anti teter

Serangga Pemakan Kayu yang Merugikan Selain Rayap

Rayap memang dikenal sebagai serangga pemakan kayu yang kemunculannya sudah pasti menyebabkan kerugian. Kerusakan akibat serangan rayap bahkan bisa menyebabkan kerusakan fatal hingga sebuah bangunan roboh.

Namun, tahukah Anda jika bukan hanya rayap saja hama yang suka memakan kayu dan menimbulkan kerugian tak kalah besar? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa jenis serangga selain rayap yang juga kerap memakan kayu dan menimbulkan kerugian.

Waspadai Serangan Hama pada Furnitur Kayu

Lebah Carpenter

Bagi Anda yang memiliki perabot kayu, tentu ada banyak sekali pertimbangan sejak akan membelinya. Termasuk pertimbangan yang utama terkait perawatan furniture tersebut nantinya.

Karena sebagai material alami, kayu memang mudah mengalami berbagai perubahan dan kerusakan akibat berbagai faktor. Kondisi kayu yang bisa lapuk, retak, terserang jamur, terkena lumut dan yang paling sering adalah kerusakan karena rayap menjadi pertimbangan penting.

Namun jika terus-terusan takut menggunakan mebel kayu, artinya pilihan furnitur Anda semakin sempit. Ditambah lagi dengan berbagai desain menarik yang bisa diperoleh dari penggunaan kayu sebagai mebel.

Untuk mewaspadai serangan serangga yang kerap menjadi hama pada pemakaian perabot berbahan kayu, para pengrajin mebel kayu sering melapisinya dengan bahan kimia khusus. Baik serangan rayap maupun serangga pemakan kayu lainnya bisa dicegah.

Anda juga bisa mengandalkan cara ini sebagai langkah preventif untuk memberikan proteksi maksimal pada mebel. Aplikasikan secara rutin dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan aturan pemakaian produk untuk mendapat hasil lebih optimal.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan produk insektisida dari Biocide untuk memproteksi furniture kayu. Aneka jenis serangga yang kerap menjadi hama perusak kayu bisa dicegah dan diatasi dengan penggunaan Biocide Insecticide secara teratur.

Aneka Serangga Pemakan Kayu Selain Rayap yang Harus Diwaspadai

Rayap memang hama yang sering dianggap sebagai musuh utama kayu. Tingkat kerusakan akibat serangan rayap bisa mencapai skala yang sangat serius sehingga harus benar-benar diwaspadai.

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya bukan hanya rayap saja serangga yang sering menimbulkan masalah pada kayu? Sebagai pengguna furniture kayu, sebaiknya Anda memahami ada berbagai jenis serangga lainnya yang berpotensi menyebabkan kerugian besar pula.

Apa saja jenis hama pemakan kayu lainnya yang harus diwaspadai? Berikut adalah beberapa jenis di antaranya.

1.      Teter

serangga teter kayu
serangga teter kayu

Hama selain rayap yang rasio kemunculannya juga tinggi adalah teter. Serangga ini juga dikenal dengan sebutan kumbang bubuk kayu. Nama lain teter ini berasal dari tipe serangannya pada kayu yang dapat membuat kayu menjadi berbentuk serpihan serbuk.

Serangga dengan warna coklat ini memiliki ukuran kecil dan tipis, bahkan ukuran panjang tubuhnya hanya mencapai 7 mm.

Meskipun secara fisik terlihat kecil, jangan sampai Anda meremehkan kemampuan hama ini dalam merusak kayu. Akibat serangannya bisa menyebabkan kayu menjadi berlubang. Serangga ini juga menyukai area kayu yang kering, termasuk jenis-jenis kayu yang kokoh.

Anda harus mewaspadai kemunculannya karena tentunya kerusakan yang ditimbulkan juga cukup serius. Jangan sampai lalai dan menemukan ada telur dari serangga ini yang bersarang pada lubang hasil serangannya.

Lakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala untuk memastikan kondisi kayu pada hunian Anda tetap optimal.

2.      Kumbang pengebor kayu

anti teter
Powderpost Beetle

Selanjutnya, ada kumbang pengebor kayu. Hama yang satu ini moncong mulutnya sangat kuat untuk mampu melubangi kayu.

Kumbang dewasa memiliki tubuh berwarna coklat kemerahan hingga coklat kehitaman. Ukuran tubuhnya sekitar 2,5 hingga 5 mm. Kecepatan serangan dari serangga ini harus Anda perhatikan dengan baik.

Hal tersebut ada kaitannya dengan kebiasaan mereka menyimpan telurnya pada lubang-lubang hasil pengeboran yang sudah dibuat. Pada saat telurnya menetas setelah kurang lebih 16 hari maka akan muncul larva.

Larva dengan warna putih susu tersebut akan tinggal di dalam kayu tersebut hingga kurang lebih satu tahun. Selama itu pula, pada saat musim panas, larva-larva tersebut akan keluar dan memakan saripati kayu dan meninggalkan tanda serangan berupa lubang pada kayu.

3.      Lebah, serangga pemakan kayu yang suka melubangi kayu untuk menjadi sarang

Hama yang juga perlu Anda waspadai kemunculannya adalah lebah kayu. Serangga ini memiliki ukuran besar dilengkapi dengan bulu hitam di sekujur tubuhnya.

Lebah kayu sangat suka melubangi kayu untuk membuatnya menjadi sarang. Mereka biasa menyimpan telur di lubang yang telah mereka buat tersebut.

Hama ini sangat menyukai bagian kerangka atap rumah. Serangannya ditandai dengan munculnya lubang dengan ukuran 7 hingga 10 mm pada permukaan kayu.

Jaga Kondisi Kayu dari Binatang Pemakan Kayu yang Merugikan

kayu ulin kalimantan

Mengingat akibat buruk yang bisa terjadi dari serangan berbagai hama pemakan kayu, maka penting untuk dapat menjaga kondisi furniture maupun peralatan kayu. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

  • Jaga kondisi kayu, jangan sampai lembab dan basah. Karena kondisi kayu yang basah dan lembab merupakan kesukaan para serangga perusak kayu.
  • Jika Anda menemukan lubang pada kayu sebagai tanda adanya serangan hama-hama tersebut, atasi dengan penggunaan insektisida. Masukkan insektisida ke dalam lubang yang telah dibuat oleh hama. Kemudian tutupi lubang tersebut agar jalur keluar masuk hama dapat dihilangkan. Anda dapat menggunakan Biocide Insecticide sebagai insektisida andalan.
  • Lapisi kayu dengan bahan finishing yang juga mengandung bahan anti serangga.

Itulah beberapa informasi mengenai serangga pemakan kayu yang kemunculannya harus diwaspadai. Anda juga harus melakukan tindakan pencegahan untuk menjaga kondisi perabot kayu di rumah tetap aman. Semoga informasi ini bermanfaat!

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk untuk Minimalisir Kerusakan Furnitur Karena Serangan Hama?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa melaui e-mail di [email protected].

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.