serangan semut

Mengenal Tanda Kemunculan Serangga pada Furniture Kayu

Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi tanda kemunculan serangga pada furniture kayu. Ada berbagai jenis serangga yang kerap muncul dan menimbulkan permasalahan pada furniture. Namun, jika Anda memahami tanda kemunculannya, kerusakan furniture akibar serangan hama ini bisa diminimalisir.

Jenis Serangga yang Hidup di Furnitur Kayu

Powderpost Beetle menyerang kayu

Furnitur kayu luar ruangan dapat menjadi tempat tinggal yang aman bagi banyak serangga. Posisi penyimpanan di area terbuka dengan pengaruh lingkungan yang mendukung membuat kebutuhan tempat tinggal serangga semakin terpenuhi.

Kayu pada furniture (mebel) outdoor akan mudah lembab karena pengaruh air dan udara yang bisa kapan saja terjadi. Untuk penggunaan jenis kayu yang kurang baik, keretakan furniture bisa terjadi kapan saja.

Jika sudah demikian, jalur keluar masuk bagi serangga pada furniture kayu pasti akan semakin mudah. Dari berbagai jenis serangga yang menyerang furniture, ada beberapa yang paling sering ditemukan, yaitu rayap, kumbang pengebor kayu dan semut carpenter.

Ketiganya harus Anda waspadai kemunculannya agar serangannya dapat diminimalisir. Apa saja tanda serangan dari ketiga serangga tersebut?

Tanda Kemunculan Serangga pada Furniture Kayu

Baik rayap, kumbang maupun semut carpenter memiliki tanda kemunculannya sendiri-sendiri saat menyerang furniture kayu.

1.      Tanda kemunculan kumbang di furnitur kayu

Kumbang pengebor kayu seperti powderpost dan kumbang longhorned biasanya bertelur di celah-celah furnitur kayu. Ketika larva mereka lahir biasanya akan cacing kayu. Hal itu karena mereka berwujud cacing yang dapat menghabiskan waktu hingga beberapa tahun ke untuk memakan kayu dari dalam.

Cacing kayu ini biasanya akan membuat lubang kecil atau membentuk terowongan berukuran seperenam belas hingga seperdelapan inci lebarnya di furnitur Anda.

Jka Anda melihat tumpukan serbuk gergaji kecil di sekitar lubang-lubang kemungkinan cacing kayu telah membuat serbuk gergaji ini ketika mereka memakan kayu/furniture Anda.

2.      Tanda-tanda rayap di furnitur kayu

mencegah rayap tanah menyerang kayu

Rayap biasanya memakan furnitur kayu dari dalam ke luar. Seiring waktu, kayu menjadi lebih lemah dan dapat retak atau pecah.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah rayap telah menyerang furnitur Anda.

  • Anda melihat terowongan lumpur di sepanjang bagian luar kayu
  • Anda melihat area kayu semakin gelap atau melepuh
  • Saat Anda mengetuk kayu, furnitur terdengar berlubang
  • Anda melihat kotoran rayap yang berbentuk seperti pelet atau serbuk gergaji kecil yang tertutup kayu

Jika tanda-tanda tersebut sudah Anda temukan, segeralah atasi menggunakan insektisida yang ampuh dan berkualitas. Lakukan pengecekan secara rutin untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi menjadi lebih parah.

3.      Tanda serangga di furniture kayu, semut carpenter

Semut carpenter tidak memakan kayu di furnitur tetapi mereka menggali terowongan di kayu untuk membangun sarang dan bertelur.

Terowongan ini melemahkan struktur kayu, pada akhirnya furnitur akhirnya akan rusak di bawah tekanan. Jika Anda mengetuk kayu, akan terdengar suara seperti kayu telah berongga.

Setelah menggali terowongan kayu semut carpenter menghaluskan dinding terowongan. Serutan dari menghaluskan dinding ini didorong keluar dari lubang.

Jika semut carpenter sudah muncul, Anda akan melihat tumpukan kecil serutan kayu di dekat lubang di furnitur Anda. Anda juga dapat mengetahui tanda kemunculan semut carpenter jika Anda melihat semut berjalan dalam satu baris. Dan ada semut dengan ukuran lebih besar dari semut rata-rata 1/2 inci atau lebih.

Cara Menghentikan Serangga Masuk ke Furnitur Kayu

kumbang bubuk yang menyerang kayu

Salah satu cara terbaik untuk menghentikan serangga memenuhi dan merusak furnitur kayu Anda adalah dengan cara membeli furnitur yang terbuat dari kayu tahan serangga. Beberapa pilihan kayu yang memiliki kualitas ini meliputi:

  • Acacia
  • Cedar
  • Cypress
  • Kayu putih (eucalyptus)
  • Redwood
  • Jati

Minyak alami pada kayu-kayu ini dapat membuatnya lebih tahan terhadap serangan hama daripada jenis kayu lainnya.

Kualitas kayu-kayu ini juga dapat lebih terjaga dengan adanya penggunaan bahan pengawet antiserangga yang berkualitas. Anda dapat menggunakan Biocide Insecticide untuk memberikan perlindungan lebih pada kayu.

Jika menemukan tanda kemunculan serangga pada furniture kayu, Anda juga dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi. Anda dapat menggunakan insektisida dari Biocide sebagai tindakan preventif sekaligus sebagai langkah penanganan.

Selain menggunakan insektisida, Anda juga perlu melapisi furniture dengan sealant atau pernis. Perlindungan pada furniture akan lebih optimal dengan penggunaan produk-produk berkualitas yang dapat melindungi furniture kayu.

Furnitur kayu adalah investasi jangka panjang yang indah. Tetapi karena kayu adalah bahan alami, maka bahan ini juga merupakan suguhan lezat dan rumah bagi banyak serangga.

Lindungi kayu Anda dengan pernis atau sealant yang baik, dan periksa furnitur secara teratur untuk tanda-tanda kerusakan akibat serangan hama. Jangan lupa juga untuk menggunakan produk pengawet kayu agar perlindungan optimal pada furniture dapat terwujud.

Gunakan Produk Antiserangga untuk Mengatasi Kemunculan Serangga pada Furniture Kayu

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.