untuk menggunakan alas agar panci panas tersebut tidak bersentuhan secara langsung dengan meja.

Itulah beberapa tips merawat furniture kayu yang bisa Anda lakukan. Dengan menerapkan tips-tips ini, diharapkan tampilan mebel kayu kesayangan Anda akan selalu tampak seperti baru.

 

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.